4 Cara Mengatasi Lampu Indikator Laptop yang Menyala Terus

Indri Penulis

Cara mengatasi lampu indikator laptop yang menyala terus sangat mudah. Bisa dengan matikan Fast Startup, install driver baru dll.

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Laptop sudah kamu matikan, tapi lampu indikatornya masih tetap menyala. Kejadian seperti itu jelas membingungkan, apalagi buat pengguna awam, mereka pasti bakal panik. Kamu pun pasti bertanya-tanya, laptopmu itu sudah benar-benar mati apa belum. Ya nggak?

Apa penyebab lampu indikator laptop tidak bisa mati? Hal ini bisa terjadi karena ada masalah pada driver, masalah di System File Windows (crash), sampai masalah di hardware laptop.

Sebagian pengguna mungkin bakal menggunakan jalan pintas untuk mematikan lampu indikator laptop. Yakni dengan cara mematikan paksa laptop, alias memencet tombol Power secara terus-menerus. Lampu indikator memang bisa langsung mati sih, tapi sebaiknya mulai sekarang hindari cara seperti itu ya. Pasalnya mematikan laptop secara paksa justru bisa merusak perangkatmu secara perlahan.

Kali ini saya akan kasih beberapa tips dan cara untuk mengatasi lampu indikator laptop yang menyala terus. Oke, langsung saja kita simak sama-sama caranya.

Putuskan Sumber Daya

Pertama, jangan lupa untuk memutus sumber daya pada laptopmu. Siapa tahu laptop sudah kamu matikan, tapi ternyata charger-nya masih kamu colokkan ke laptop. Hm.. Jelas lampunya masih menyala deh. Hihihi.

Atur Setting-an Power Options

Metode kedua ini bisa kamu akses lewat Control Panel guys. Kamu ikuti saja beberapa langkah berikut ini:

  • Buka Control Panel (bisa langsung cari di fitur Search).
  • Setelah itu klik “Hardware and Sound.”
  • Lalu di Power Options, klik “Change what the power buttons do.”
  • Pilih “Shutdown” di bagian “When I press the power button” dan “When I close the lid.”
  • Kalau sudah, sekarang klik tombol “Save Changes.”

Kalau metode kedua masih nggak mempan, kamu bisa hilangkan centang pada bagian “Turn on fast startup.” Setelah itu, coba matikan laptopmu dan lihat apa yang terjadi. Kalau ternyata masih gagal, kembalikan lagi tanda centang seperti semula.

Install Driver Versi Terbaru

Lampu indikator yang nggak mau mati bisa jadi disebabkan karena driver kadaluarsa. Solusinya, kamu bisa download driver versi terbaru di situs resmi laptopmu. Misal laptopmu merek ASUS, kamu bisa mengunjungi halaman resmi ASUS dan carilah driver yang sesuai dengan tipe/seri laptopmu.

Sedikit info, biasanya bagian driver yang sering mengalami masalah adalah Chipset, IME (Intel Management Engine), atau TXE_Intel.

Update Windows

Lho, tapi Windows-ku sudah update versi terbaru kok.”

Nah kalau kejadiannya seperti itu, berarti solusinya kamu harus melakukan install ulang. Siapa tahu ada file korup yang menyebabkan lampu indikator laptopmu nggak mau mati.

    %d blogger menyukai ini: