ASUS dan Unity Berkolaborasi Untuk Fitur dan Aksesori ROG Phone

Pada awal bulan Juni 2020, ASUS menjadi “Verified Solution Partner” dari Unity Technologies. Kolaborasi ASUS dan Unity ini akan membuka lebih banyak game yang bisa mendukung fitur dan aksesori ROG Phone.

Seperti kita ketahui, ASUS melalui bendera Republic of Gamers (ROG) menjadi salah satu platform terbesar untuk perangkat game. Dalam beberapa tahun terakhir ini, ASUS juga merambah smartphone sebagai salah satu lini ROG.

Seperti perangkat lainnya, ROG Phone dibekali berbagai fitur dan aksesori khusus game oleh ASUS. Namun, walau smartphone sudah menjadi salah satu pilihan perangkat untuk main game, belum terdapat dukungan penuh secara luas dari game yang ada. Kolaborasi ASUS dan Unity ini bisa merubah hal tersebut.

Unity sendiri merupakan salah satu platform untuk mengembangkan dan mengoperasikan konten real-time 3D. Platform ini merupakan salah satu yang banyak dipakai untuk mengembangkan game.

Bentuk Kerjasama ASUS dan Unity

Sebagai “Verified Solution Partner” Unity, ASUS meyakinkan akan menyediakan SDK (software develipment kit) terbaru untuk Unity Editor. Dengan begitu pengembang game yang memakai Unity bisa secara eksklusif memanfaatkan berbagai fitur dan aksesori ROG Phone dengan lebih maksimal.

kontrol refresh rate

ASUS menyediakan sebuah plugin untuk Unity Editor terbaru yang mendukung lima fitur andalan ROG Phone yang bisa kita lihat dan atur di Armoury Crate. Ke-5 fitur itu adalah:

  • Refresh Rate Control β€” Dukungan untuk pilihan refresh rate layar baik 60/90/120Hz.
  • Performance Boost β€” Dukungan untuk pilihan performa game.
  • Aura Light β€” Lampu RGB di bagian belakang (yang bisa disinkronkan dengan perangkat lain).
  • Gamepad β€” Dukungan untuk kontroler fisik Kunai.
  • TwinView β€” Dukungan untuk aksesori dual-screen.
dukungan untuk kontroler game

Tentu kita bisa berharap akan lebih banyak lagi dukungan fitur lain. Apalagi rumor soal ROG Phone 3 sudah terdengar. Bisa jadi ada fitur baru lagi yang akan hadir.

Hal yang paling menarik di sini adalah platform smartphone khusus gaming semakin mapan. Perkembangannya bukan sekedar “spesifikasi dewa” saja, seperti refresh rate tinggi atau chipset canggih. Tapi sudah lebih mengarah pada ekosistem. Mirip seperti di laptop gaming.

dukungan untuk TwinView Dock

Dukungan untuk ekosistem yang lebih serius ini tentu bisa membuat game di smartphone dipandang dengan lebih serius juga. Baik dari sisi pengembang atau gamer itu sendiri.

Para pengembang lebih yakin memaksimalkan game mereka di smartphone. Harapannya tentu saja, akan semakin banyak game berkualitas tinggi hadir di Android. Para gamer pun bisa mencurahkan segala kemampuan mereka pada game yang mereka sukai.

Untuk urusan ekosistem game ini, harus kita akui kalau ASUS dengan lini ROG kembali menunjukkan kelasnya tersendiri.

%d blogger menyukai ini: