Kejutan Perangkat Dual-Screen Baru Microsoft Surface: Neo dan Duo

perangkat microsoft surface baru 2019

Microsoft sudah mengumumkan rangkaian perangkat baru Surface di tahun 2019 ini. Ada banyak kejutan di acara Microsoft tahun ini. Selain perangkat dual screen Surface Neo dan Duo, Microsoft juga memperkenalkan Windows 10X, dan beberapa chipset khusus untuk Surface.

Sejak memperkenalkan perangkat Surface pertama, Microsoft berusaha menghadirkan kategori perangkat baru. Surface, tentu saja, memperkenalkan perangkat hybrid 2-in-1. Sedangkan Surface Studio memperkenalkan komputer all-in-one yang powerful.

Kejutan terbesar di tahun ini adalah Surface Duo. Ya, karena perangkat ini adalah sebuah smartphone dual-screen dengan sistem operasi Android. Sungguh tidak terduga. Jika perangkat lain ada rumor dan bocorannya, perangkat ini benar-benar rahasia.

Nah, mari kita lihat perangkat Surface baru dari Microsoft.

Surface Laptop 3

Microsoft Surface 3 hadir dalam dua ukuran, 13 inci dan 15 inci. Versi 13 inci ditenagai oleh prosesor Intel Core Gen. 10. Sedangkan versi 15 inci dipersenjatai oleh chipset spesial AMD Ryzen Surface Edition. Microsoft bekerja sama dengan AMD secara khusus untuk mengembangkan chipset tersebut.

Sebelum ini, laptop Surface selalu menggunaka pelapis berbahan Alcantara. Namun kali ini, laptop Surface 3 juga tersedia dalam versi aluminium. Di samping itu, Microsoft memperbesar trackpad sebesar 20%, dan melengkapi laptopn ini dengan teknologi fast-charging yang bisa mengisi baterai sampai 80% dalam 1 jam.

Surface Pro 7

Secara keseluruhan, Microsoft masih mempertahankan sisi desain perangkat hybrid ini. Tapi kini Surface Pro 7 hadir dengan prosesor baru, Intel Core Generasi 10. Tablet ini juga dilengkapi dengan USB-A dan USB-C, dan Studio Mic baru. Walau menarik, tidak banyak kejutan di perangkat ini.

Surface Pro X

Surface Pro X menjadi kejutan pertama di acara Microsoft ini. Tablet ini menjadi perangkat Surface Pro paling tipis, paling ringan, dan paling canggih. Layar 13 inci miliknya hadir di bidang yang biasa ada di perangkat 12 inci.

Lalu, Microsoft bekerja sama dengan Qualcomm untuk mengembangkan chipset Microsoft SQ1 untuk Surface Pro X ini. Di samping itu, perangkat ini juga memakai Signature Keyboard baru, dengan docking tersembunyi (sekaligus mengisi daya) untuk Slim Pen baru.

Surface Earbuds

Sekarang memang jamannya earphone Bluetooth. Microsoft pun ingin terjun di sana. Tapi Surface Earbuds bukan sekedar earbuds biasa. Perangkat ini memiliki dukungan tidak hanya untuk perintah suara, tapi juga sentuhan.

Dengan tiga kali sentuh, kamu bisa langsung memutar lagu di Spotify dari smartphone tanpa harus membuka layar. Lalu earbuds ini juga memiliki integrasi dengan MS Office untuk perintah suara, bahkan juga teks caption dan terjemahan di Power Point.

Surface Neo

Inilah kejutan besar pertama dari Microsoft. Surface Neo adalah tablet lipat dengan layar ganda alias dual-screen. Masing-masing layar memiliki besar 9 inci. Layar tersebut bisa dibuka dan dilipat 360º.

Microsoft memang tidak melakukan pendekatan ala Samsung Galaxy Fold dengan layar yang bisa ditekuk. Namun, aplikasi yang dibuka di perangkat ini juga bisa hadir secara split-screen (satu aplikasi dua tampilan) atau utuh melebar (Microsoft menyebutnya spanning). Tentu saja, kita juga akan bisa memakai dua aplikasi berbeda berjejer.

Hal menarik lain adalah Surface Neo juga dilengkapi dengan keyboard yang menempel secara magnetik. Ketika di pasang di atas sebagian layar kedua, separuh layar tersebut bisa menjadi layar kecil yang tetap berguna. Bisa untuk kelengkapan mengetik (seperti untuk tempat emoji), untuk menggambar, atau menampilkan konten dalam jendela kecil.

Untuk itu, Microsoft mengembangkan versi khusus Windows. Namanya Windows 10X. Versi Windows ini hadir untuk perangkat dengan dual-screen di masa mendatang, dengan Neo sebagai ujung tombaknya.

Sayangnya, perangkat ini masih belum akan dirilis untuk publik. Microsoft merencanakan rilis resmi Surface Neo pada tahun 2020.

Surface Duo

Surface Duo mungkin menjadi perangkat yang paling mengegerkan yang diumumkan oleh Microsoft. Bukan hanya karena selama ini tidak ada rumor apa pun, tapi juga karena perangkat ini adalah sebuah smartphone lipat yang menggunakan Android.

Masing-masing layar Surface Duo berukuran 5,3 inci, yang kalau dibuka menjadi seluas 8,3 inci. Walau berbasis Android, perilaku aplikasi di perangkat ini sama seperti Surface Neo. Bisa dua aplikasi berbeda, bisa split-screen, dan bisa spanning. Microsoft menyebutkan kalau mereka bekerja sama dengan Google untuk hal ini (mengingat Android 10 juga mendukung layar lipat dan ganda).

Sama seperti Surface Neo, Surface Duo juga belum akan dirilis untuk publik. Microsoft juga merencanakan rilis resmi Surface Duo di tahun 2020.

Hm, kelihatannya impian fans Windows Phone dulu untuk perangkat Surface Phone akhirnya tercapai. Yah, walau bukan dalam bentuk murni smartphone.