Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

10 Rekomendasi Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari

Jadikan ponsel kamu lebih berguna dengan mengunduh aplikasi yang ada di artikel ini

10 Rekomendasi Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari Tahun 2023
Febri Penulis

Kita tahu kalau ada begitu banyak aplikasi Android di Google Play Store. Tiap orang juga punya favorit masing-masing. Toh tidak bisa kita elakkan kalau ada aplikasi Android paling berguna dan wajib kita pasang.

  • Solusi Cepat
    Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi aplikasi Android paling berguna untuk sehari-hari, coba cek rekomendasi berikut: Google Photos, Snapseed, Google Maps, Files by Google, AirDroid, InShot, Gaming Mode, Google Keep, MX Player, dan WhatsApp Messenger.

Rekomendasi Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari

Istilah aplikasi Android paling berguna mungkin subyektif. Tapi paling tidak aplikasi itu bisa memiliki fitur yang lengkap untuk bidang tertentu, memberi solusi masalah, atau membantu kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini koleksi versi saya.

  • Tips
    Saran saya untuk tidak menginstal berbagai aplikasi di dalam smartphone/ponsel kamu, sebisa mungkin batasi aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan. Cukup instal aplikasi yang sekiranya memang sering dibutuhkan saat kamu menggunakan ponsel tersebut.

1. Google Photos

10 Rekomendasi Aplikasi Android Paling Berguna untuk Sehari-hari - Google Photos

Google Photos merupakan aplikasi galeri foto. Namun tidak hanya itu, ia juga merupakan bagian dari penyimpanan cloud Google Drive. Jadi selain bisa untuk melihat foto dan video di handphone, juga bisa untuk sinkronisasi antar perangkat lewat cloud.

Sebagai aplikasi galeri, Google Photos mendukung membuat album, punya editor foto ringan, dan bisa berbagi dengan teman atau keluarga. Didukung oleh Google Assistant, kamu bahkan bisa langsung melakukan pencarian gambar di internet. Fitur paling berguna? Dukungan penyimpanan foto dan video tanpa batas di cloud!

2. Snapseed

Snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi editor foto yang terbaik (kalau bukan memang yang terbaik). Aplikasi ini memiliki fitur yang banyak dan canggih. Ada efek siap pakai, namun ada juga yang manual (mengatur sendiri).

Yang paling saya sukai dari aplikasi ini adalah kalau kamu edit manual, efek di foto sangat halus. Jadi foto tetap berkesan natural bukan efek digital. Saya pernah membahas fitur edit Snapseed yang paling berguna secara khusus.

3. Google Maps

Google Maps

Google Maps adalah aplikasi peta, panduan kota, dan arahan. Lihat kan? Ini bedanya dengan Waze. Walau sama-sama dimiliki oleh Google, Maps memiliki fitur yang lebih banyak.

Kamu bisa mencari tempat nongkrong populer, mengirimnya ke temanmu, memasukkan ke daftar favorit, dan mendapat arah menuju ke sana. Kamu bahkan bisa memilih berangkat dengan apa (mobil, motor, kendaraan umum, atau jalan kaki).

4. Files by Google

svg%3E

Files by Google (ada juga yang bilang Google Files Go) adalah aplikasi penelusuran berkas (file manager). Namun fiturnya yang paling keren adalah untuk membersihkan berkas yang sudah tidak berguna. Aplikasi Android ini akan memberi saran berkas apa saja yang bisa kamu hapus atau kamu bisa memilihnya sendiri.

Baca Juga:  Laris! Aplikasi dynamicSpot Android Sudah Diunduh 1 juta Kali

Fitur lain yang tidak kalah keren adalah mengirim berkas ke handphone Android lain, tanpa koneksi internet. Ini bisa membantu kamu mengirim dokumen atau apa pun ke teman dengan cepat.

5. AirDroid

AirDroid

AirDroid adalah aplikasi yang berguna untuk mengirim berkas antar perangkat. Bisa antar handphone atau ke komputer. Bisa dengan koneksi internet atau secara lokal dengan Wi-Fi.

Aplikasi ini membuat saya meninggalkan kabel data. Dengan mudah dan cepat proses transfer bisa dilakukan. Selain itu, fitur di dalamnya memang fokus untuk transfer berkas, tidak penuh dengan fitur lain yang tidak sesuai.

6. InShot

InShot

InShot merupakan salah satu aplikasi video editor terbaik Android. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, termasuk edit foto dan kolase. Alat editing-nya sangat lengkap. Mulai dari trim durasi, filter, menambah musik, menambah teks, mengatur kecepatan, sampai cropping video.

Selain lengkap, aplikasi Android ini juga punya tampilan yang keren, tidak ribet dan mudah dipakai. Dengan semakin populernya media video, aplikasi editor seperti InShot cukup wajib dimiliki.

7. Gaming Mode

svg%3E

Gaming Mode adalah aplikasi yang membantu kamu untuk tidak terganggu notifikasi saat main game. Tapi tidak hanya itu, seperti Game Genie di ASUS ZenUI, aplikasi ini juga bisa mengoptimalkan performa dengan menghentikan aplikasi yang bekerja di latar belakang. Kamu pun bisa mengaturnya sesuai kebutuhanmu.

8. Google Keep

Google Keeps

Google Keep adalah aplikasi untuk menyimpan segala bentuk catatan kita, baik itu dalam bentuk kata, kalimat, list, gambar dan ataupun suara. Aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang suka lupa dengan apa yang sedang kamu pikirkan.

Jujur saya selalu menggunakan aplikasi ini sejak menggunakan Android, terbantu banget. Karena setiap saya punya ide apapun akan saya catat di Google Keep dan kemudian ketika saya punya waktu luang, saya suka membaca kembali catatan saya di Google Keep.

9. MX Player

MX Player

MX Player adalah aplikasi pemutar video yang paling saya gemari di Android. Meskipun di setiap smartphone memiliki pemutar audio/video bawaan, saya lebih rekomendasikan ke kamu untuk menggantinya dengan MX Player ini.

Baca Juga:  Tipe Aplikasi yang Harus Dihapus di Android

Fitur di MX Player lengkap dan bisa memutar berbagai format video bahkan kita bisa menambahkan subtitle juga saat menggunakan MX Player sebagai pemutar video di smartphone.

  • Tips
    Saran saya kamu lebih baik membeli versi MX Pro, cukup membayar Rp77.000,- kamu sudah bisa menikmati aplikasi ini sepuasnya dan selamanya. Apalagi kalau kamu tipe orang yang suka menonton film atau video di HP, maka aplikasi ini worth it untuk dicoba.

10. WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger

WhatsApp Messenger adalah aplikasi kirim pesan terbesar di dunia saat ini, kamu tahu kalau sekarang itu kita sudah jarang atau bahkan hampir tidak pernah berkirim pesan melalui SMS.

Pasti kebanyakan saat ini sudah menggunakan pesan online seperti WhatsApp, selain lebih murah ada banyak fitur WhatsApp yang tidak dimiliki oleh aplikasi pesan SMS di smartphone. Salah satunya seperti menambah teman di WhatsApp, video call di WhatsApp dan masih banyak lagi.

What’s Next: Instal Aplikasi Android Sewajar dan Sebutuhnya Aja

Kurang lebih itu saja 10 rekomendasi aplikasi Android paling berguna untuk digunakan sehari-hari saat menggunakan smartphone dari saya. Mungkin dari sebagian kamu ada yang tidak setuju atau tidak suka dengan aplikasi yang saya rekomendasikan di sini.

Contoh saja saat ini banyak yang beralih dari InShot dan menggunakan CapCut sebagai aplikasi video editor mereka. Karena CapCut ini termasuk salah satu aplikasi edit video terbaik di Android dan juga sebagai aplikasi green screen terbaik di mobile.

Tidak bisa dipungkiri jika tiap tahun selalu ada persaingan dari aplikasi sejenis, mungkin saja beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan sudah tidak lagi relevan dengan keadaan kamu saat ini.

Namun untuk saat ini, ketika saya membuat artikel ini, menurut saya pribadi 10 rekomendasi aplikasi Android yang saya tulis di artikel ini masih cukup relevan untuk 2 atau mungkin 5 tahun mendatang. Soalnya beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan di atas ada yang sudah saya gunakan sejak 5 tahun yang lalu dan masih berguna hingga saat ini.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan tulis di kolom komentar atau kirim email ke [email protected] Kamu juga bisa berlangganan berita atau artikel seputar teknologi, aplikasi & internet seperti di atas melalui halaman urbandigital di Google News.