5 Kesalahan Pengguna iPhone Baru yang Sering Dilakukan

Indri Penulis

Ada beberapa kesalahan pengguna iPhone pemula yang sering dilakukan. Apa saja sih kesalahan itu? Kita cek bareng-bareng yuk.

Kamu baru beli iPhone untuk pertama kalinya? Wah rasanya pasti senang ya. Akhirnya kamu bisa mendapatkan ponsel idamanmu.

Tapi sebelum kamu happy-happy bareng iPhone barumu itu, mungkin ulasan ini bakal sedikit membantumu menghindari kerusakan yang mungkin terjadi.

Selain itu, beberapa tips ini juga akan membantumu kalau kamu mau ganti ke iPhone yang lebih baru. Jadi perhatikan ya.

Kesalahan Umum Pengguna iPhone Baru

1. Tidak Mencadangkan Perangkat Secara Teratur

Sebagai gadget yang selalu kamu pakai setiap harinya, iPhone jelas berisa data penting seperti kontak, foto dan juga pesan. Kehilangan data-data seperti itu jelas bakal jadi pukulan tersendiri buat kamu. Apalagi kalau kamu nggak rutin melakukan pencadangan data.

Kalau kamu menggunakan fitur iCloud Backup, data kamu akan dicadangkan secara otomatis selama ponselmu terhubung ke Wi-Fi dan charger.

Untuk melakukan pencadangan, kamu bisa membuka “Settings.” Klik namamu di bagian atas layar dan pilihlah “iCloud.” Kemudian scroll layar ke bawah dan aktifkan fitur “iCloud Backup.”

2. Tidak Mengonfigurasi “Find My iPhone”

Mungkin menurutmu fitur ini nggak ‘penting-penting amat.’ Tapi sebenarnya fitur Find My iPhone ini memungkinkan kamu menemukan ponselmu kalau misalnya hilang / dicuri lho.

Untuk mengatur Find My iPhone, buka “Settings” dan klik namamu di bagian atas layar dan pilih “iCloud.” Selanjutnya scroll layar ke bawah dan aktifkan fitur “Find My iPhone.” Kamu juga bisa mengaktifkan fitur “Send Last Location” untuk mengirim lokasi perangkatmu ke Apple ketika baterai hampir habis.

3. Tidak Memakai Casing Pelindung

iPhone notabene adalah ponsel yang terkenal mahal harganya. Namanya produk mahal, jelas perlu dirawat ekstra supaya nggak cepat rusak dong.

Nah kesalahan pengguna iPhone baru biasanya tidak memakai casing pelindung. Padahal ini penting banget lho. Siapa tahu iPhone jatuh ke lantai. Bayangkan kalau nggak pakai casing pelindung, bisa hancur / pecah tuh ponsel. Tapi kalau kamu pakai casing pelindung, setidaknya kerusakan yang bakal terjadi saat ponsel jatuh ke lantai bisa diminimalisir.

4. Tidak Pakai Fitur “Optimized Battery Charging”

Sebagai ponsel modern, mayoritas iPhone sudah menggunakan jenis baterai lithium-ion. Tapi lama kelamaan, pasti kualitas baterai yang ada pada iPhone-mu tetap akan menurun. Itu artinya, kualitas pengisian daya baterai tidak akan sama lagi seperti saat masih baru.

Walau proses penuaan baterai seperti ini nggak bisa dihindari. Tapi setidaknya kamu bisa memperlambat penuaan baterai. Salah satunya dengan menjaga kesehatan baterai iPhone-mu pakai fitur Optimized Battery Charging.

Fitur ini mampu menunda tahap akhir pengisian, sampai kamu benar-benar perlu menggunakan ponselmu lagi. Dengan begitu, baterai iPhone milikmu tidak cepat rusak.

5. Pakai Aksesori Ilegal

Anggaplah kamu nggak sengaja menghilangkan / merusak charger iPhone-mu. Kamu mungkin bakal senang kalau menemukan charger yang kompatibel sama iPhone, tapi harganya murah (walaupun bukan aksesori original bikinan Apple).

Nggak bisa dipungkiri, siapapun pasti akan tergoda untuk membeli aksesori semacam itu. Tapi kamu juga harus tahu, aksesori nggak resmi seperti itu bisa bikin iPhone cepat rusak. Charger yang tidak berlisensi jelas tidak menjalani pengujian keamanan ketat seperti aksesori resmi / berlisensi Apple. Makanya dia bisa membahayakan ponselmu nantinya.

Oke, itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna iPhone baru. Nah, kalau kondisinya tetap baik, jelas nilai jual iPhone juga tinggi. Bagaimanapun juga, produk Apple terkenal mahal. Jadi sayang banget kan kalau misalnya iPhone-mu cepat rusak dan turun harganya.

    %d blogger menyukai ini: