ASUS VivoBook Pro 14 OLED – Laptop Kreator Dengan Harga Terjangkau

Anom Penulis

ASUS VivoBook Pro 14 OLED merupakan sebuah laptop dengan fitur dan spesifikasi yang dibuat untuk para kreator yang baru memulai karirnya, juga dengan harga terjangkau. Jadi, pastinya seru melihat apa yang bisa kita lakukan dengan laptop ini.

Lini VivoBook sendiri adalah laptop yang ASUS kembangkan sebagai laptop kelas menengah. Artinya, laptop VivoBook akan lebih murah jika kita bandingkan dengan lini ZenBook, ProArt StudioBook, atau laptop untuk gaming.

Dengan begitu, ketika ada laptop menengah yang menjanjikan fitur dan spesifikasi untuk kreator, pasti akan menarik. Karena biasanya laptop untuk kreator punya spesifikasi dan harga yang relatif tinggi pula.

Nah, ini membawa kita pada pertanyaan penting. Apakah laptop ASUS VivoBook Pro 14 OLED ini memang bagus sebagai laptop kreator untuk ukuran harga yang terjangkau?

Desain Keren

Hal pertama yang mudah tampak tentu saja penampilan laptop ini. Dalam beberapa tahun terakhir, ASUS memberikan fokus lebih pada desain laptop. Salah satunya bisa kita lihat pada laptop ini.

Pada penutup layar laptop, alih-alih hanya menempelkan merek, ada plakat kecil bertuliskan ASUS VivoBook dengan hiasan aksen garis-garis horizontal. Desain ini memberikan kesan modern dan tidak murahan.

Lalu desain yang bagus juga bisa kita lihat dari keyboard dan touchpad. Akses garis diagonal juga muncul di tombol Enter, sehingga kita bisa mudah mengenalinya. Lalu ketika lampu backlit keyboard menyala, tampak kesan kalau tombol memiliki outline (garis tepi) yang memberi nuansa modern.

Yang tidak kalah menarik, ASUS juga memberikan fitur NumPad di touchpad. Fitur ini biasanya hadir di laptop ZenBook. Jadi, selain fungsional, ketika fitur ini aktif penampilan laptop juga berkesan unik dan khas ASUS.

Sebagai catatan, desain tombol keyboard laptop ini cukup mirip dengan saudaranya VivoBook Pro 14X OLED, walau sedikit kalah seksi.

Layar OLED Sesuai Standar Industri

Seperti yang tampak dari namanya, VivoBook Pro 14 OLED menyusul kehadiran beberapa laptop ASUS dengan layar OLED yang sudah hadir sebelumnya. Panel OLED memiliki keunggulan tersendiri karena punya tingkat kontras tinggi dan rentang warna yang lebih luas dari layar biasa.

Selain memiliki kualitas tampilan yang lebih bagus, layar 14 inci ASUS OLED di laptop ini juga sudah memenuhi semua standar industri. Seperti dukungan color gamut 100% DCI-P3, PANTONE Validated, dan VESA DisplayHDR.

Di samping itu, panel layar ASUS OLED juga sudah mendapat sertivikasi TÜV Rheinland untuk anti-flicker dan low blue light. Sehingga lebih aman dan nyaman buat mata.

Fitur Lengkap

Setelah melihat pemaparan di atas, kamu tentu sudah mendapat gambaran bagaimana fitur laptop ASUS VivoBook Pro 14 OLED ini. Tapi masih ada kelengkapan lain yang akan bisa memenuhi kebutuhan aktivitasmu.

Salah satunya adalah kelengkapan colokan. Laptop ini memiliki colokan USB type-A, Thunderbold 4 USB type-C (bisa untuk power atau layar eksternal), HDMI, colokan audio, dan microSD card reader.

Kemudian, ASUS juga menyematkan sensor sidik jari secara tersembunyi di tombol power. Fitur keamanan ini melengkapi otentikasi pengenalan wajah Windows Hello. Jadi kamu bisa membuka kunci layar baik dengan sentuhan jari atau dengan wajah.

Performa Tinggi

Nah tentu saja, sebagai laptop untuk kreator, perlu spesifikasi yang relatif tinggi agar bisa memenuhi semua kebutuhan. Asiknya, ASUS meletakkan spesifikasi menarik pada laptop VivoBook Pro 14 OLED (K3400) ini.

Laptop ini memiliki pilihan prosesor Intel Core i5 dan i7 generasi 11. Lalu ASUS juga menyematkan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 yang menemani Intel Iris Xe (bawaan prosesor). Selain itu, laptop ini juga memiliki RAM sampai 16GB dan penyimpanan SSD 512GB.

Berikut beberapa hasil uji benchmark ASUS VivoBook Pro 14 OLED dengan CPU Intel Core i7-11370H, GTX 1650 dan RAM 16GB:

Harga & Ketersediaan

ASUS menyediakan dua pilihan warna untuk laptop ini, yaitu Quiet Blue dan Cool Silver. Selain itu, ASUS VivoBook Pro 14 OLED juga hadir dalam dua varian, yaitu dengan prosesor Intel Core i5 dan Intel Core i7.

Berikut harga laptop ASUS VivoBook 14 OLED (K3400) sesuai spesifikasi tersebut:

  • Rp14.599.000 (Core i5 / GTX 1650 / 512GB HDD/ 8GB RAM)
  • Rp16.799.000 (Core i7 / GTX 1650 / 512GB HDD/ 16GB RAM)

Untuk detil informasi yang lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi situs resmi ASUS.

    %d blogger menyukai ini: