Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

HP Pavilion Aero 13 – Laptop Sekaligus PC Konsumen Teringan Masa Kini

Indri Penulis

Setelah mengumumkan jajaran laptop gaming Victus,” kini HP resmi mengumumkan laptop HP Pavilion Aero 13. Ini adalah laptop sekaligus PC teringan saat ini, karena cuma punya bobot kurang dari 1kg.

Pada dasarnya, Pavilion adalah seri laptop murah HP. Namanya laptop budget, jelas spesifikasi dan kualitasnya ada di bawah kelas lainnya.

Tapi sepertinya HP ingin merevolusi jajaran Pavilion-nya. Lewat HP Pavilion Aero 13, HP mencoba menghadirkan laptop budget dengan kualitas dan spesifikasi yang lebih menggiurkan.

Oke dimulai dari desainnya. Laptop ini tersedia dalam empat warna yakni Pale Rose Gold, Warm Gold, Ceramic White, dan Natural Silver (warnanya cucok!).

laptop hp pavilion aero 13
Sumber : HP

Menariknya bodi laptop ini dibikin dari bahan plastik daur ulang pasca-konsumen. Satu laptop Pavilion Aero 13 disebut-sebut mampu menyedot 6.000 botol plastik agar tak terbuang ke laut.

Laptop ini juga dicat pakai cat berbasis air, untuk mengurangi emisi VOC. Untuk box pembungkus dan bantalan seratnya 100% bersumber secara berkelanjutan dan bisa didaur ulang.

Laptop HP Pavilion Aero 13 punya berat maksimum 2,18 pon (0,987 kg). Membuatnya menjadi salah satu laptop portabel teringan saat ini.

laptop hp pavilion aero 13
Sumber : My Blog

Di bagian dalamnya, kita ketemu sama layarnya yang cukup oke. Laptop ini menyajikan rasio screen-to-body mencapai 90%. Layarnya juga mampu mencapai kecerahan 400 nits (kalau dilihat dari depan, tampilannya nggak mirip laptop murah).

Untuk dapur pacunya, laptop ini ditenagai oleh prosesor generasi terbaru AMD Ryzen 500 hingga Ryzen 7 5800U. Prosesor-prosesor ini diklaim mampu tetap dingin meski menjalankan tugas berat. Chipset-chipset ini diklaim lebih murah dibanding Intel Gen-11, membuat harga laptop yang memakainya lebih murah. Untuk GPU-nya, laptop ini dibekali AMD Radeon Graphics.

Baca Juga:  Ini Dia Rekomendasi Laptop 13 inci Yang Wajib Masuk Pertimbangan

Sementara ini, laptop ini masih menggunakan OS Windows 10. Tapi dalam pengumumannya, HP bakal meng-upgrade laptop ini ke Windows 11 akhir tahun ini. Buat fitur lainnya, laptop ini dibekali WiFI 6, baterai dengan daya tahan sampai 10,5 jam,

HP Pavilion Aero 13 baru akan tersedia bulan Juli di Amerika dengan harga mulai dari $749.