6 Aplikasi To Do (Jadwal & Pengingat) Terbaik untuk Berbagai Platform

aplikasi to do terbaik
Anom Penulis

Aplikasi untuk membuat jadwal dan pengingat tugas sering dianggap aplikasi sepele. Pada kenyataannya, banyak aplikasi keren di kategori ini. Kali ini, saya mau membahas aplikasi To Do terbaik yang ada.

Sebenarnya, apa sih yang membuat sebuah aplikasi To Do itu sangat berguna? Toh fungsinya hanya mencatat apa yang harus dilakukan, apa yang harus dibeli, dan sejenisnya. Memang bukan catatan itu sendiri yang bikin hebat. Tapi kondisi yang kita tentukan untuk jadwal dan daftar tugas itu.

Misalnya: Membuat daftar tugas yang berulang pada waktu tertentu, tugas yang harus dikerjakan bersama teman-teman, mendelegasikan tugas kepada teman, fungsi pengingat (reminder) ketika sampai di lokasi tertentu, melihat jadwal tugas di kalender, dll.

Nah, bisa dilihat, kondisi di atas akan membuat jadwal dan pengingat sangat berbeda dalam fungsi sehari-hari. Hal itu juga yang memisahkan aplikasi To Do dengan catatan seperti OneNote, Evernote, Simplenote atau Bear.

Mari kita lihat.

Tick Tick

aplikasi to do tick tick

Tick Tick juga termasuk salah satu aplikasi To Do populer, juga dengan desain minimalis. Aplikasi ini tersedia untuk banyak platform. Baik mobile (Android, Android tablet, iPhone, iPad), desktop (Web, Mac, Windows, Chromebook), ekstensi (Chrome dan Firefox), juga untuk perangkat sandangan/wearables (Android Wear dan Apple Watch).

Seperti yang lain, Tick Tick menawarkan banyak fitur. Seperti: Sub-tasks, reminder, calendar view, kolaborasi, komentar, tugas rutin (recurring), themes, prioritas, location based reminder, tags, dll.

Tick Tick bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Beberapa fiturnya baru bisa digunakan kalau kita berlangganan versi komersial. Sejauh ini, untuk versi gratis, Tick Tick terlihat yang paling fleksibel.


Microsoft To Do

Kalau kamu banyak memakai layanan Microsoft, tentu aplikasi To Do ini adalah pilihannya. Aplikasi ini juga merupakan pengganti Wunderlist yang dulu sangat populer.

Microsoft To Do tersedia untuk berbagai platform, mulai dari Windows, macOS, Android, dan juga iOS. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan layanan Microsoft lain, seperti Outlook dan Teams. Fiturnya pun cukup lengkap.

Kamu bisa mengunduh dan menggunakan Microsoft To Do secara gratis. Namun, beberapa fitur hanya tersedia jika kamu berlangganan Microsoft 365.


Google Tasks

Kalau yang ini cocok untuk kamu yang memakai layanan Google. Aplikasi Google Tasks memiliki fitur yang cukup lengkap, seperti sub-tasks. Selain itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan berbagai layanan Google lain.

Untuk desktop, kamu bisa mengaksesnya melalui aplikasi Gmail. Sementara di smartphone (Android dan iOS) terdapat aplikasi tersendiri. Tampilannya simpel dan bersahabat.


Todoist

Aplikasi To Do Todoist

Aplikasi Todoist sering dianggap salah satu yang terbaik. Aplikasi ini memiliki desain minimalis dan tersedia di berbagai platform. Baik dalam bentuk aplikasi (web, Android, iOS, macOS, Windows) maupun ekstensi (Chrome, Firefox, Safari).

Todoist memiliki banyak fitur. Misalnya: Sub-tasks, sub-projects, kolaborasi, tugas rutin (berulang/recurring), sinkronisasi, prioritas, reminder, komentar, label, integrasi dengan aplikasi lain, dll. Fitur paling menarik dari Todoist adalah bisa memasukkan entri tugas dalam bahasa biasa, seperti: “Every Friday at 8am” (sayangnya Bahasa Indonesia belum bisa).

Todoist bisa diunduh dan digunakan dengan gratis. Namun beberapa fiturnya baru bisa digunakan kalau kita berlangganan versi komersial.


Any.Do

aplikasi anydo

Any.do adalah aplikasi To Do powerful dan salah satu yang paling populer. Aplikasi ini juga memiliki desain minimalis. Sejauh ini, Any.do tersedia untuk Android, iPhone, Mac, dan Web.

Any.do juga memiliki banyak fitur. Misalnya: Sub-tasks, moment (daily planner), kolaborasi, sinkronisasi, komentar, reminder, tugas rutin (berulang), dll. Selain itu, Any.do juga punya Assistant — semacam AI — di dalam aplikasinya.

Any.do bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Beberapa fiturnya baru bisa digunakan ketika kita berlangganan versi komersial.


WeDo

aplikasi wedo

Sama seperti aplikasi To Do sebelumnya, WeDo memiliki tampilan minimalis dan memiliki banyak fitur. WeDo tersedia untuk Mac, iPhone, iPad, Apple Watch, Android, dan Web.

Beberapa fitur WeDo yang layak disebut: Sub-tasks, membuat grup, kolaborasi (termasuk delegasi tugas), reminder, tugas rutin (recurring tasks), attachment, perkiraan waktu, dll. Fitur yang menarik dari WeDo adalah grup yang berguna untuk memilah antara daftar To Do personal dan pekerjaan dengan mudah.

Aplikasi WeDo bisa diunduh dan digunakan secara gratis. Beberapa fitur di antaranya baru bisa digunakan ketika menggunakan WeDo Pro.


Itulah beberapa aplikasi jadwal dan pengingat terbaik yang tersedia untuk berbagai platform. Yah, paling tidak, terbaik menurut saya.

Yang patut diperhatikan dalam memilih aplikasi To Do, tentu saja fitur yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kalau kamu menggunakannya secara personal — asumsi saya: cari aplikasi To Do gratis — lihat fitur apa saja yang tersedia di versi gratis. Kalau kamu ingin menggunakannya secara profesional, lihat fitur apa yang paling menguntungkan untuk cara kerja kamu dan rekan kerja.

Selamat memilih!

    %d blogger menyukai ini: