5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Jadi Penyebab Laptop Cepat Rusak

Indri Penulis

Sadar atau nggak, ternyata beberapa kebiasaan ini tanpa disadari bisa jadi penyebab laptop cepat rusak lho. Segera hentikan sebelum terlambat!

Zaman sekarang siapa sih yang masih asing sama laptop? Hampir semua kalangan saat ini sudah menggunakan laptop entah itu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, bekerja, atau sekedar untuk hiburan saja.

Apa pun alasan untuk memakai laptop, namanya barang elektronik pasti lama-kelamaan akan rusak. Ya, itu nggak bisa dipungkiri. Tapi kamu bisa lho memperpanjang umur laptop, yakni dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk ini.

Kali ini saya bakal membeberkan beberapa kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari, justru bisa jadi penyebab laptop cepat rusak.

Yuk, kita lihat kira-kira mana kah kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan sama laptopmu. Hehe..

Sumber : Zhuanlan Zhihu

Keenakan Pakai Mode Sleep

Siapa nih yang suka sepert ini? Hm, mentang-mentang mau istirahat dan malas mematikan laptop, jadi keasyikan pakai mode Sleep deh (haha itu saya sih).

Memang enak sih, tapi sebenarnya pemakaian mode Sleep secara terus-menerus dapat membuat baterai cepat boros lho. Nggak cuma itu, speaker laptopmu juga dapat bermasalah di kemudian hari.

Jadi setelah tahu info ini, pastikan laptopmu benar-benar mati sebelum ditinggal ke mana saja ya. Kenapa? Karena laptopmu juga butuh istirahat.

Pasang Charger ke Laptop Dulu, Baru ke Kontak Listrik

Kebanyakan orang mungkin nggak merasa aneh soal kebiasaan ini. Ada yang sering mencolokkan charger terlebih dulu ke laptop, baru ke kontak listrik atau sebaliknya.

Tapi sebenarnya pemasangan charger dengan urutan yang salah bisa menjadi boomerang buat laptopmu. Kalau kamu pasang charger dulu ke laptop dari pada ke kontak listrik, hal ini lama-kelamaan akan merusak motherboard laptopmu.

Jadi yang benar bagaimana? Colokkan charger-mu ke kontak listrik terlebih dulu. Baru setelah itu, hubungkan charger ke laptop.

Charger Laptop Terus Padahal Baterai Masih Cukup

Bolak-balik mencolokkan charger ke kontak listrik pasti capek kan? Iya, saya tahu gimana rasanya kok. Makanya kebanyakan orang sering mencolokkan charger ke laptop terus-menerus, nggak peduli apakah baterainya sudah full atau belum.

Tapi mulai sekarang, hindari kebiasaan ini kalau kamu nggak ingin laptopmu cepat rusak ya. Sebab kebiasaan seperti ini justru bikin daya baterai laptop semakin berkurang.

Oya, sesekali kamu juga bisa cek kondisi bateraimu lho. Khusus buat pengguna Windows 10, kamu bisa baca cara cek kondisi baterai laptop di sini.

Error Langsung “Shutdown”

Geregetan karena laptop error dan tiba-tiba macet? Lalu apa yang biasanya kamu lakukan? Langsung pencet tombol “Shutdown” kah?

Hmm.. Ternyata kebiasaan ini juga bisa bikin laptopmu cepat rusak lho. Dari pada pakai metode kilat seperti itu, kamu bisa me-restart laptopmu terlebih dulu. Dengan begitu semua aplikasi yang ada di dalamnya akan memulai ulang tugasnya.

Jarang Update Software

Mungkin ada yang belum tahu, sebenarnya update software penting banget untuk kelangsungan hidup laptopmu lho. Kenapa?

Sebab dengan rutin update software, kamu sama artinya telah memperbarui sistem keamanan laptopmu. Jadi mulai sekarang jangan malas atau lupa update software di laptop ya.

    %d blogger menyukai ini: