AirDroid: Transfer File dan Kelola Handphone Android dari PC

airdroid pc transfer file android

AirDroid merupakan aplikasi populer untuk transfer file dan mengelola handphone Android Salah satu sebabnya adalah memiliki banyak fungsi. Aplikasi ini juga tersedia di berbagai platform, seperti AirDroid PC, AirDroid Mac, dan AirDroid Web.

Mungkin sebelumnya kamu pernah menggunakan aplikasi seperti ShareIt, Zapya, Pushbullet, dll. Namun, kalau kamu sering memindah file dari PC ke handphone Android, kamu bisa melihat perbedaannya. AirDroid menawarkan fungsi yang lebih lengkap.


BACA: Aplikasi Transfer File Cepat Antar Perangkat


Fitur AirDroid

airdroid for mac

Tampilan AirDroid for Mac

Di atas, saya menyebutkan kalau aplikasi AirDroid memiliki banyak fungsi. Ya, memang begitu. Kalau dibanding dengan aplikasi lain, fiturnya cukup mengejutkan.

  • Transfer file antara handphone Android dan PC / Mac
  • Akses file di handphone Android dari PC / Mac
  • Melihat panggilan telepon, SMS, dan notifikasi handphone Android dari PC / Mac
  • Mengirim SMS dan mengatur kontak dari PC / Mac
  • Backup foto dan video (untuk aplikasi desktop)
  • Screenshot layar (tanpa root, Android 5 dan lebih baru)
  • Membalas pesan WhatsApp, Messenger, Telegram, dan Kik dari aplikasi desktop
  • Mengatur HotSpot dan Tethering
  • Find Phone (dari web app)
  • Melihat kamera handphone (dari web app)
  • Tersedia sebagai aplikasi Android, AirDroid PC, AirDroid Mac, dan AirDroid Web.

Bisa dilihat, fungsinya memang banyak dan praktis. Yang paling berguna tentu saja melakukan transfer file dari Android ke PC dan akses file manager Android dari PC.

Namun selain itu, fitur membalas pesan WhatsApp dan lainnya juga menyenangkan. Kalau kita sedang bekerja di laptop, kita tinggal membalas dari notifikasi yang muncul di desktop.


BACA: Bagaimana Mengatur Smart Lock Android


Tampilan AirDroid

airdroid for android

Tampilan Aplikasi AirDroid for Android

Permasalahan aplikasi tools yang memiliki banyak fitur selalu ada di tampilan yang berkesan rumit. Untungnya AirDroid berhasil menangani desain aplikasi dengan baik.

Di handphone Android, halaman terbagi tiga, yaitu Transfer, Tools, dan Me (profil). Halaman transfer berguna untuk melihat perangkat yang terhubung, Tools berguna untuk mengakses berbagai fitur AirDroid, dan Me untuk fungsi pengaturan.

Di AirDroid PC dan AirDroid Mac, terdapat sidebar untuk mengakses beberapa katefori fitur seperti: Notifikasi, telepon, pesan (berikut WhatsApp, dll), kontak, file manager, dan perangkat yang terhubung. Di dalamnya kita juga bisa mengakses beberapa fitur lain.

AirDroid Web menampilkan informasi dan fitur yang lebih detil. Ada beberapa fitur yang tidak terlihat di aplikasi AirDroid PC atau AirDroid Mac, seperti screenshot, musik, find phone, ringtones, video, dll.

tampilan airdroid web

Tampilan AirDroid Web

Walau secara keseluruhan tampilannya layak dipuji, ada kemungkinan kamu bisa bingung menggunakannya. Terutama kalau baru pertama kali mencoba. Misalnya menggunakan AirDroid untuk membalas WhatsApp, menggunakan AirMirror, atau menggunakan keyboard laptop untuk mengetik di handphone.

Tapi kalau sudah mencoba, saya pikir hal tersebut bukan masalah.


BACA: Perlukah Membersihkan RAM di Handphone Android?


Pengalaman Penggunaan AirDroid

Jadi, apakah AirDroid benar-benar fungsional? Secara keseluruhan saya akan menjawab ya. Sekedar catatan, saya menggunakan aplikasi AirDroid di Moto E3 Power (Android 6.0 Marshmallow) dan di laptop Macbook Pro (OS X 10.11 El Capitan).

Untuk urusan transfer file atau mengakses file manager di handphone Android, aplikasi ini boleh diacungi jempol. Tidak repot dan cepat. Bagaimanapun, saya melakukannya tiap hari. Jadi secara pribadi saya terbantu. Bagi saya, AirDroid adalah salah satu aplikasi Android paling berguna.

Kalau ada yang perlu saya keluhkan, mungkin itu adalah notifikasi pesan dan membalas WhatsApp dari desktop. Seringkali notifikasi datang terlambat. Lalu, beberapa pesan muncul berulang di notifikasi (padahal di handphone cuma satu). Kelihatannya pesan yang sama itu merupakan pesan lain yang datang, namun isinya tidak update.

Selain itu, perlu disebut bahwa walau aplikasi AirDroid bisa digunakan gratis, ada batasan tertentu. Salah satunya adalah batas kapasitas transfer 200MB / bulan. Tiap bulan, penggunaan akan di-reset kembali ke nol.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak, kamu bisa upgrade dan berlangganan AirDroid. Salah satu paket yang ditawarkan adalah senilai Rp 22.200 / bulan. Nah, kalau mau mencoba, silakan download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

AirDroid
  • Fitur
  • Desain
  • Penggunaan
4.3

Kesimpulan

AirDroid mempermudah proses transfer berkas antar perangkat. Secara umum mudah digunakan dan punya tampilan yang tidak bikin bingung.

Ada komentar?