Xiaomi Kembangkan Kamera Smartphone Dengan Lensa Zoom Mekanis

Xiaomi menunjukkan terobosan terbaru mereka, yaitu sebuah lensa zoom mekanis di kamera smartphone. Ya, lensa yang bisa memanjang seperti di kamera konvensional.

Berbagai inovasi teknologi untuk meningkatkan kemampuan kamera smartphone memang sudah banyak kita lihat. Multi kamera, lensa ultra-wide, konfigurasi periskop, dll.

Kemampuan zoom di kamera smartphone sendiri merupakan salah satu yang sering dikejar akhir-akhir ini. Misalnya melalui konfigurasi lensa berbentuk periskop itu.

Namun Xiaomi kelihatannya mencoba sistem zoom lain di kamera smartphone. Yaitu menerapkan sistem zoom lensa konvensional. Hal ini mereka unggah dalam sebuah video teaser di halaman situs Weibo.

Di video itu, nampak sebuah smartphone dengan modul kamera belakang agak besar. Di modul kamera itu terdapat beberapa lingkaran yang lebih kecil di dalamnya.

Kemudian terlihat detil kamera yang menunjukkan mekanisme bagaimana lensa muncul keluar. Memang seperti kamera konvensional. Paling tidak kamera saku atau kamera instan.

lensa zoom xiaomi

Di video itu juga nampak bagaimana aplikasi kamera mengoperasikan fungsi zoom secara manual. Ada tuas yang bisa kita geser mulai dari titik fokus tak terbatas (infinity) sampai jarak dekat (makro).

Xiaomi juga menyebutkan kalau teknologi kamera itu juga memiliki sistem stabilisasi baru. Sistem stabilisasi ini bisa membuat gambar lebih stabil dan lebih jernih sampai 20%. Selebihnya, Xiaomi belum memberikan informasi lebih detil soal itu.

kontrol zoom aplikasi kamera xiaomi

Sebenarnya kalau kamu ingat, sudah pernah ada kamera yang memiliki lensa mekanis seperti ini dan nampak seperti kamera saku. Coba lihat Samsung Galaxy S4 Zoom atau Galaxy K Zoom. Tapi mungkin teknologinya kini sudah berbeda.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Xiaomi memang rajin mendorong teknologi kamera di smartphone. Misalnya menjadi merek yang memakai kamera dengan sensor 108MP pertama di dunia.

Sekali lagi, Xiaomi belum memberi gambaran apakah sistem kamera dengan lensa zoom mekanis ini akan segera hadir atau tidak. Apa kamu berminat membeli kamera dengan bentuk seperti ini? Mungkin fitur zoom di smartphone kurang kamu anggap kurang berguna?

%d blogger menyukai ini: