Nantinya Kita Bisa Bayar Play Store Pakai Uang Tunai

Pada tanggal 9 Mei 2019, Google ungkap akan meluncurkan fitur Play Store terbaru. Fitur ini dinamakan ‘Pending Transactions’ untuk bisa bayar tunai di Play Store.

Saat ini platform Android mendapat lebih banyak unduhan aplikasi dibanding iOS. Tapi untuk masalah pendapatan, App Store masih tetap mendominasi.

Google pun bertujuan untuk memperkecil kesenjangan tersebut. Kali ini Google sengaja fokus kepada pengguna di pasar negara berkembang untuk bisa bayar aplikasi di Play Store secara tunai.

Google mengatakan kedepan akan rilis fitur ‘Pending Transactions’. Hal ini diungkapkan dalam acara konferensi Google I/O Developer 2019, di California, Amerika Serikat.

Sumber Gambar : 9to5Google

Fitur ini menyajikan cara pembayaran berbeda kepada pengguna. Hal ini ditujukan untuk pengguna yang tidak punya kartu kredit, atau bentuk pembayaran online lainnya.

Pemilik kartu kredit di negara berkembang belum mendominasi. Inilah yang membuat pengguna di negara berkembang lebih suka aplikasi gratisan daripada berbayar.

Sebenarnya Google sudah meluncurkan opsi pembayaran lain. Beberapa opsi pembayaran seperti dukungan UPI di India, eWallets, hingga penagihan operator.

Bahkan pada tahun 2018, Google telah menambah 20 kemitraan penagihan operator. Jadi total operator yang mendukung opsi ini lebih dari 170 di seluruh dunia.

Sayangnya tagihan operator bukan opsi universal. Sebab opsi ini tidak selalu menjadi pilihan pengguna Play Store.

Google berinisiatif menjangkau pengguna yang lebih mengandalkan uang tunai. Oleh karena itu mereka kini meluncurkan opsi pembayaran lainnya.

Opsi Alternatif Bagi Pengguna Non Kartu Kredit

Pengguna Android bisa memilih metode pembayaran alternatif saat membayar aplikasi. Namun metode pembayaran kali ini tidak perlu menggunakan kartu kredit.

Sumber Gambar : Phone Dog

Pengguna akan memperoleh kode pembayaran. Kode tersebut dapat digunakan untuk membayar pembelian secara tunai di toko terdekat.

Setelah di toko, pengguna dapat menunjukkan kode tersebut ke kasir. Dalam waktu 10 menit setelah transaksi selesai, pengguna akan mendapat bukti pembayaran.

Sistem ini memang membuat transaksi di Play Store lebih mudah. Tapi jika pengguna ingin pengembalian dana, maka hal tersebut tidak bisa dilakukan.

Opsi Pending Transactions adalah salah satu pembaharuan dari Google Play Billing Library (versi 2.0). Google berharap opsi ini dapat meningkatkan jumlah transaksi pengguna di negara berkembang.

More Stories
Smoked By Windows Phone Challenge