Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

USB 4 Versi 2.0 Sajikan Kecepatan Gila Hingga 80 Gbps

Indri Penulis

USB 4 versi 2.0 diprediksi akan menjadi salah satu konektor tercepat yang pernah ada. Pasalnya USB ini digadang-gadang punya kecepatan 80 Gbps.

Kabar ini telah dikonfirmasi oleh USB Promoter Group. Perusahaan tersebut mengatakan jika USB 4 versi 2.0 akan menyajikan kecepatan 80 Gbps. Itu artinya, kecepatan ini dua kali lipat dari kemampuan USB 4 generasi pertama dan bahkan Thunderbolt 4.

popculture.id

Walaupun USB 4 2.0 saat ini belum resmi dirilis, tapi spesifikasi teknisnya sudah dibeberkan. Melalui siaran persnya (via Business Wire), USB Promoter Group mengatakan kabel USB 4 2.0 akan menggunakan konektor USB-C pada umumnya. Tapi ada beberapa perbedaan yang mereka sampaikan dalam keterangan berikut:

Karakter utama dari solusi USB 4 terbaru meliputi kecepatan operasi hingga 80 Gbps. Ia dibuat berdasarkan arsitektur lapisan fisik baru, menggunakan kabel pasif USB Type-C 40 Gbps yang ada, serta kabel aktif USB Type-C 80 Gbps terbaru.

Lebih lanjut, USB Promoter Group mengatakan alasan peningkatan kecepatan USB 4 wajib dilakukan. Hal ini untuk mengaktifkan kinerja data ke tingkat yang lebih tinggi.

Selain itu, USB 4 2.0  juga menjanjikan peningkatan dukungan pada DisplayPort dan PCIe sekaligus. Jelas ini adalah kabar bagus. Pasalnya USB 4 dulu hanya mendukung DisplayPort ketika ‘tunneling,’ atau membawa sinyal DisplayPort dan USB secara bersamaan. Sebelumnya tidak ada dukungan untuk PCIe di USB 4 generasi pertama.

Sementara itu, USB Promoter Group memang sudah berkoar-koar soal kecepatan USB 4 2.0 yan mencapai 80 Gbps. Namun sayangnya alasan yang membuat USB 4 terbaru bisa memperoleh kecepatan setinggi itu belum diumumkan.

Joe Balich, juru bicara dari USB-IF, mengatakan kalau informasi akhir kemungkinan akan diumumkan sebelum acara USB DevDays pada 1 – 2 November 2022 di Seattle. Acara tersebut juga akan digelar pada tanggal 15 – 16 November 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Walaupun waktunya masih lama, tapi kabar soal USB 4 versi 2.0 dengan kecepatan 80 Gbps tentu sangat menarik. Saya jadi membayangkan, kira-kira USB terbaru ini bisa mentransfer data senilai 4K Blu-Ray dalam waktu beberapa detik nggak ya?

    %d blogger menyukai ini: