Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Dell Hadirkan Laptop dengan Sertifikasi Ubuntu 22.04

Dell Hadirkan Laptop dengan Sertifikasi Ubuntu 22.04

Setelah 10 Tahun lamanya berkerjasama, Dell dan Canonical akhirnya berhasil menciptakan sebuah kombinasi produk yang inovatif. Ia adalah Dell XPS 13 Plus Developer Edition, yang ampaknya akan hadir sebagai laptop pertama dengan sertifikasi Ubuntu 22.04 LTS.

Sesuai dengan label yang ditempelkan (Developer), laptop ini diperuntukkan pada pengembang, dengan ubuntu 22.04 yang sudah terpasang secara default. Jadi mereka tidak perlu memikirkan lagi apakah ada yang support atau tidak.

popculture.id

Apa Saja Fitur Unggulannya?

Berdasarkan penjelasan dari pihak Dell dan Canonical, produk ini sudah melewati pengujian, bahkan sudah terdapat driver khusus untuk setiap komponennya. Dengan begini fitur Ubuntu 22.04 yang tertanam pada Dell XPS 13 Plus ini dipastikan akan berfungsi dengan maksimal.

Disamping itu, dilengkapi dengan GNOME versi yang terbaru 42.0 yang memiliki kemampuan triple buffering. Keunggulan yang lain berada pada manajemen daya yang lebih efisien, touchpad gesture yang lebih variatif, dan peningkatan dalam perangkat audio Bluetooth.

Tidak hanya itu, Ubuntu 22.04 LTS yang tertanam di Dell XPS 13 Plus ini dilengkapi dengan aplikasi terupdate dari Python, PHP, Ruby, Perl, GCC dan juga versi terbaru dari LibreOffice, Thunderbird, Firefox beserta ribuan aplikasi yang terdapat di Snap.

Bagaimana Dengan Spesifikasinya?

Spesifikasi Dell XPS 13 Developer Edition kabarnya akan mengikuti spek dari versi sebelumnya dengan beberapa upgrade. Dan ini dia hasilnya:

  • Layar : Resolusi hingga 4K+ atau layar OLED dengan Eyesafe®
  • Prosesor : Intel® Core™ 28W Gen-12, dilengkapi dengan kipas yang mengalirkan udara 55% lebih baik dan tanpa bising
  • RAM : Up to 32 GB, LPDDR5, 5200 MHz
  • Baterai : Mendukung Express Charge 2.0, kecepatan pengisian 80% dalam waktu 1 Jam
  • OS : Ubuntu 22.04 LTS

Sedangkan dari segi desain, Dell XPS 13 Plus terlihat lebih futuristik daripada model standard lain. Perbedaan yang paling mencolok terdapat pada deretan tombol fungsi backlight yang nampak seperti touchbar plus dan keyboard yang rata dengan badan laptopnya.

Catatan: Sayangnya Laptop Dell XPS 13 Plus Developer Edition dengan Sertifikasi Ubuntu 22.04 LTS ini belum ada di Indonesia. Dan baru bisa dibeli pada bulan Agustus 2022 besok di AS, Kanada, dan negara-negara tertentu di seluruh Eropa.

Belum ada informasi lanjut kapan perilisan di Asia khususnya Indonesia, jadi kita tunggu saja updatenya ya..

    %d blogger menyukai ini: