Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Dibanderol Seharga $6000, Inilah Kamera Terbaru Leica Q2 Monochrom

Indri Penulis

Leica resmi mengumumkan kamera monokrom terbarunya, Leica Monochrom Q2 seharga $6.000. Tapi seperti apa spesifikasi yang dimilikinya?

Tahun lalu, Leica resmi meluncurkan kamera Leica Q2. Kamera ini hadir dengan 47.3 MP full frame sensor, Summilux 28 mm f / 1.7 ASPH super cepat, lensa prima, fast automatic focus, teknologi OLED, dan desain yang elegan.

popculture.id

Di penghujung tahun 2020 ini perusahaan kembali menghadirkan varian lain dari Q2, yakni Q2 Monochrom. Lalu apa saja keunggulan yang dimiliki oleh varian Q2 Monochrom?

Spesifikasi Kamera Leica Q2 Monochrom

Q2 Monochrom menggunakan sensor monokrom full-frame 47,3MP yang dirancang khusus. Sensor baru ini kemudian digabungkan dengan Summilux 28mm f/1.7 ASPH yang sama dengan Q2 standar.

Sumber Gambar : GSMArena

Kamera ini mampu mencapai IS 100.000 berkat sensor monokromnya. Dia juga memiliki sistem fokus otomatis yang lebih cepat dan dapat mengunci objek selama 0,15 detik.

Kamera tersebut juga mampu menangkap burst 10fps pada resolusi penuh. Kalau kalian tertarik untuk merekam beberapa video monokrom, Q2 Monochrom bisa menghasilkan 4K (24/30fps) dan 1080p (24,30,60,120fps). Sayangnya, kamera ini tidak punya headphone atau jack mikrofon.

Sumber Gambar : GSMArena

Di sisi lain, Leica telah memodifikasi tampilan menu kamera. Semua pengaturan yang tidak penting dalam kamera telah dihilangkan. Selain itu kalian juga hanya akan mendapat tiga filter warna fotografi seperti biru, sepia dan selenium.

Sementara itu, mungkin kebanyakan orang tidak terlalu tertarik dengan kamera monokrom. Namun buat pecinta estetika, memiliki kamera monokrom pasti bakal jadi pilihan tersendiri.

Kamera monokrom tidak memiliki filter warna di atas sensor, yang membuat sensor menangkap lebih banyak cahaya. Inilah yang membuat kamera monokrom punya kinerja cahaya rendah dan jangkauan dinamis lebih bagus.

Sumber Gambar : GSMArena

Kelebihan lain dari kamera monokrom adalah, gambar yang dihasilkan jauh lebih bersih. Sebab tidak akan ada blur yang disebabkan oleh algoritme demosaicing.

Di balik kelebihan kamera monokrom, pasti ada saja kelemahan yang dimilikinya. Khususnya kalau kamera monokrom ini dibuat oleh Leica.

Apa itu? Tentunya masalah harga. Harga Q2 Monochrom dibanderol sebesar $5.995. Harga ini lebih mahal $1.000 dibanding Q2 standar.

Yah kalau kalian adalah orang yang rela menggelontorkan $6.000 untuk dapatkan gambar estetik berkualitas, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Monochrom Q2.

    %d blogger menyukai ini: