Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Kelebihan dan Kekurangan Sony ZV-1, Kamera Sony Terbaru di Indonesia Harga Rp 9 Jutaan

sony zv-1
Sumber: Sony Indonesia
Indri Penulis

Kamera pocket Sony ZV-1 resmi hadir di Indonesia. Ini dia beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Sony ZV-1.

Sony ZV-1 adalah kamera pocket yang pertama kali diumumkan pada pertengahan Oktober 2022. Kamera ini hadir dengan desain dan fitur yang dirancang khusus untuk perekaman video vertikal (seperti TikTok).

Awal November ini, akhirnya Sony ZV-1 hadir di Indonesia. Sebelum kamu memutuskan untuk membelinya, yuk kita lihat dulu apa saja kelebihan dan kekurangan kamera terbaru Sony di Indonesia ini.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Sony ZV-1

Kelebihan Kamera Pocket Sony ZV-1

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Sony ZV-1. Dengan mengetahui beberapa kelebihan ini, mungkin hal tersebut bisa kamu jadikan pertimbangan untuk membelinya.

sony zv-1
Sumber: Sony Indonesia

Sensor Gambar CMOS Exmor RS Tipe 1.0 + Efek Bokeh

Kamera ini hadir dengan sensor gambar Exmor RS CMOS tipe 1.0. Sensor tersebut kemudian digabung dengan chip DRAM dan lensa F1.8-2.8 ZEISS Vario-Sonnar 24-70mm.

Dengan perpaduan yang seperti itu, kamera Sony bisa menciptakan efek latar belakang bokeh yang lebih bagus. Pasalnya fokus pada objek akan terlihat lebih jelas dibanding latar belakang.

Menyajikan Resolusi Tinggi dan Rendah Noise

Kamera pocket Sony ini mampu beralih dan mengunci fokus otomatis dengan cepat. Hal ini tak lepas dari sistem fokus otomatis besutan Sony.

Selain itu kamera ini juga menggunakan prosesor gambar BIONZ X generasi terbaru. Dengan tambahan front-end LSI, kamera ini bisa menghasilkan gambar beresolusi tinggi dengan noise rendah.

Dibekali Layar dengan Desain Fleksibel

Ketika layar dibuka, kamera ini ternyata menyajakan mekanisme yang berbeda. Sebagai perbandingan, layar Sony RX100 cuma bisa diputar ke atas. Sedangkan layar kamera ZV-1 jauh lebih fleksibel.

Baca Juga:  5 Rumor Liar Sony PS5 Slim, Konsol Langsing Harga Murah Rilis 2023

Layar kamera ini mengadopsi mekanisme artikulasi. Artinya, layar bisa diputar ke segala arah. Jadi nggak cuma ke atas atau bawah.

Punya Multi-Interface Shoe

ZV-1 tidak dibekali jendela bidik elektronik pop-up seperti pada kamera-kamera lain. Sebagai gantinya, area tersebut digantikan oleh multi-interface shoe. Fitur tersebut bisa dipasangkan dengan mikrofon eksternal/aksesori lainnya.

Mendukung Resolusi 4K 24/30fps dengan EIS dan OIS

Kamera ini bisa merekam video hingga resolusi 4K 24/30fps. Ada juga opsi untuk merekam video slow motion hingga 960fps. Masih ada lagi opsi interval pemotretan untuk video time lapse. Untuk menciptakan video stabil, ZV-1 dibekali EIS dan OIS.

Kekurangan Kamera Pocket Sony ZV-1

Walaupun punya beberapa kelebihan, tapi ZV-1 juga punya beberapa kekurangan. Kalau menurutmu kekurangan kamera ini nggak bisa diterima, ya mungkin kamu bisa mengurungkan niat untuk membelinya.

sony zv-1
Sumber: Techspotvn

Ini dia beberapa kekurangan kamera Sony ZV-1:

  • Punya baterai kecil, sehingga kurang cocok untuk pemakaian seharian full.
  • Tidak memiliki jendela bidik optik, yang kadang berguna saat memotret dalam kondisi sangat terang.
  • Layar sentuhnya hanya untuk fokus area, tidak bisa diubah lewat menu pengaturan.
  • Kamera ini memiliki sensor yang relatif kecil (1 inci), dan lensanya tidak bisa bisa diganti ke ukuran yang lebih besar.

Nah itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan kamera pocket Sony ZV-1 yang perlu kamu tahu. Sementara itu, harga Sony ZV-1 di Indonesia adalah Rp 9,6 juta. Gimana, kamu tertarik beli?

Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silaka tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected] Jangan lupa baca artikel lain seputar Sony dari Indri ya.


Sumber:

  • Kelebihan dan Kekurangan Kamera Sony ZV-1 – https://arvinovoyage.com/sony-zv-1-review-travel-vlogging/
  • Harga Sony ZV-1 di Indonesia – https://www.sony.co.id/id/electronics/cyber-shot-compact-camera/zv-1?cid=Cat-DSC_Models:sem:goog:ZV-1_Broad&gclid=Cj0KCQjwk5ibBhDqARIsACzmgLQUd9bkPxu-x03nR0FHxBkGJYPswfcVbe6e1vow-ztyLQ-c3bdcptAaAi0sEALw_wcB&gclsrc=aw.ds