SIMPEL! Begini Tips Memakai Google Classroom Tanpa Internet

Tidak punya akses internet tapi harus belajar lewat Google Classroom? Jangan Khawatir. Begini tips memakai Google Classroom tanpa internet.

Pandemi COVID-19 memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring di rumah. Guru dan siswa pun sekarang mulai terbiasa dengan istilah aplikasi dan layanan belajar online.

Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai belajar online. Salah satu aplikasi atau layanan yang paling banyak dipakai belajar online adalah Google Classroom.

Pertanyaannya, bagaimana cara pakai Google Classroom kalau siswa atau guru tidak punya akses internet? Tenang. Kamu bisa baca tips memakai Google Classroom tanpa internet berikut ini.

Sumber Gambar : RSC Educations

Tips Pakai Google Classroom Tanpa Internet

Masyarakat Indonesia saat ini pasti sudah tidak asing dengan istilah internet. Apalagi zaman sekarang, apa-apa dilakukan secara online dengan bantuan internet.

Walau begitu, tidak sedikit penduduk Indonesia yang kekurangan akses internet. Bahkan sebagian lagi, ada yang tidak memiliki akses internet sama sekali.

Keterbatasan ini tentu membuat kegiatan belajar selama pandemi COVID-19 terganggu. Tapi bagi pengguna Google Classroom, kalian tidak perlu khawatir.

Kalian tetap bisa memakai Google Classroom walau tidak punya akses internet. Karena Google Classroom sudah memiliki fitur offline.

Hanya admin G Suite yang dapat mengatur akses offline ke semua orang (guru dan siswa). Kalau akses sudah dibuka, guru dan siswa bisa mengaktifkan fitur ini. Tapi saat mengaktifkan fitur ini, mereka harus dalam keadaan online.

Langkah 1: Admin G Suite

Admin G Suite harus mengaktifkan akses offline G Suite lebih dulu. Caranya, masuk ke akun admin G Suite kalian.

  • Dari halaman Admin Konsol, klik ‘Apps > G Suite > Drive and Docs.’
  • Klik menu ‘Features and Applications.’
  • Di sebelah menu Offline, pilih ‘Allow users to enable offline access (recommended).’

Langkah 2: Guru dan Murid

Untuk guru dan murid, kalian perlu download ekstensi Google Document Offline di browser Chrome. Ekstensi ini bisa kalian pakai untuk membuka Google Documents, Spreadsheet, Drive dan Slide secara offline.

Setelah ekstensi Google Document Offline terpasang di Chrome, sekarang aktifkan fitur offline di G Suite. Proses aktivasi ini harus kalian lakukan saat masih terhubung ke jaringan internet, alias saat masih online. Kalau sudah offline tidak bisa.

Selanjutnya, kalian bisa melakukan uji coba lebih dulu. Pastikan akses Classroom secara offline sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Setelah akses offline berjalan lancar, siswa bisa membaca dan membalas email. Tapi email baru akan terkirim, kalau siswa sudah kembali online. Siswa juga dapat mengunduh catatan dari Slides, Documents, dll.

Siswa juga bisa melihat, mengunduh dan mengedit foto dan video. Fitur offline ini juga memungkinkan siswa membuat catatan di aplikasi Google Keep, bekerja di Google Documents, Spreadsheet dan Drive.

%d blogger menyukai ini: