Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Google Keep Yang Perlu Kamu Tahu

Apa kamu mencari aplikasi untuk mencatat yang praktis? Mungkin kamu sudah mempertimbangkan memakai Google Keep. Tapi ada baiknya kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Keep sebelum memakai aplikasi catatan ini. Biar nggak kecewa.

Google Keep memang merupakan salah satu aplikasi catatan yang paling populer di muka bumi. Pasti ada alasannya dong? Tentu.

Kelebihan Google Keep

Aplikasi catatan dari Google ini memiliki beberapa fitur yang membuatnya menarik baik dari sisi penampilan maupun fungsi.

aplikasi google keep android

1. Penampilan simpel

Google Keep punya penampilan sederhana, yang terinspirasi dari kertas tempelan Post-it. Kamu bisa mengaturnya dalam bentuk grid (kotak-kotak) atau list (daftar).

2. Bisa mengatur isi dan tampilan catatan

Kamu bisa memberi judul catatan atau langsung mengetik begitu saja. Selain itu, kamu juga bisa membuat checklist (daftar centang), memberi label, menyematkan atau memberi warna catatan. Jadi kamu bisa mengatur catatan sesuai kepentingan.

3. Punya fungsi pengingat

Kalau ada catatan yang penting, kamu bisa memberi reminder (pengingat) di sana. Serunya, kamu bisa menambah fungsi pengingat berdasar waktu atau lokasi. Yah, misalnya kamu butuh belanja di supermarket, kamu bisa memasang pengingat berdasar lokasi supermarket itu. Jadi kalau pas lewat, kamu akan diingatkan.

4. Bisa berbagi catatan

Nah, kalau kamu punya catatan yang ingin kamu pakai bersama, bagi saja. Tambahkan anggota keluarga, teman, atau rekan sebagai kolaborator di sebuah catatan. Dengan begitu, ia juga bisa melihat catatan tersebut.

5. Mendukung berbagai perangkat

Ya, aplikasi ini hadir di berbagai perangkat dan platform. Kamu bisa memakainya di perangkat bergerak (Android dan iOS) atau di komputer dengan browser. Catatan yang kamu simpan juga sinkron di semua perangkat.

Kekurangan Google Keep

Sayangnya, aplikasi catatan buatan Google ini juga masih belum ideal. Ada beberapa kekurangan yang membuatnya kurang efisien.

aplikasi google keep web

1. Belum bisa berbagi reminder

Sayangnya, walau bisa membuat reminder, kita tidak bisa membagi fungsi ini ke kolaborator. Jadi kalau ada catatan yang kita anggap penting, kita tidak bisa mengingatkan orang lain. Sehingga bisa saja terlewat.

2. Warna, Sematan, dan Label masih bersifat personal

Sama seperti reminder, fungsi pengaturan lain juga masih bersifat personal. Artinya, tampilan yang kamu atur akan berbeda dengan penampilan catatan di aplikasi teman. Sekali lagi, ini kurang efisien. Misalnya kamu punya kumpulan catatan dengan label sama yang ingin kamu bagi, kamu harus mengaturnya satu-persatu.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: