Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Hal Menarik Tentang Kamera iPhone XS, XS Max, dan XR

kamera iphone

Kamera iPhone terbaru lebih baik pada sektor pengambilan gambar?

Varian dari iPhone terbaru baru saja diluncurkan beberapa hari lalu, yaitu iPhone XS, XS Max dan XR. Sekilas memang terlihat tidak ada bedanya dari iPhone X yang dirilis tahun lalu.

popculture.id

Namun menurut Apple, ada beberapa sentuhan pembaruan pada smartphone versi terbarunya itu, khususnya pada sektor kamera.

[irp posts=”56700″ name=”3 iPhone Terbaru Resmi Diluncurkan di Apple Event 2018″]

Mau tahu apa saja pembaruan dari sektor kamera iPhone XS, XS Max, dan XR? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, guys!

Sensor Pixel Lebih Besar

kamera iphone

Sama seperti iPhone X, iPhone XS dan iPhone XS Max masih mempertahankan konfigurasi dual camera yang mengandalkan sensor 12 megapixel.

Dengan kamera utama yang dilengkapi dengan lensa wide dan kamera kedua yang hadir dengan lensa berkemampuan 2x optical zoom.

Namun jika dicermati lebih lanjut, sensor 12 megapixel iPhone terbaru ini telah mendapat pembaruan yang sebelumnya memiliki ukuran pixel 1.22 µm (micrometre) menjadi 1.4 µm.

Dengan ukuran yang sedikit lebih besar, maka kamera iPhone XS dan XS Max tersebut bisa menangkap cahaya yang lebih banyak dengan gambar dynamic range yang lebih baik dan lebih andal pada kondisi minim cahaya.

Sementara untuk iPhone XR yang harganya lebih murah juga dilengkapi dengan kamera yang hampir sama. Namun iPhone XR hanya menggunakan kamera tunggal dan tidak memiliki zoom optical.

Pembaruan lain bisa dilihat pada hasil fotonya. Menurut Apple, semua foto yang diambil dengan format HEIF hasilnya akan terlihat lebih matang jika dibandingkan dengan format JPEG.

Neural Engine dan ISP Lebih Canggih

kamera iphone

Prosesor Bionic A12 yang dipakai memiliki peningkatan dari versi sebelumnya. Tidak hanya lebih kencang dan efisien, tingkat kecerdasan dari Neural Engine pada prosessor Bionic A12 juga berperan penting dalam pengolahan dan pemrosesan foto yang terhubung ke Image Signal Processor (ISP).

Dengan dukungan Neural Engine, ISP, dan algoritma yang lebih canggih akan membuat kamera iPhone terbaru menjadi lebih detil mendeteksi dan mengenali wajah.

Hal tersebut menjadi poin plus karena sangat berguna dengan efek bokeh, kualitas foto yang diambil terlihat lebih realistis dan natural meskipun pada mode potrait.

Ditambah juga, kemampuannya memodifikasi cahaya pada mode Potrait Lighting semakin bagus dan mumpuni saat mengambil gambar.

Depth Control

kamera iphone

Berkat hadirnya fitur bernama Depth Control, memungkinkan kamu untuk mengatur efek bokeh di layar subyek sesuai selera dengan mengatur bukaan diafragma secara virtual.

Walaupun sebenarnya fitur ini tidaklah istimewa karena hampir semua smartphone Android kelas menengah pun sudah memiliki fitur ini.

Tapi iPhone terbaru ini patut diapresiasi karena iPhone XS, XS Max, dan XR adalah generasi iPhone pertama yang dilengkapi dengan fitur tersebut. Cie. ?

Smart HDR

kamera iphone

Selain Bionic A12 dan Neural Engine yang sudah diperbarui, Apple juga menciptakan mode Smart HDR yang secara otomatis akan mengambil beberapa foto secara berurutan.

Menurut Apple, dengan mode ini kamera akan memroses dan mengolah foto lebih cepat jika dibandingkan dengan iPhone generasi sebelumnya.

Kamera iPhone juga memperbarui sektor Video

Sektor kamera pada iPhone terbaru tidak hanya pembaruan pada bagian foto, namun juga pada perekaman video yang mendapatkan peningkatan.

iPhone seri terbaru tetap bisa merekam video sampai resolusi 4K 60 fps dan juga efek slow motion 240 fps pada resolusi Full HD.

Dengan sensor terbarunya, iPhone XS, XS Max, dan XR akan mampu merekam video yang lebih baik dengan noise yang lebih minim.

[irp posts=”57275″ name=”Penjelasan Bos Apple Tentang Alasan iPhone Semakin Mahal”]

Tertarik untuk memiliki iPhone versi terbaru ini? Kalau saya sih belum tertarik, karena saya masih merasa puas dengan smartphone Android yang harganya 80% lebih murah dengan fitur yang lebih lengkap. ?

    %d blogger menyukai ini: