Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

ASUS Chromebook C214 dan C204, Laptop Terbaik untuk Edukasi Anak

Indri Penulis

Mencari laptop edukasi untuk anak harus yang sesuai. Sebagai pertimbangan, kalian mungkin bisa coba ASUS Chromebook C214 dan C204.

Edukasi di era modern saat ini tidak bisa dilepaskan dari perangkat digital seperti laptop. Bukan cuma untuk mahasiswa dan siswa remaja, tapi anak-anak usia dini pun mulai dikenalkan dengan perangkat komputasi seperti laptop.

Oleh karena itu, memilih laptop edukasi yang tepat untuk anak sangat penting. Apalagi yang di dalamnya telah dibekali pendukung pembelajaran interaktif untuk anak.

Untuk itulah ASUS menghadirkan Chromebook C214 dan C204. Sesuai namanya, keduanya berbasis Chrome OS yang dirancang khusus untuk pemakai di bidang edukasi. Dengan kata lain, Chromebook C214 dan C204 adalah laptop yang ramah untuk anak-anak.

ASUS Chromebook C214 – Sumber Gambar : ASUS

Keunggulan ASUS Chromebook C214 dan C204

Desain Ringkas, Ringan dan Tahan Banting

Kedua laptop ini sangat ringan karena memiliki bobot maksimal hanya 1,2kg. Laptop ini juga sangat ringas. Membuatnya mudah dimasukkan ke dalam tas anak dan dibawa bepergian ke mana saja.

Laptop ini telah dibekali fitur anti-glare di layar. Dengan fitur ini, anak-anak bisa memakai laptop di luar ruangan dengan nyaman tanpa terasa silau di layar.

ASUS Chromebook C204 – Sumber Gambar : ASUS

Karena dipakai anak-anak, laptop biasanya punya resiko rusak lebih tinggi. Tapi tenang, kedua laptop ini punya fitur spill dan tamper resistant pada keyboard. Fitur ini membuat keyboard tahan dari tumpahan air. Ada juga key caps yang membuat tombol tidak mudah dicongkel anak.

Chromebook C214 dan C204 hadir dengan bodi 3D-textured finish, agar lebih tahan gores. Finishing pada bodi laptop juga dirancang agar tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari setelah dipegang.

ASUS Chromebook C204 – Sumber Gambar : ASUS

Selanjutnya, Chromebook anak ini dilengkapi lapisan pelindung berbahan karet di sekeliling bodinya. Ini akan melindungi laptop saat terbentur atau terjatuh.

Bagian internal kedua laptop ini juga diperkuat dengan struktur khusus berbahan logam sehingga keseluruhan bodinya lebih tahan banting.

Interaktif Sekaligus Produktif

Karena dirancang untuk edukasi anak, Chromebook C214 dan C204 punya aplikasi dan layanan khusus seperti Google Classroom. Chrome OS juga punya interface simpel dan mudah dipakai anak.

Kedua perangkat juga menghadirkan teknologi layar sentuh, yang mendukung hingga 10 titik sentuh. Lewat fitur ini, anak bisa belajar dengan lebih interaktif lewat gesture sentuh dari Chrome OS.

ASUS Chromebook C2114 (360 derajat) – Sumber Gambar : ASUS

Khusus Chromebook C214, tipe layar laptop ini adalah flip screen yang bisa diputar 360 derajat. Laptop ini juga mendukung stylus. Membuatnya bisa dipakai sebagai papan gambar digital dan cocok untuk mengasah kreativitas anak.

Powerful untuk Edukasi dan Mudah Di-Maintenance

Chromebook C214 dan C204 ditenagai prosesor Intel Celeron N4000. Keduanya dibekali memori DDR4 RAM sebesar 4GB dan penyimpanan aMMC hingga 32GB yang bisa diandalkan untuk multitasking di Chrome OS.

Kedua perangkat juga hadir dengan fitur gratis berlangganan layanan Google One selama satu tahun. Layanan tersebut termasuk penyimpanan awan (cloud storage) hingga 100GB.

Di sisi lain, Chromebook C214 dan C204 juga unggul dalam hal konektivitas. Keduanya dibekali port mulai dari USB Type-A dan dua Type-C (mendukung USB Power Delivery), combo audio jack, hingga pembaca kartu MicroSD.

ASUS Chromebook C214 – Sumber Gambar : ASUS

Untuk konektivitas nirkabel, laptop ini mengandalkan WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 5.0. Oya, kedua laptop ini juga ideal untuk digunakan sebagai perangkat belajar online karena sudah dilengkapi dengan kamera HD.

Salah satu yang paling menarik dari ASUS Chromebook C214 dan C204 adalah ketahanan baterainya. Keduanya dapat bertahan hingga 11 jam penggunaan, sangat cukup untuk menemani kegiatan belajar anak-anak seharian.

Terakhir, kedua laptop ini sangat mudah di-maintenance. Hampir semua komponen laptop mudah diakses. Membuatnya cocok dipakai sebagai perangkat pembelajaran di sekolah, yang kebanyakan memiliki staf IT.

Soal masalah harga, Chromebook C214 dibanderol dengan harga Rp5.069.000, sementara Chromebook C204 dibanderol dengan harga Rp5.389.000.

    %d blogger menyukai ini: