5 Hal yang Layak Dilakukan Sebelum Menjual Handphone

harga dan spesifikasi samsung galaxy s8

Menjual handphone lama mungkin kamu lakukan setelah membeli handphone baru. Selain itu kamu mungkin melakukan tukar tambah handphone. Tapi sudahkah kamu mempersiapkan handphone lama untuk diserahkan ke orang lain?

Hal paling dasar yang kamu lakukan sebelum menjual atau melakukan tukar tambah handphone adalah factory reset. Toh sebelum melakukan tindakan ini, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan.

[irp posts=”44000″ name=”Jangan Salah Pilih Saat Beli Handphone Second”]

Tentu saja tindakan untuk setiap merk handphone bisa berbeda. Tiap manufaktur memiliki fitur masing-masing. Jadi yang kami bahas ini mungkin hanya garis besar saja. Sesuaikan tindakan dengan handphone yang kamu punya.

Perhatikan akun yang kalian gunakan di handphone

Ada kemungkinan kamu menggunakan beberapa alamat email di satu handphone. Ada yang digunakan sebagai akun utama (menyimpan kontak, foto, dll), ada yang untuk akun media sosial berbeda, atau hal lainnya. Ada kemungkinan kamu memasang password berbeda di tiap akun tersebut.

Catat semua hal tersebut. Jangan sampai kamu lupa data pribadi saat menggunakan handphone baru. Walau pun mungkin bisa dipulihkan dengan “Forget your password“, prosesnya bisa cukup melelahkan.

Ada baiknya kamu menggunakan aplikasi password manager, seperti Enpass, Lastpass, Dashlane, 1Password, KeePass, dll. Aplikasi tersebut akan membantumu menyimpan dan mengatur daftar akun beserta password-nya.

Aplikasi password manager biasanya mendukung multi platform. Dengan demikian, kamu tetap bisa melacak akun dan password yang kamu gunakan sebelumnya.

Backup data

Backup semua data penting yang ada di handphone-mu. Mulai dari daftar kontak, foto, video, dokumen, dll. Walaupun backup sudah kamu lakukan secara berkala, lakukan kembali. Dengan demikian backup data merupakan yang terbaru.

Tergantung platform apa yang kamu gunakan. Kamu bisa backup kontak ke alamat email-mu. Kamu bisa backup foto, video, dan dokumen ke layanan cloud seperti Google Drive, iCloud, OneDrive, atau Dropbox.

Masing-masing platform juga biasanya memiliki prosedur untuk menyimpan catatan telpon (call logs) dan sms (Text Messages). Jangan lupa cek dan backup hal tersebut. Karena siapa tahu, ada percakapan penting yang pernah kalian lakukan.

Jangan lupa cek juga backup aplikasi lain seperti WhatsApp.

[irp posts=”38529″ name=”AOMEI Backupper: Software Backup Terbaik Windows 10″]

Keluar dari program beta platform

Cek apakah kamu ikut dalam program beta untuk platform yang kamu gunakan. Entah Android Beta, Apple iOS Beta Program, atau Windows Insider Program. Karena program tersebut terikat dengan perangkat, bukan dengan akunmu saja.

Tentu saja, orang yang membeli handphone-mu belum tentu mau ikut program seperti itu. Kalau kamu menjual handphone dalam kondisi seperti itu, kemungkinan pemilik baru harus melakukan prosedur roll back, dan hal itu akan merepotkan.

Jadi, keluarlah dari program beta menurut prosedur masing-masing platform.

Enkripsi data

Ada kalanya kamu menyimpan data yang sensitif di dalam handphone. Walau hal yang satu ini mungkin terlihat kurang lazim, tidak ada salahnya kamu melakukan enkripsi data. Ada kemungkinan factory reset tidak menghapus 100% data di dalam handphone.

Apapun data yang tertinggal, kalau ada yang berniat melihatnya, mereka akan lebih susah melakukannya.

Prosedur melakukan enkripsi data bisa berjalan lama. Setelah dienkripsi, handphone akan bekerja sedikit lebih lambat dari biasanya. Tapi toh setelah ini hanya ada satu hal lagi yang harus dilakukan.

Factory Reset

Melakukan factory reset akan menghapus semua data yang ada di dalam handphone, dan mengembalikannya seperti pada saat awal. Prosedur factory reset mungkin akan berbeda untuk tiap merk dan platform. Namun biasanya hal itu ada di bagian Setting.

Nah, setelah melakukan semua hal itu, kamu bisa menggosok handphone sampai mengkilat, menata kelengkapannya kembali, dan siap menjual handphone.

Jangan lupa traktir saya kalau kalian berhasil menjual handphone dengan harga bagus. ????

%d blogger menyukai ini: