Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Ponsel Surface Duo Kini Dukung Kontroler Game Virtual di Layar Kedua

surface duo virtual game controller
Anom Penulis

Salah satu skenario yang pas untuk smartphone layar ganda atau lipat adalah memiliki kontroler game di layar kedua, sementara layar pertama menampilkan permainan di layar pertama. Ponsel Surface Duo dari Microsoft kini mendukung fitur kontroler game tersebut.

Memang, perangkat Surface Duo tidak tersedia secara luas (tidak tersedia secara global). Seperti perangkat Surface lain, ponsel ini menjadi contoh kategori perangkat baru dari Microsoft.

Walau layar ganda itu awalnya lebih ditunjukkan untuk multitasking produktivitas, salah satu fungsi idealnya ya seperti yang disebut di atas. Bisa menampilkan kontroler virtual secara terpisah. Dengan begitu kita bisa melihat tampilan game lebih lega, tanpa tertutup jari tangan.

Pimpinan divisi produk Microsoft, Panos Panay, memberitahu kehadiran dukungan kontroler virtual ini melalui Twitter. Ia menyebutkan kalau pemilik Surface Duo bisa menikmati main game dengan kontroler terpisah di layar kedua.

Namun untuk saat ini, fitur ini baru tersedia untuk game yang masuk dalam koleksi Xbox. Mereka yang berlangganan Xbox Game Pass Ultimate bisa memainkan lebih dari 50 permainan dengan kontroler ini.

Mungkin pengguna Surface Duo tidak banyak. Namun dengan fitur ini Microsoft menunjukkan apa yang bisa dilakukan dengan ponsel layar ganda.

Produsen smartphone lain saat ini lebih mengejar model ponsel lipat. Dari sisi fungsi, sebenarnya kedua jenis ini tidak jauh berbeda. Jadi kontroler virtual juga bisa jadi fitur menarik di ponsel lipat. Yah, tapi ini kelihatannya tergantung juga pada pengembang game mobile.

Nah, kalau ponsel lipat atau layar ganda sudah semakin banyak tersedia, apakah fitur ini akan menarik buatmu?