7 Aplikasi Android Paling Berguna Yang Harus Ada di Ponsel

ikon home screen aplikasi android

Kita tahu kalau ada begitu banyak aplikasi Android. Tiap orang juga punya favorit masing-masing. Toh tidak bisa kita elakkan kalau ada aplikasi Android paling berguna dan wajib kita pasang.

Istilah aplikasi Android paling berguna mungkin subyektif. Tapi paling tidak aplikasi itu bisa memiliki fitur yang lengkap untuk bidang tertentu, memberi solusi masalah, atau membantu kegiatan sehari-hari. Nah, berikut ini koleksi versi kami.

1. Google Photos

galeri aplikasi google photo

Google Photos merupakan aplikasi galeri foto. Namun tidak hanya itu, ia juga merupakan bagian dari penyimpanan cloud Google Drive. Jadi selain bisa untuk melihat foto dan video di handphone, juga bisa untuk sinkronisasi antar perangkat lewat cloud.

Sebagai aplikasi galeri, Google Photos mendukung membuat album, punya editor foto ringan, dan bisa berbagi dengan teman atau keluarga. Didukung oleh Google Assistant, kamu bahkan bisa langsung melakukan pencarian gambar di internet. Fitur paling berguna? Dukungan penyimpanan foto dan video tanpa batas di cloud!

Download Google Photos

2. Snapseed

edit foto di snapseed

Snapseed merupakan salah satu aplikasi editor foto yang terbaik (kalau bukan memang yang terbaik). Aplikasi ini memiliki fitur yang banyak dan canggih. Ada efek siap pakai, namun ada juga yang manual (mengatur sendiri).

Yang paling kami sukai dari aplikasi ini adalah kalau kamu edit manual, efek di foto sangat halus. Jadi foto tetap berkesan natural bukan efek digital. Kami pernah membahas fitur edit Snapseed yang paling berguna secara khusus.

Download Snapseed

3. Google Maps

mengenal informasi tempat di google maps

Google Maps adalah aplikasi peta, panduan kota, dan arahan. Lihat kan? Ini bedanya dengan Waze. Walau sama-sama dimiliki oleh Google, Maps memiliki fitur yang lebih banyak.

Kamu bisa mencari tempat nongkrong populer, mengirimnya ke temanmu, memasukkan ke daftar favorit, dan mendapat arah menuju ke sana. Kamu bahkan bisa memilih berangkat dengan apa (mobil, motor, kendaraan umum, atau jalan kaki).

Download Google Maps

Download Google Maps Go

4. Files by Google

aplikasi android files by google

Files by Google (ada juga yang bilang Google Files Go) adalah aplikasi penelusuran berkas (file manager). Namun fiturnya yang paling keren adalah untuk membersihkan berkas yang sudah tidak berguna. Aplikasi Android ini akan memberi saran berkas apa saja yang bisa kamu hapus atau kamu bisa memilihnya sendiri.

Fitur lain yang tidak kalah keren adalah mengirim berkas ke handphone Android lain, tanpa koneksi internet. Ini bisa membantu kamu mengirim dokumen atau apa pun ke teman dengan cepat.

Download Files by Google

5. AirDroid

airdroid pc transfer file android

AirDroid adalah aplikasi yang berguna untuk mengirim berkas antar perangkat. Bisa antar handphone atau ke komputer. Bisa dengan koneksi internet atau secara lokal dengan Wi-Fi.

Aplikasi ini membuat saya meninggalkan kabel data. Dengan mudah dan cepat proses transfer bisa dilakukan. Selain itu, fitur di dalamnya memang fokus untuk transfer berkas, tidak penuh dengan fitur lain yang tidak sesuai.

Download AirDroid

6. InShot

aplikasi android inshot

InShot merupakan salah satu aplikasi video editor terbaik Android. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, termasuk edit foto dan kolase. Alat editing-nya sangat lengkap. Mulai dari trim durasi, filter, menambah musik, menambah teks, mengatur kecepatan, sampai cropping video.

Selain lengkap, aplikasi Android ini juga punya tampilan yang keren, tidak ribet dan mudah dipakai. Dengan semakin populernya media video, aplikasi editor seperti InShot cukup wajib dimiliki.

Download InShot

7. Gaming Mode

aplikasi game mode

Gaming Mode adalah aplikasi yang membantu kamu untuk tidak terganggu notifikasi saat main game. Tapi tidak hanya itu, seperti Game Genie di ASUS ZenUI, aplikasi ini juga bisa mengoptimalkan performa dengan menghentikan aplikasi yang bekerja di latar belakang. Kamu pun bisa mengaturnya sesuai kebutuhanmu.

Download Gaming Mode

%d blogger menyukai ini: