Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Laptop NVIDIA Studio RTX 30 Series Baru Memaksimalkan Kreativitas

Anom Penulis

Berbagai merek laptop populer sudah meluncurkan laptop yang mendukung platform NVIDIA Studio dengan kartu grafis GeForce RTX 30 Series. Kalau kamu—sebagai seorang kreator konten—belum tahu, kami akan mengajakmu melihat lebih dekat. 

Keunggulan Platform NVIDIA Studio 

Menjadi laptop NVIDIA Studio berarti laptop-laptop ini akan memberikan optimalisasi dan fitur lebih pada berbagai aplikasi kreatif. Sehingga proses kerjamu tidak terganggu dan bisa menyelesaikan berbagai kreasi lebih efisien. 

popculture.id

Sebagai contoh, ada dukungan memori video sampai 16GB sehingga kamu bisa membuka berbagai aset desain dan beberapa aplikasi sekaligus. Lalu terdapat tampilan akurasi tingkat piksel dengan resolusi 1440p dan 4K. Kemudian ada pula akselerasi GPU untuk ray tracing, juga teknologi AI dan video encoding yang membantu proses kreasi berjalan dengan cepat. 

Laptop-laptop ini pun mendukung berbagai fitur khas RTX 30 Series. Seperti Dynamic Boost 2.0 yang menyeimbangkan kinerja GPU, memori GPU, dan CPU; WhisperMode 2.0 yang membuat kinerja tinggi namun laptop tetap tenang; dan teknologi Max-Q generasi 3 yang memungkinkan bodi laptop tetap tipis dengan semua keunggulan di atas. 

Jajaran laptop NVIDIA Studio baru ini mulai meluncur ke pasar pada akhir bulan Januari 2021. 

Cocok untuk Kreator Konten 

Sekilas, secara umum fitur laptop NVIDIA Studio mirip dengan karakteristik laptop gaming yang punya performa tinggi. Namun perbedaan utamanya terletak pada optimalisasi dengan beberapa software kreatif yang bekerja sama dengan NVIDIA. 

Keselarasan hardware dan sofware di platform NVIDIA Studio ini memungkinkan pekerjaan yang tadinya membutuhkan desktop PC profesional menjadi mungkin berjalan di laptop. Sehingga pekerjaan kreatif bisa dilakukan lebih fleksibel. Bisa di mana saja, tidak perlu di studio kantor. 

Lalu kamu juga bisa memilih aset, membuat kreasi, dan melihat hasilnya dengan lebih cepat. Bayangkan kamu membuat sebuah animasi 3D lengkap dengan pencahayaan dan bayangan, dan kamu bisa melakukan koreksi serta melihat hasilnya, tanpa menunggu waktu render yang lama. 

Jadi para kreator konten—entah itu di bidang fotografi, videografi, desain grafis, arsitek, animator, dll—sangat mendapat keuntungan dari laptop ini.  

Laptop Baru NVIDIA Studio 

Sudah ada beberapa laptop dari berbagai merek yang siap meluncur. Semuanya punya spesifikasi dan fitur mengkilap. Contoh dari laptop NVIDIA Studio RTX 30 Series adalah ASUS ZenBook Pro Duo dan MSI Creator 15. 

ASUS Zenbook Pro Duo UX582 

Inilah laptop kreatif kebanggaan ASUS yang mendapat penghargaan CES 2021 Innovation Awards Honoree. Laptop ini memiliki layar 4K tambahan ScreenPad Plus di atas keyboard, selain layar utama yang juga berkualitas 4K HDR. Rancangannya memang unik dan memberikan fungsi lebih pada pengguna. 

ASUS ZenBook Pro Duo UX582 menggunakan GPU GeForce RTX 3070 dan memiliki VRAM 8GB DDR6. Selain itu spesifikasinya meliputi prosesor Intel Core i9, RAM 32GB DDR4, penyimpanan 1TB SSD M.2 NVMe PCIe, audio dari Harman Kardon, dan standar ketahanan US MIL-STD 810G. 

MSI Creator 15 

Laptop dengan penampilan minimalis ini juga memberi jaminan tampilan memukau berkualitas 4K dan akurat verifikasi dari CalMan. 

MSI Creator 15 menawarkan pilihan kartu grafis GeForce RTX 3060 3070, dan 3080 yang dilengkapi dengan Dynamic Boost 2.0 dan WhisperMode 2.0. Selain itu, fitur menarik lainnya adalah teknologi pendingin Cooler Boost Trinity+ dengan kipas super tipis 0,1mm.

    %d blogger menyukai ini: