5 Kasus Smartphone Meledak Paling Viral, Salah Satunya di Indonesia

Dalam dunia digital saat ini, smartphone merupakan benda yang tidak bisa lagi dipisahkan dengan manusia. Bahkan segala sesuatu hal yang dilakukan oleh manusia, kini selalu menggunakan smartphone.

Namun ternyata di balik semua itu, smartphone rupanya juga menyimpan bahaya. Seperti yang terjadi pada beberapa orang berikut ini. Mereka terpaksa terluka akibat smartphone meledak.

Ada banyak alasan yang menyebabkan sebuah smartphone dapat meledak. Bukan hanya sekedar kesalahan dari produsen maupun pabrikan saja. Namun hal tersebut tidak jarang disebabkan oleh kesalahan pengguna.

Inilah beberapa kasus viral smartphone meledak di dunia:

Samsung Galaxy Note 7

Sumber Gambar : Fajar Trend

Smartphone Samsung berasal dari Korea Selatan. Kasus smartphone Samsung Galaxy Note 7 yang meledak ini, bahkan telah membuat heboh seluruh pengguna di dunia.

Hal tersebut karena kasus tersebut tidak terjadi di satu tempat saja. Kasus meledaknya Samsung Galaxy Note 7 terjadi dibanyak tempak. Sampai-sampai otoritas penerbangan sempat melarang penumpang membawa Galaxy Note 7 ke dalam pesawat.

Setelah itu, diketahui bahwa penyebab Samsung Galaxy Note 7 sampai meledak karena terjadi kesalahan pada baterai. Hal tersebut kemudian memicu terjadinya konsleting.

Oleh sebab itu, unit Galaxy Note 7 kemudian langsung ditarik dari pasaran. Selanjutnya unit tersebut diganti dengan Samsung Galaxy Note Fan Edition (FE).

Samsung Grand Duos

Sumber Gambar : Nume Rama

Ini adalah kasus yang paling mengejutkan. Hal tersebut karena meledaknya smartphone ini terjadi di Indonesia, lebih tepatnya di Semarang.

Samsung Grand Duos yang ketika itu tengah dikantongi oleh seorang pria, tiba-tiba saja mengeluarkan asap dan meledak.

Rupanya penyebab dari kasus ini karena korban menggunakan baterai non-original, untuk mengganti baterai asli yang sudah mulai drop.

Hal ini tentu bisa menjadi pelajaran bagi kita. Yaitu untuk menggunakan piranti smartphone original. Menggunakan piranti smartphone KW, hanya akan merusak smartphone secara perlahan. Hal tersebut karena piranti KW tidak dibuat sesuai dengan spesifikasi smartphone.

Nokia 5233

Sumber Gambar : Tribun Solo

Kali ini kasus HP meledak berasal dari featured phone, yaitu Nokia 5233. HP tersebut meledak hingga menyebabkan seorang remaja berusia 18 tahun di India meninggal.

Kasus meladak tersebut terjadi akibat remaja tersebut melakukan penggilan, yang mana ponsel tengah dalam kondisi di-charge.

Setelah kasus tersebut, pihak HMD Global yang diminta keterangan kemudian menjelaskan, bahwa ponsel itu tidak mereka yang memproduksi.

Kemungkinan ponsel tersebut adalah versi lawas atau palsu. Oleh sebab itu, kita patut berhati-hati dalam memilih ponsel mulai dari sekarang.

OnePlus 3T

Sumber Gambar : Jalan Tikus

Selanjutnya terdapat kasus meledaknya OnePlus 3T. Kasus tersebut lagi-lagi terjadi di India, tepatnya di Mumbai. Namun kali ini kasus smartphone meledak menimpa seorang wanita.

Kasus ini diklaim tidak terjadi satu kali saja. Namun kasus serupa pernah terjadi berkali-kali, dan melibatkan smartphone OnePlus.

Wanita tersebut mengaku bahwa sebelumnya, temannya yang mempunyai smartphone OnePlus One juga pernah meledak. Hal tersebut terjadi akibat permasalahan pada baterai.

iPhone 6

Sumber Gambar : Liputan 6

Meledaknya iPhone 6 tersebut dialami oleh seorang pengendara mobil di China. Seperti yang telah kita ketahui selama ini, iPhone 6 merupakan smartphone dari Apple yang telah lama beredar.

Kemungkinan iPhone 6 yang saat ini kalian dapatkan adalah barang refurbish. Oleh karena itu, tidak heran bila smartphone tersebut kerap mengalami banyak masalah.

Masalah yang terjadi salah satunya ada pada bagian baterai. Dimana korban dalam kejadian kali ini menggantinya di salah satu tempat servis.

Sayangnya, belum sempat dia menggunakan iPhone 6 tersebut, ketika perjalanan pulang smartphone tiba-tiba mengeluarkan asap dan beberapa detik kemudian mengeluarkan api. Hal tersebut langsung membuat seisi mobil terselimuti kabut putih.

Itulah 5 kasus smartphone meledak yang viral di dunia. Semoga dari kasus tersebut, dapat menjadi pelajaran bagi kita. Untuk lebih berhati-hati dalam memilih dan menggunakan smartphone.