Berapa Banyak RAM di Laptop Yang Kita Butuhkan?

Tampilan layar laptop

Ketika kamu mau beli laptop baru, tentu ada beberapa faktor yang perlu kamu pertimbangkan. Salah satunya adalah berapa banyak RAM di laptop yang kamu butuhkan. Nah, kali ini kami membahasnya sedikit lebih jauh.

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah komponen penyimpanan komputer dengan data yang bisa dibaca dan ditulis oleh sistem secara acak. Biasanya RAM dipakai untuk menyimpan data aplikasi atau komponen komputer yang sedang beroperasi.

Jadi jangan heran kalau RAM penuh dengan aplikasi. Karena RAM memang menyimpan data aplikasi itu supaya bisa lebih cepat kamu akses (tidak memuat data dari nol). Terutama ketika melakukan multitasking dan beralih dari aplikasi satu ke yang lain.

Lalu berapa banyak RAM yang perlu ada di sebuah laptop? Yah, sebenarnya memang tergantung kebutuhanmu. Untuk apa kamu membeli laptop tersebut?

Kebutuhan RAM untuk Laptop

Jika kamu mau membeli laptop, kamu akan menemukan beberapa pilihan. Biasanya pilihan ini sesuai rentang harga dan kategori laptop. Ada yang punya RAM 4GB, 8GB, 16GB, atau 32GB, dan seterusnya.

Ukuran RAM Minimal

Saat ini RAM sebesar 4GB sudah cukup untuk laptop, tapi kemampuannya terbatas. Dengan ukuran RAM sebesar itu, kamu bisa memakai aplikasi dasar. Misalnya browser dan aplikasi pengolah dokumen (Word, Excel, PowerPoint, dll).

Dengan begitu, ukuran sebesar 4GB ini biasanya akan kamu temukan pada spesifikasi laptop pelajar atau pemula. Karena kebutuhan pemakaiannya tidak banyak.

Kamu akan merasa komputer berjalan lambat ketika mulai memakai banyak aplikasi atau membuka banyak tab di browser. Memang, ukuran RAM seperti ini tidak ideal untuk multitasking.

Ukuran RAM Standar

Untuk pemakaian umum, dengan multitasking, RAM 8GB akan memberikan pengalaman lebih nyaman. Dengan kapasitas RAM ini, kamu bisa memakai lebih banyak aplikasi, termasuk yang sedikit berat seperti edit foto dan edit video ringan di samping aplikasi lain seperti browser dan pengolah dokumen.

RAM 8GB juga bisa kamu pakai buat main game. Yah, tergantung juga dengan kombinasi prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU) yang terpasang.

Saat ini RAM 8GB menjadi ukuran standar yang tersedia pada laptop. Kalau kamu memang menginginkan pengalaman pemakaian yang nyaman, kapasitas inilah yang kami anjurkan.

Ukuran RAM untuk Kebutuhan Tinggi

Kalau kamu ingin melakukan pekerjaan lebih berat, seperti edit foto dan video secara serius, laptop dengan RAM 16GB dan lebih besar akan lebih cocok. Dengan kapasitas ini, multitasking dan mengerjakan file berukuran besar bisa kamu lakukan dengan leluasa.

laptop asus zenbook pro duo 15 oled ux582

Tapi kalau kamu membutuhkan kerja profesional — misalnya untuk edit video di atas resolusi HD — RAM di atas 16GB (misalnya 32GB dan yang lebih tinggi) akan lebih ideal lagi.

Begitu juga kalau kamu ingin main game AAA. Walau RAM 8GB sudah bisa, memiliki RAM di atas 16GB akan membuat permainan berjalan lebih baik (tentu didukung prosesor dan kartu grafis yang sesuai pula).

Cek RAM di Laptop

Jadi, kalau kamu mau membeli laptop, silakan perhatikan kombinasi spesifikasi dengan baik. RAM dengan kapasitas lebih besar akan memberi “usia pemakaian” laptop lebih panjang ( sampai ketika teknologi berkembang dan aplikasi jadi lebih kompleks).

Sebagai contoh, untuk pemakaian di tahun 2021, laptop dengan prosesor Intel Core i7 dengan RAM 4GB (Macbook tahun 2012) bisa berjalan lebih lambat dibanding laptop dengan prosesor Intel Core i3 dengan RAM 8GB (Dell Vostro 3400 tahun 2021). Terutama ketika membuka banyak aplikasi.

Kalau kamu sudah punya laptop tapi belum memperhatikan berapa besar RAM yang ada, kamu bisa mengeceknya.

Cara melihat ukuran RAM di Windows

  1. Klik kanan tombol Start
  2. Pilih ‘System‘ pada menu yang muncul.
  3. Lihat informasi ‘Installed RAM‘ di bagian ‘Device Specification’.

Cara Melihat ukuran RAM di macOS

  1. Klik tombol Apple di menu bar.
  2. Pilih ‘About this Mac’ dari menu.
  3. Lihat informasi ‘Memory‘ pada detil spesifikasi.

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu tahu soal RAM yang kamu butuhkan di laptop. Silakan pertimbangkan baik-baik sesuai kebutuhan dan kemungkinan kapan kamu akan beli laptop lagi.

%d blogger menyukai ini: