Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Krisp: Mengurangi Gangguan Suara Saat Voice dan Video Call

Kamu sering melakukan voice atau video call? Sering merasa terganggu dengan suara di latar belakang? Tenang. Ada aplikasi bernama Krisp yang bisa membantu mengurangi gangguan suara saat melakukan voice atau video call.

Kamu yang sering bekerja jarak jauh β€” alias seorang digital nomad β€” pasti sering melakukan rapat online. Entah melalui voice call atau video call. Kadang, kamu tidak bisa menemukan tempat yang ideal atau sepi untuk melakukannya.

Kalau sudah begitu, tentu saja ada beberapa suara di latar belakang yang bisa mengganggu. Rapat yang seharusnya fokus pada diskusi akhirnya teralih oleh usaha untuk mendengar atau berbicara lebih baik.

Di sinilah aplikasi Krisp berperan.

Teknologi Noise Canceling dengan Neural Network

Dalam pengembangannya, tim pengembang aplikasi Krisp mengumpulkan 20 ribu jenis gangguan suara, 10 speaker berbeda, dan 2500 jam audio. Kemudian mereka mengembangkan neural network bernama Krisp DNN. Teknologi ini bisa mengenali dan menghapus berbagai gangguan suara.

Cara kerja aplikasi Krisp (gambar: Krisp)

Krisp berfungsi di berbagai aplikasi, baik di Windows maupun di macOS (versi mobile segera hadir). Aplikasi ini bekerja dengan menambah layar di antara mikrofon atau speaker dengan aplikasi voice/video call yang kamu pakai. Layar ini yang akan menyaring gangguan suara.

Cara Menggunakan Aplikasi Krisp

  1. Unduh dan pasang aplikasi Krisp.
  2. Buka aplikasi audio/video call.
  3. Masuk ke Setelan (Setting) dan cari pengaturan audio.
  4. Pilih Krisp sebagai microphone dan speaker.
  5. Aktifkan “Mute noise” di aplikasi Krisp.
Setelan audio untuk Krisp di Microsoft Teams

Setelan audio di aplikasi voice/video call bisa berbeda-beda. Contoh di atas adalah menggunakan aplikasi Microsoft Teams.

Sejauh yang pernah saya pakai β€” dari kesaksian teman diskusi di seberang β€” suara dari sisi saya jernih. Artinya aplikasi ini memang bisa mengurangi gangguan suara di latar belakang.

Aplikasi Krisp bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Namun versi gratis punya sedikit batasan. Setelah masa promosi 2 minggu, kamu hanya akan bisa menyaring gangguan suara untuk speaker.

Kalau mau mengurangi gangguan suara baik dari mikrofon dan speaker, kamu harus upgrade ke versi Premium. Biaya langganan versi premium adalah $20/pengguna/bulan atau kalau kamu bayar langsung 1 tahun menjadi $10/pengguna/bulan.

Nah, kalau kamu berminat, silakan kunjungi situs Krisp dan coba sendiri. Sekali lagi, bisa dipakai di Windows maupun di macOS.

Download

More Stories
Membuat Artwork Musik Menjadi Lock Screen Wallpaper