Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Kamera Selfie Vivo Nex S Kadang Muncul Sendiri

Vivo NEX kamera depan
Vivo NEX dengan kamera depan pop-up

Vivo memang melakukan gebrakan dengan kamera selfie pop-up di handphone Vivo Nex S. Langkah yang kemudian diikuti oleh Oppo Find X. Namun beberapa pengguna melaporkan kalau kamera selfie Vivo Nex S kadang muncul sendiri, padahal tidak menggunakan kamera.

Kamera selfie akan muncul kalau aplikasi kamera dipakai. Kamera yang muncul sendiri tentunya membuat kita bertanya-tanya. Apakah ada kesalahan teknis, atau ada pihak lain yang mengaktifkan fungsi kamera? Hal yang terakhir itu tentu saja menakutkan.

Laporan pertama datang dari pengguna dengan username Abacus di Weibo. Ia mengunggah video yang menunjukkan kamera selfie keluar ketika ia membuka percakapan di aplikasi Telegram. Kelihatannya ini juga bukan kejadian pertama, karena ia sudah tahu saat kamera selfie muncul untuk melakukan zoom.

Laporan lain menyebutkan kalau kamera itu keluar sendiri ketika membuka aplikasi QQ browser dari Tencent atau membuka aplikasi travel, Ctrip. Sama. Tanpa mengaktifkan fungsi aplikasi kamera.

cuplikan kamera selfie vivo nex muncul sendiri
Kamera selfie Vivo Nex S yang muncul saat membuka aplikasi Telegram

Dari kedua kasus itu, Vivo menjawab Abacus kalau mereka sudah tahu permasalahan itu. Namun, Vivo tidak punya pernyataan lain (entah penyebab atau solusi). Di sisi lain, Tencent menjawab bahwa aplikasi QQ browser membutuhkan fungsi kamera untuk bisa memindai QR code atau fungsi lain (misalnya upload foto dari browser).

Dari jawaban Tencent tersebut, nampaknya aplikasi yang kemungkinan membutuhkan kamera akan berinteraksi sebentar dengan aplikasi kamera. Dengan demikian memancing respon aplikasi kamera. Karena biasanya kamera selfie di handphone biasa tidak memiliki mekanisme gerak di luar, kita tidak merasakan perbedaan apa pun. Sedangkan kamera selfie Vivo Nex S memiliki mekanisme tersendiri.

Tidak heran kalau orang-orang takut dengan fenomena ini. Siapa sih yang ingin diintip oleh orang lain? Semoga saja, hal ini memang hanya masalah sistem aplikasi semata.

Karena handphone Oppo Find X belum dipasarkan, tentunya belum ada laporan berkaitan dengan itu. Seharusnya, Oppo bisa belajar dari Vivo dan mencegah hal yang sama terulang.

More Stories
Rumor – Qualcomm Akan Luncurkan Snapdragon 735 dengan Modem 5G