laptop asus tuf gaming fx705dy dan fx505dy

Laptop Gaming ASUS TUF FX505DY Mampu Libas Game AAA Terkini

Belum lama ini AMD bekerjasama dengan ASUS telah merilis lini laptop gaming terbarunya yakni ASUS TUF Gaming FX505DY. Sebuah laptop yang mencerminkan cita rasa gamers saat ini.

Bermain game saat ini memang sudah menjadi tren, dan seakan juga menjadi kebutuhan di masyarakat. Khususnya bagi generasi milenial. Bermain game sudah bukan lagi sekedar kegiatan melepas penat. Namun sudah bisa menjadi salah satu cara untuk mencari penghasilan dengan cara menyenangkan.

Pemain game pun beragam. Mulai dari pemain kasual sampai yang antusias. Cara bermain itupun mempengaruhi bagaimana mereka memilih perangkat yang pas untuk bermain game favorit.

Di sinilah laptop gaming ASUS TUF FX505DY masuk.

Laptop Gaming Powerful dengan AMD Ryzen 2nd Gen H-Series

Laptop gaming ini hadir dengan bodi yang tipis, serta tampil penuh gaya dilengkapi backlit keyboard.

Laptop powerful ini memiliki tiga komponen utama supaya bisa meningkatkan pengalaman bermain. Ketiga komponen itu adalah AMD Ryzen 5 3550H, kartu grafis Radeon RX 560X, dan layar 15,6 inci.

Prosesor AMD Ryzen 5 3550H merupakan bagian dari keluarga AMD Ryzen 2nd Gen H-Series yang diciptakan khusus untuk laptop gaming berperforma tinggi. Performa CPU bisa meningkat 18% lebih cepat, dan terbukti lebih efisien dari generasi sebelumnya. Bahkan juga dari kompetitor.

Performa handal juga hadir karena dukungan kartu grafis diskrit Radeon RX 560X dengan VRAM 4GB GDDR5. Hasil pengujian game terkini membuktikan kartu grafis ini bisa menghasilkan fps (frame per second) lebih efisien hingga 15% dibanding kombinasi prosesor dan kartu grafis dari kompetitor.

Sedangkan layar juga tidak kalah penting. ASUS TUF FX505DY menggunakan layar 15,6 inci Full HD 1080p dengan teknologi Radeon FreeSync. Dengan teknologi ini kamu bisa bermain game bebas stuttering dan bebas tearing.

Selain ketiga komponen itu, ASUS juga melengkapi laptop gaming ini dengan berbagai fitur dan teknologi premium lain. Ada dukungan DTS™ Headphone X surround sound yang membawa sensasi audio yang nyata dan teknologi pendingin HyperCool agar suhu tetap terjaga. Laptop ini juga sudah lolos uji military grade sehingga terbukti kokoh.

Semua fitur yang ada di laptop ASUS TUF Gaming FX505DY ini bisa kamu nikmati hanya dengan harga sekitar Rp 11 juta saja.

Uji Coba Performa ASUS TUF Gaming FX505DY

Laptop ASUS TUF Gaming FX505DY memiliki spesifikasi umum, seperti: Prosesor AMD Ryzen 5 3550H, RAM 8GB DDR4, penyimpanan 1TB HDD Seagate, kartu grafis yang bisa berganti Radeon Vega 8 shared RAM (primary/power saving) atau Radeon RX 560X 4GB VRAM (discrete/gaming), layar FHD 1080p.

Melihat spesifikasi laptop ini, tentunya akan sangat menarik mengetahui bagaimana performanya.

Sebelumnya, perlu diketahui kalau laptop ini memiliki dua komponen kartu grafis. Kedua komponen ini akan bekerja secara bergantian secara otomatis sesuai kebutuhan pengguna. Radeon Vega 8 akan bekerja saat laptop dipakai di luar ruang (baterai), sedangkan Radeon RX 506X akan bekerja saat menggunakan adapter (plugin). Walau otomatis, kamu tetap bisa mengaturnya secara manual.

1. Pengujian dengan Aplikasi Benchmark

Cinebench R15

Uji coba pertama laptop ASUS TUF Gaming FX505DY adalah dengan menggunakan metode baterai dan plugin melalui aplikasi benchmark ternama Cinebench R15. Di uji coba ini terlihat peningkatan performa yang cukup signifikan saat proses render ketika menggunakan adapter (plugin).

Geekbench 3

Hal yang sama juga terlihat dalam pengujian dengan Geekbench 3 yang menguji kemampuan prosesor. Di sini juga terlihat peningkatan yang cukup signifikan saat menggunakan adapter. Yang menarik, hasil dari penggunaan dengan baterai masih lebih tinggi dibanding laptop sekelas lainnya.

3DMark

Lalu, pengujian dengan 3DMark menunjukkan perbedaan signifikan antara penggunaan baterai dan adapter pada ketiga kategori: 3DMark FireStrike, Sky Diver, dan Cloud Gate. Namun, di pengujian grafis ringan Ice Storm, kelihatannya penggunaan adapter tidak mempengaruhi kinerja terlalu banyak.

Unigine Heaven

Pengujian berikutnya menggunakan Unigine Heaven yang merupakan aplikasi benchmark untuk komponen grafis dengan simulasi render di Unreal Engine. Hasilnya, performa dengan penggunaan adapter memang signifikan.

Unigine Valley

Selanjutnya adalah pengujian dengan Unigine Valley, yang merupakan aplikasi benchmark komponen grafis dengan simulasi render 3D di Unreal Engine dengan scene berbeda. Penggunaan dengan adapter kembali menunjukkan peningkatan  performa.

2. Pengujian dengan Aplikasi Sehari-hari

Pengujian dengan aplikasi yang bisa kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari dilakukan dengan menggunakan program 3D terkenal, yaitu Blender. Di sini cukup terbukti kalau laptop ASUS TUF Gaming FX505DY tak hanya handal dalam urusan game, tapi juga untuk produktivitas. Yang menarik, pengujian menunjukkan performa render yang sangat baik ketika menggunakan baterai.

3. Pengujian dengan Game AAA

Battlefield 1

Battlefield 1 adalah game bertema perang dunia pertama yang menawarkan pengalaman bermain dengan grafis yang realistis. Namun hal ini bukan masalah untuk ASUS TUF Gaming FX505DY. Laptop ini bisa memainkan resolusi HD 720p dan FHD 1080p dengan lancar.

Resolusi Layar: 720p Resolusi Layar: 1080p
Battlefield 1 (Ultra) 60 fps 38 fps
Battlefield 1 (High) 60 fps 44 fps
Battlefield 1 (Medium) 60 fps 60 fps
Battlefield 1 (Low) 60 fps 60 fps
Catatan: V-Sync Aktif
Battlefield V

Battlefield V merupakan seri selanjutnya yang kali ini mengangkat tema perang dunia kedua. Pada rilis seri ini, EA juga memperkenalkan tema multiplayer ala battle royale kekinian yang mengundang reaksi positif dari beragam gamers. ASUS TUF Gaming FX505DY kembali menunjukkan kemampuan handal dalam memainkan game ini dalam resolusi HD 720p dan FHD 1080p sekalipun, hingga setelan tertinggi.

Resolusi Layar: 720p Resolusi Layar: 1080p
Battlefield V (Ultra) Avg: 55 fps Avg: 33 fps
Battlefield V (High) Avg: 60 fps Avg: 38 fps
Battlefield V (Medium) Avg: 60 fps Avg: 48 fps
Battlefield V (Low) Avg: 60 fps Avg: 56 fps
Catatan: V-Sync Aktif
Rise of Tomb Raider

Pengujian selanjutnya dilakukan dengan game Rise of Tomb Raiders yang merupakan bagian seri game petualangan Tomb Raider yang sudah populer di kalangan gamers. Kamu bisa main game ini dengan lancar baik di resolusi HD 720p maupun FHD 1080p. Tidak cuma itu, kamu juga masih bisa main game ini dengan lancar di mode baterai pada resolusi HD 720p.

Shadow of the Tomb Raider

Shadow Of Tomb Raider adalah lanjutan dari game petualangan Tomb Raider. Game ini menawarkan sensasi petualangan yang menarik dan sudah ditingkatkan menjadi lebih baik dari seri sebelumnya. Namun laptop ASUS TUF Gaming FX505DY mampu menjalankan game ini dengan baik di resolusi HD 720p dan FHD 1080p. Termasuk dalam mode baterai yang bisa berjalan baik di resolusi HD 720p.

Laptop Game Menarik dan Mumpuni

Nah, bisa kamu lihat sendiri bagaimana spesifikasi dan performa laptop ASUS TUF Gaming FX505DY. Selain punya kombo seru dari AMD Ryzen 5 3550H dan kartu grafis diskrit Radeon FX 560X, laptop ini mampu beraksi di game kelas AAA dan bekerja baik untuk render 3D.

Semua ini bisa kamu dapatkan hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 11 juta. Tertarik? Pastinya.

More Stories
Mark Zuckerberg Inginkan Fitur Transfer Uang di WhatsApp Lebih Luas