Nikon Resmi Merilis Kamera Mirroless Full-frame ‘Nikon Z5’

Nikon resmi mengumumkan kamera mirrorless full-frame, Nikon Z5. Kamera ini bakal debut di segmen entry-level dengan harga lebih murah.

Tahun lalu, Nikon telah merilis kamera mirrorless full-frame pertamanya, Z7 dan Z6. Kedua kamera ini menawarkan spesifikasi mumpuni dan harga tinggi.

Sekarang, Nikon telah memperluas jajaran produk seri Z. Melalui Nikon Z5, Nikon berhasil mendebutkan kamera mirrorless full-frame dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti Apa Spesifikasi Nikon Z5?

Z5 debut sebagai kamera entry-level full-frame. Z5 juga merupakan model dasar dari kamera mirrorless full-frame Z6 dan Z7 yang rilis beberapa tahun lalu.

Z5 memiliki kesamaan dengan pendahulunya Z50, terutama dalam pemakaian Z-mount. Tapi Z50 memakai sensor APS-C yang lebih kecil. Sedangkan Z5 sudah menggunakan sensor full-frame 24MP.

Sumber Gambar : Nikon

Kalau dibanding dengan Z6 atau Z7, jelas Z5 ada di bawahnya. Kalian bakal kehilangan beberapa fitur unggulan dari Z6 dan Z7. Walau begitu, Z5 tetap terlihat seperti kamera mumpuni kok.

Z5 tidak memiliki display status seperti Z6 dan Z7. Sebagian besar bodi kamera dibuat menggunakan plastik, dan tidak ada sensor menyala di belakang.

Lalu fitur apa yang dimiliki kamera ini? Tenang. Z5 masih dibekali jendela bidik OLED 3,69 juta dot, layar sentuh 3,2 inci, prosesor EXPEED 6, dan fitur in-body image stabilization.

Walau tidak memiliki beberapa fitur Z6 dan Z7, tapi Z5 bisa menutupi kekurangan dua kamera tersebut lho. Z5 memiliki dua slot kartu SD UHS-II. Sementara pendahulunya hanya punya satu slot kartu memori.

Untuk mendukung produktivitasnya, Z5 dibekali baterai Li-ion EN-EL15c. Baterai ini bisa dipakai memotret gambar sampai 470 bidikan dalam sekali pengisian daya. Z5 juga dibekali pengisian daya menggunakan USB.

Z5 kompatibel dengan aplikasi SnapBridge. Ini membuat pengguna Z5 bisa mentransfer foto atau video ke smartphone. Pengguna juga bisa mengatur kamera dari jarak jauh lewat aplikasi.

Sumber Gambar : The Verge

Oya, selain mengumumkan kamera baru, Nikon juga mengumumkan lensa baru untuk seri Z. Lensa tersebut adalah NIKKOR Z 24-50mm f/4-6.3.

NIKKOR Z 24-50mm f/4-6.3 menjadi lensa Z-mount full-frame terkecil yang ada saat ini. Lensa ini punya panjang kurang dari 3 inci. Membuatnya terlihat ringkas dan cocok untuk bodi kamear seri Z yang cukup kecil.

Fitur Utama yang Dimiliki Z5

Kualitas Gambar Superior

Z5 punya jumlah piksel 24MP dilengkapi sensor CMOS format FX-Nikon. Kamera ini juga dibekali mesin pemrosesan gambar EXPEED 6, yang mencakup berbagai kepekaan ISO standar, ISO 100-51200.

Fitur-fitur ini memungkinkan Z5 bisa menampilkan tangkapan yang lebih detail. Z5 juga bisa menekan noise, bahkan saat merekam dalam tempat gelap atau remang-remang.

Kamera ini juga dibekali sistem pengurangan getaran dalam kamera, 5-axis VR. Sistem ini akan membuat guncangan di kamera terasa stabil. Cocok untuk merekam film.

Punya Fitur Eye-Detection AF / Animal Detection AF

Kamera Z5 dibekali Eye-Detection AF dan Animal Detection AF. Fitur ini bakal melacak wajah dan mata orang yang bergerak, anjing atau hewan lain dengan presisi tinggi.

Z5 juga dibekali sistem AF hybrid. Sistem ini bakal otomatis beralih antara focal-plane phase-detection AF dan contrast AF.

Kamera ini juga punya sistem AF hybrid 273-dot. Sistem ini membuat fokus kamera jadi sangat luas (90%), baik secara horizontal maupun vertikal.

%d blogger menyukai ini: