Sumber Gambar : dailymail.co.uk/

7 Keuntungan Menggunakan Mode Gelap di Sosial Media

Bagi kamu para pengguna hp pintar, pasti sudah tak asing lagi dengan mode gelap. Mode gelap merupakan suatu fitur yang bisa memberikanmu tampilan lebih gelap pada layar smartphone.

Bukan hanya lebih gelap, saat kamu mengaktifkan mode gelap ini, tampilan layarmu akan memiliki background warna-warna gelap.  Hal ini tentu saja membuat matamu tak mudah lelah saat mengoperasikan smartphone atau perangkat sejenisnya.

Mode gelap atau dark mode di media sosial pertama kali diluncurkan oleh Twitter pada tahun 2016 lalu. Sejak saat itu, beberapa platform terkenal pun ikut menerapkan mode ini.

Mulai dari Telegram, Reddit, OS Mojave Apple, bahkan Youtube. Lalu, apa sih manfaat menggunakan mode gelap ini? Berikut ini  adalah beberapa yang utama dari manfaatnya!

Menciptakan kontras yang lebih baik

Sumber Gambar : dailymail.co.uk/

Salah satu fungsi mode gelap ialah menjadikan kontras layar smartphone menjadi lebih baik. Hal ini karena cahaya yang keluar akan diminimalisir, sehingga tidak terlalu terang saat berada di tempat gelap.

Mengurangi kelelahan mata

Sumber Gambar : invisioncare.com

Kelelahan mata akibat cahaya silau dari gadget bisa dikurangi dengan dark mode. Bagi orang dengan kondisi mata yang mengalami gangguan medis seperti photophobia, dark mode tentu diyakini dapat mengurangi mata pegal.

Menerapkan mode gelap nyatanya mampu membantu mengurangi kelelahan mata akibat terus menerus menatap layar.

Cahaya yang tak terlalu banyak inilah, yang membuat mata tidak harus bekerja lebih keras untuk mengedipkan kelopak agar kondisi mata selalu basah.

 Mengurangi cahaya biru pada smartphone

Sumber Gambar : blog.nerdalert.com

Cahaya biru yang keluar dari smartphone merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit-penyakit berbahaya dalam tubuh.

Salah satunya ialah kanker. Namun, dengan menggunakan mode gelap akan meminimalisir cahaya biru yang keluar,  tubuh juga akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit berbahaya akibat paparan cahaya biru itu sendiri.

Memperjelas tulisan

Sumber Gambar : digitaltrends.com

Ketika mode gelap mulai diterapkan, cahaya dari layar smartphone yang berkurang akan membuat mata lebih fokus terhadap hal-hal yang berada didalam layar smartphone.

Beberapa warna juga lebih menonojol pada latar belakang hitam daripada putih, sehingga akan  membantu saat mecoba menyorot informasi tertentu pada sebuah halaman.

Sehingga pengguna juga tidak akan merasa kesulitan dan mampu membaca tulisan lebih jelas

Menghemat baterai

Sumber Gambar : videoblocks.com

Mode terang pada smartphone yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dapat menghabiskan baterai enam kali lebih cepat daripada pengunaan mode gelap.

Hal ini disebabkan karena lebih banyaknya kontras cahaya yang dihasilkan, sehingga smartphone mudah panas dan baterai cepat habis.

Fitur ini pun diklaim mampu menghemat baterai karena menurunkan kecerahan layar yang otomatis tak banyak memakan daya.

Membuat penggunanya mudah tidur

Sumber Gambar : pexels.com/ivanobolensky

Berkurangnya cahaya biru ternyata berakibat baik loh terhadap sistem kerja otak. Sebab, dalam kondisi tersebut, tubuh lebih mudah memproduksi melatonin atau hormon yang memberi perintah pada badan untuk tidur.

Hasilnya, tubuh akan lebih mudah tertidur dan beristirahat. Sehingga tubuh akan bugar kembali.

Membuat tampilan lebih keren

Sumber Gambar : gadgetplus.co.id

Redupnya layar smartphone ketika menggunakan mode gelap ternyata juga berdampak pada berubahnya tampilan media sosial yang digunakan.

Biasanya, ketika hal ini berlangsung, background pada tampilan tersebut akan berubah warna menjadi hitam dan terlihat lebih elegan. Ini sangat cocok buat kalian yang  tidak suka layar handphone terlalu terang.

Penggunaan mode gelap nyatanya banyak mengandung manfaat dan keuntungan, namun mungkin belum banyak  yang menyadari manfaat dan keuntungan menggunakan mode ini.

Beberapa platform seperti WhatsApp dan Facebook Messenger pun berencana merilis mode gelap pada tahun ini.

More Stories
Aplikasi Twitter Tweetium Resmi Hadir di Windows Phone dan Windows