Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Enaknya Pakai Aplikasi Microsoft Teams Untuk Diskusi dan Kolaborasi

Anom Penulis

Saat ini kamu bisa menemukan berbagai aplikasi chatting untuk kerja tim atau konferensi video. Kali ini kami mau membahas kenapa Microsoft Teams enak dipakai untuk diskusi bersama tim atau sekedar ngobrol dengan teman dan anggota keluarga.

Sebagian besar keunggulan aplikasi chatting untuk tim — seperti Teams ini — dibanding dengan aplikasi pesan biasa, ada di struktur aplikasi itu sendiri. Lalu karena berbasis kerja tim — biasanya dipakai untuk keperluan kantor — aplikasi seperti ini punya fitur tersendiri.

popculture.id

Tentang Teams

Sebelum membahas lebih jauh, ada bagusnya kamu kenali dulu aplikasi ini. Ya kalau belum tahu sih.

Apa itu Microsoft Teams?

Microsoft Teams adalah platform komunikasi dari Microsoft. Layanan ini awalnya dibuat untuk keperluan bisnis, namun kini juga sudah mendukung keperluan pribadi. Microsoft Teams mendukung percakapan teks, panggilan suara, maupun konferensi video.

Dari sisi struktur aplikasi, Teams mirip dengan Slack yang sering dianggap jadi kompetitornya. Selain itu, Teams juga bisa disebut mirip dengan Discord, walau ada fungsi yang berbeda.

Ketersediaan Aplikasi

Aplikasi Microsoft Teams tersedia di berbagai platform dan perangkat, baik di desktop (Windows, Mac, dan Web) maupun di perangkat seluler (Android dan iOS).

Keunggulan Teams

Nah, kalau kamu mencari aplikasi yang cocok untuk ngobrol lebih serius dengan teman — misalnya menggarap proyek tertentu — hal berikut ini bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih Microsoft Teams. Hm, tentunya kalau memakai akun profesional Microsoft 365 akan lebih menguntungkan.

1. Mendukung Akun Pribadi dan Profesional

Ya, kamu bisa memakai akun pribadi dan akun profesional (kerja atau sekolah) sekaligus. Akun pribadi memakai akun Microsoft pada umumnya (outlook.com). Sementara akun kerja atau edukasi (profesional) memakai akun Microsoft 365. Beralih dari satu akun ke akun lain pun mudah dilakukan lewat bilah samping (sidebar).

2. Percakapan dalam Tim dan Kanal

Kalau kamu memakai akun profesional, kamu bisa membuat grup berdasar tim. Jadi orang yang tidak berkepentingan tidak perlu ikut dalam grup. Lalu, di dalamnya, kamu bisa membuat kanal-kanal percakpan berdasar keperluan atau tema.

Lalu apa beda percakapan Tim dan Kanal di Teams dengan grup WhatsApp? Yah, susunan percakapan grup tidak tercampur dengan percakapan lain. Kamu bisa dengan mudah melihat masing-masing tim.

3. Percakapan Tim dalam Bentuk Thread

Hal satu ini sangat memudahkan. Percakapan di dalam kanal Tim berbentuk thread. Jadi seperti thread di Twitter atau kiriman Facebook beserta komentarnya. Jadi satu kamu tetap bisa membahas topik tertentu dalan alur percakapan yang sama.

Ini berbeda dengan aplikasi pesan biasa, seperti WhatsApp, yang kiriman pesan di grup bisa bercampur aduk (misanya lagi mau menentukan jadwal, tahu-tahu salah satu ngobrol soal makanan). Kamu tetap bisa mengikuti percakapan atau melihat balasan dari kanal bersangkutan atau dari halaman Aktivitas.

4. File Tetap Terlacak

Tidak jarang dalam berbagai obrolan kita berbagi berkas (file). Nah, di Microsoft Teams — baik akun pribadi maupun profesional — ada halaman untuk Files sehingga kamu tetap bisa melacak berkas apa saja yang pernah dibagi.

Berkas itu akan terintegrasi dengan penyimpanan Microsoft OneDrive. Jadi sewaktu-waktu kamu membutuhkan kamu tetap bisa mendapatkannya.

5. Integrasi Aplikasi Lain

Kalau kamu memakai aplikasi Teams dengan akun profesional, kamu juga bisa mendaat keuntungan integrasi dengan aplikasi lain. Ya, yang terutama tentu saja berbagai aplikasi Microsoft 365, seperti Office.

Misalnya, di dalam percakapan Tim, kamu bisa menambah halaman khusus untuk Wiki dan Task. Wiki berguna untuk menaruh informasi umum sehubungan dengan Kanal bersangkutan (misalnya aturan ngobrol, tips, dll). Integrasi aplikasi ini akan memudahkanmu mengelola pekerjaan dalam satu tempat.

6. Ada Banyak Fitur untuk Konferensi Video

Salah satu keunggulan Microsoft Teams adalah dukungan konferensi video tanpa harus memakai aplikasi lain. Kamu bisa membuat jadwal pertemuan, mengundang peserta, dll sekaligus. Lalu, konferensi video di Teams pun memiliki banyak fitur, seperti berbagi layar, mengganti latar, berbagi file, mode bersama, dll.

    %d blogger menyukai ini: