Kenapa iPhone Lemot? Apple Menjawabnya

kenapa iphone lemot

Biasanya, handphone Android-lah yang sering dituding gampang lemot. Tapi bukan berarti iPhone lemot tidak terjadi. Ada dan tidak sedikit. Hal itu menimbulkan tuduhan buruk, dan Apple harus menjawabnya.

Handphone Android memiliki tingkat fragmentasi tinggi. Hampir tiap merk memiliki versi Android atau launcher sendiri. Misalnya MIUI, Touch Wiz, ZenUI, dll. Belum lagi update Android yang tidak sama di semua perangkat. Hal ini sering dituduh sebagai sebab Android yang tidak optimal, butuh dapur pacu besar, dan mudah lemot.

Kasus iPhone berbeda. Apple hanya mengembangkan iOS untuk iPhone dan iPad. Jadi prosesnya lebih selaras daripada Android. Baik dari sisi fitur dan update sistem operasi. Hal ini memberi anggapan bahwa iPhone lebih stabil daripada Android.

Tapi sekali lagi, iPhone lemot bukanlah mitos.

BACA JUGA
Rumor iPhone SE 2 Yang Akan Rilis Tahun 2018

Hasil Tes Benchmark Menunjukkan iPhone Lemot

Beberapa waktu lalu muncul kiriman di forum r/iPhone Reddit yang menunjukkan hasil benchmark iPhone 6s (dengan menggunakan Geekbench). Kemudian muncul artikel di blog Geekbench (ditulis oleh John Poole) yang juga melakukan tes lebih jauh (dengan iPhone 6s dan iPhone 7). Kedua hal itu menunjukkan iPhone menjadi lambat seiring waktu berjalan.

Tuduhan pun muncul. Apple sengaja membuat iPhone lemot agar pengguna mengganti dengan iPhone yang lebih baru. Tuduhan ini semakin diperkuat dengan adanya anggapan bahwa Apple di bawah pimpinan Tim Cook berbeda dengan di bawah Steve Jobs.

Apple dituduh lebih mengutamakan penjualan daripada kualitas dan inovasi. Apalagi dalam dua tahun ini Jony Ive tidak memimpin langsung divisi desain Apple. Mungkin bisa terlihat perkembangan produk Apple yang melambat dalam beberapa tahun terakhir.

Tapi apakah benar begitu? Apple kemudian menjawab dan memberi penjelasan.

BACA JUGA
8 Hal Yang Harus Dipertimbangan Sebelum Beli iPhone X

Umur Baterai dan Optimasi Sistem

Oke, kita bisa memahami bahwa seiring waktu, sistem operasi beserta aplikasi berkembang. Sementara kondisi perangkat keras akan menurun. Saya sebagai pengguna Macbook Pro pun mengalaminya. Tapi dalam hal ini umur laptop saya cukup panjang.

Lalu bagaimana dengan kasus di atas? Ternyata, penyebab utamanya adalah baterai. Seiring penggunaan, baterai akan melemah. Ketika kondisi baterai lemah dan iPhone bekerja keras (sampai puncak kemampuan prosesor), baterai tidak mampu mengakomodasi daya. Lalu iPhone akan mati sendiri.

Tahun lalu, Apple merilis perbaikan untuk masalah tersebut. Apple sengaja memperlambat kinerja iPhone, agar baterai lebih mampu bertahan, dan sistem tidak mati mendadak. Apple memberi penjelasan pada Tech Crunch soal ini.

Our goal is to deliver the best experience for customers, which includes overall performance and prolonging the life of their devices. Lithium-ion batteries become less capable of supplying peak current demands when in cold conditions, have a low battery charge or as they age over time, which can result in the device unexpectedly shutting down to protect its electronic components.

Last year we released a feature for iPhone 6, iPhone 6s and iPhone SE to smooth out the instantaneous peaks only when needed to prevent the device from unexpectedly shutting down during these conditions. We’ve now extended that feature to iPhone 7 with iOS 11.2, and plan to add support for other products in the future.

Apa solusi iPhone Lemot?

Kalau iPhone milikmu memang sudah berumur (paling tidak lebih dari dua-tiga tahun), ya tidak heran. Memang sudah saatnya “lem biru” (lempar beli baru). Tapi kalau iPhone-mu masih layak atau kamu ingin solusi yang lebih murah, coba ganti baterai dengan yang baru.

Posting di r/iphone Reddit di atas pun membuktikan itu. Di sana ada foto screenshot hasil benchmark sebelum dan sesudah mengganti baterai iPhone 6s. Hasilnya cukup signifikan.

perbandingan sebelum dan sesudah ganti baterai penyebab iphone lemot

Perbandingan performa sebelum dan sesudah ganti baterai iPhone

Terjawab sudah permasalahan soal iPhone lemot. Selain karena perangkat keras lain yang sudah tidak relevan dengan teknologi terbaru, baterai adalah penyebabnya. Jadi, kalau iPhone milikmu mulai melambat kinerjanya, coba ganti baterainya. Tentu solusi ini lebih murah daripada ganti handphone baru, atau ganti iPhone baru. Ya kan?

Ada komentar?