Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Pertemanan Facebook

masuk akun facebook

Pertemanan di Facebook bisa jadi sesuatu yang mudah atau rumit. Bukan apa-apa, seperti jargon iklan: Kesan pertama begitu menggoda, setelahnya… kita tidak tahu apa yang terjadi. Untuk itu kami mau membahas beberapa hal soal teman Facebook.

Kamu bisa bertemu siapa pun di Facebook. Entah dari kolom komentar yang sama, dari grup, dari saran Facebook, atau dari iseng mencari. Siapa pun bisa mengajukan permintaan pertemanan (termasuk kamu).

Walau secara umum punya teman baru itu baik, tapi harap diingat kalau mereka adalah orang asing. Sementara itu, besar kemungkinan akun Facebook-mu berisi hal-hal pribadi. Ada ‘teman’ anggota keluarga, rekan kerja, dll. Ada juga berbagai foto dan video, yang mungkin bukan untuk konsumsi publik.

Tentu saja, kamu bisa mengatur privasi di Facebook. Hanya saja, kadang kita lupa atau malas mengatur saat membuat kiriman Facebook. Hal ini bisa jadi celah orang asing yang kepo. Jadi selain mengatur privasi, menyaring pertemanan Facebook layak dilakukan.

[irp posts=”40007″ name=”Bagaimana Mengatur Privasi Facebook dengan Lebih Baik”]

Menjalin pertemanan Facebook

Mari kita mulai dari yang paling mudah. Ya mungkin untuk kamu yang sudah sering menggunakan Facebook hal berikut sudah biasa. Tapi untuk yang belum kenal atau baru saja punya akun Facebook, boleh simak baik-baik.

Salah satu cara mudah melihat permintaan teman atau menambah teman adalah melalui ikon Teman di menu. Di sana kamu bisa melihat Permintaan Pertemanan dan Orang yang Mungkin Anda Kenal (people you may know). Kalau jumlah Permintaan Pertemanan-mu banyak, geser ke bawah untuk bisa melihat daftar Orang yang Mungkin Anda Kenal.

menu teman facebook

Tekan atau klik tombol Konfirmasi untuk menerima pertemanan, atau tombol Hapus Permintaan untuk menolaknya. Pengirim Permintaan Pertemanan tidak akan mengetahui penolakanmu.

Kalau kamu ingin menambah teman dari daftar Orang yang Mungkin Anda Kenal, tekan tombol  Tambahkan Teman. Kalau kamu tidak kenal dan merasa terganggu dengan saran itu, kamu bisa tekan tombol Hapus.

Selain dari menu, kamu juga bisa menambah teman dari profil orang yang bersangkutan. Misalnya kamu bertemu teman lama atau teman baru di grup game. Kunjungi profilnya, dan klik tombol  Tambahkan Teman.

menambah teman facebook

Selain dari profil, kamu juga bisa menambah teman dari komentar. Yang perlu kamu lakukan tinggal letakkan kursor di nama, dan klik tombol  Tambahkan Teman.

tambah teman dari komentar facebook

Bagaimana kalau kemudian kamu ilfil dan ingin membatalkan pertemanan? Mudah. Kamu bisa mengunjungi profil akun orang yang kamu kirim permintaan. Klik pada tombol  Permintaan Pertemanan Sudah Dikirim. Nanti akan muncul pop-up menu. Pilih Batalkan Permintaan.

Selain itu, kalau kamu memang kenal, kamu juga bisa memasukkannya ke Daftar Teman yang ada. Ini berguna dalam mengatur privasi saat membuat status atau mengunggah foto dan video di Facebook.

batalkan permintaan pertemanan facebook

[irp posts=”43129″ name=”Atur Album Foto Facebook Supaya Tidak Diintip Orang”]

Selain menambah teman, kamu juga bisa menghapus pertemanan.  Kamu bisa melakukannya baik dari profil teman bersangkutan, atau dari halaman daftar teman. Yang menarik, Facebook tidak memberitahu temanmu kalau kamu menghapusnya sebagai teman. Tapi memang ada aplikasi pihak ketiga yang bisa melacak hal ini.

Kalau kamu belum ingin menghapus pertemanan tapi tidak ingin melihat kiriman teman di Kabar Berita (timeline), kamu bisa memilih untuk Batal Mengikuti temanmu itu. Kamu bisa melihat pilihan itu di profil teman yang bersangkutan. Selain itu, bisa juga dari kiriman teman tersebut.

batal mengikuti

Fakta Pertemanan Facebook

Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang pertemanan Facebook. Hal ini sesuai dengan Standar Komunitas dan Pusat Bantuan Facebook.

Facebook menganjurkan pertemanan nyata

Pertama, Facebook meminta kamu untuk menggunakan identitas asli. Dalam hal ini termasuk nama dan foto. Kalau Facebook menemukan profil ganda atau akun samaran, ia bisa menghapus akun tersebut.

Kedua, Facebook menganjurkan kamu mengirim permintaan pertemanan kepada orang yang benar-benar kamu kenal di dunia nyata, seperti teman sehari-hari, keluarga, atau rekan kerja.

Akun personal memiliki batas

Akun personal atau profil Facebook hanya bisa memiliki teman sampai sejumlah 5000 teman. Untuk kebutuhan lebih dari itu, Facebook menganjutkan membuat Halaman (Facebook Page). Kalau kamu ingin membaca kabar berita dari orang yang tidak kamu kenal, kamu bisa mengikutinya (Follow).

Permintaan Pertemanan ditolak akan kena sangsi

Saat sebuah Permintaan Pertemanan ditolak, Facebook akan menganggap bahwa kedua orang ini tidak saling kenal. Kemudian, orang yang mengirim Permintaan Pertemanan akan diblokir sementara.

Begitu pun sebaliknya, kalau kamu memblokir seseorang — yang kamu anggap tidak kamu kenal — kamu tidak bisa mengirim Permintaan Pertemanan. Kamu harus membatalkan blokir dulu untuk bisa mengirimnya ulang.

[irp posts=”37952″ name=”Bagaimana Agar Akun Facebook Almarhum Tidak Disalahgunakan”]

Atur Privasi Pertemanan

Membatasi siapa yang mengirim Permintaan Pertemanan

Kalau kamu tidak suka orang asing mengirim permintaan, kamu bisa membatasinya. Di menu Facebook ▾, silakan buka Pengaturan > Privasi. Di bagian Siapa yang dapat menghubungi saya, pilih Sunting, dan pilih sesuai keinginan.

Membatasi siapa yang bisa melihat daftar teman Facebook

Kamu juga bisa membatasi siapa saja yang bisa melihat daftar temanmu. Pengaturannya juga di Privasi. Tapi kali ini di bagian Siapa yang dapat melihat kiriman saya.

Selain dari situ, kamu juga bisa mengaturnya lewat menu Facebook ▾ > Log Aktivitas. Di sidebar, klik pilihan Lainnya di bawah pilihan Komentar. Lalu pilih Teman. Lihat pilihan di ikon gembok .

membatasi aktivitas teman Facebook

Di samping pilihan siapa yang bisa melihat daftar teman, kamu juga bisa mengatur di mana aktivitas pertemanan akan muncul. Klik ikon timeline di samping ikon gembok, lalu pilih sesuai yang membuatmu nyaman.

Nah, silakan pertimbangkan baik-baik siapa saja yang jadi teman Facebook, baik yang sudah maupun di masa mendatang. Sedikit pemilih tidak masalah. Kalau orang itu benar-benar ingin berteman, kemungkinan besar ia akan mengirim pesan pemberitahuan terlebih dulu.

More Stories
ASUS Expert Series Handal Untuk Semua Keperluan Bisnis