Hati-Hati! Inilah 5 Komponen Laptop yang Sering Rusak

Indri Penulis

Hati-hati ya, ternyata 5 komponen laptop ini sering rusak lho! Apa saja komponennya? Cek di sini buat tahu daftar lengkapnya.

Saat ini laptop menjadi salah satu benda elektronik yang paling sering dipakai orang. Entah untuk urusan pekerjaan, belajar mengajar, atau sekedar mencari hiburan.

Sayangnya karena sering dipakai, hal tersebut bisa membuat beberapa bagian laptop sering mengalami masalah. Apalagi ada beberapa komponen laptop yang memang gampang rusak.

Nah kali ini saya bakal membeberkan 5 komponen laptop yang sering rusak. Harapan saya sih setelah membaca artikel ini, kamu bisa lebih hati-hati dan ‘halus’ dalam memperlakukan laptopmu.

Hehehe. Kan sayang banget kalau harus sering ganti komponen laptop gara-gara rusak. Apalagi kalau kerusakannya karena kelalaian kita sendiri. Oke nggak pakai lama, ini dia daftarnya:

Keyboard

Sebagai komponen yang paling sering dipakai, rasanya nggak heran kalau keyboard paling gampang rusak. Biasanya masalahnya hampir sama, yakni salah satu atau beberapa tombol nggak berfungsi.

Sumber : AcerID

Lalu bagaimana cara mencegah keyboard biar nggak cepat rusak? Saran saya kamu harus menjaga kebersihan keyboard, jangan terlalu keras memainkan keyboard, dan juga jangan menutup laptop saat masih dalam keadaan panas.

Baterai dan Charger

Siapa nih yang baterai dan charger laptopnya sering rusak? Pasti banyak deh. Jangan heran ya, karena mereka berdua memang masuk dalam jajaran bagian yang rentan rusak.

Sumber ; Ali Express

Dimulai dari baterai terlebih dulu. Rusaknya komponen ini bisa dilihat dari kecepatan dia habis. Misalnya saat masih normal baterai bisa bertahan sampai 5 jam, saat rusak baterai hanya mampu bertahan 1 jam saja.

Kalau kerusakan charger biasanya paling sering berhubungan dengan kabelnya. Biasanya hal tersebut disebabkan karena kesalahan pengguna dalam menggulung kabelnya.

Speaker

Setuju nggak kalau komponen yang satu ini juga rentan mengalami kerusakan? Kerusakannya juga bervariasi. Ada yang speaker-nya nggak bisa menyala, atau bahkan speaker laptopnya pecah sehingga suara yang dihasilkan bakal terdengar ‘kresek-kresek.’

Sumber ; News18

Apa penyebab speaker laptop rusak? Biasanya speaker laptop akan cepat rusak kalau penggunanya sering memainkan volume hingga batas maksimal yakni 100%.

Untuk berjaga-jaga, mulai sekarang kamu bisa menggunakan volume di bawah 80% saja. Atau kalau tidak, kamu boleh memanfaatkan speaker eksternal biar suara kencang tanpa merusak komponen laptop.

Engsel Laptop

Terlihat kokoh dan mungkin nggak gampang rusak. Itulah anggapan sebagian orang terhadap engsel laptop. Tapi siapa sangka kalau bagian ini justru rentan rusak?

Sumber : CNN

Nah ini reminder buatmu. Mulai sekarang hati-hati ya saat berurusan dengan engsel laptop. Pastikan kamu membuka laptop dengan hati-hati, alias jangan pakai kekerasan. Oya, pastikan laptopmu tidak tertindih barang-barang berat. Pasalnya hal tersebut juga bisa bikin engsel laptop rusak.

Kipas Pendingin

Sudah bukan rahasia lagi kalau laptop pasti dibekali fan cooler atau kipas pendingin. Sesuai namanya, komponen ini bertugas untuk menjaga suhu laptop supaya nggak overheat.

Sumber : Homely Ville

Sayangnya komponen penting ini juga rentan mengalami kerusakan. Biasanya kalau kipas pendingin mengalami masalah, salah satu tandanya adalah laptop mudah panas.

Penyebab kipas pendingin bermasalah cukup beragam. Tapi penyebab yang paling sering terjadi adalah kipas pendingin laptop kotor. Hal tersebut membuat kipas pendingin tidak berfungsi dengan baik, dan proses pembuangan panas pada laptop menjadi tidak sempurna. Lalu apa solusinya? Gampang. Pastikan kamu selalu membersihkan laptopmu ya.

Itu tadi beberapa bagian laptop yang gampang rusak. Setelah mengetahui apa saja komponennya, kamu juga bisa baca beberapa kebiasaan yang bikin laptop cepat rusak. Ya supaya bisa lebih hati-hati lagi sih. ^_^

    %d blogger menyukai ini: