Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

Inilah Teknologi Canggih Kartu Grafis Sultan NVIDIA GeForce RTX 30 Series

nvidia geforce rtx 3080
Anom Penulis

Pada awal bulan September 2020, NVIDIA memperkenalkan seri kartu grafis terbarunya. GeForce RTX 30 Series  merupakan produk ambisius NVIDIA, karena menghadirkan berbagai teknologi yang pertama hadir di kartu grafis. 

Kartu grafis saat ini memang bukan hanya sekedar membantu memberi tampilan yang lebih oke. Tapi juga pengalaman penggunaan yang lebih baik. Artinya, mendukung performa lebih tinggi, lebih responsif, dan lebih efisien. 

popculture.id

Sebagai nama besar untuk urusan kartu grafis, NVIDIA memiliki ambisi besar untuk memenuhi semua itu. Ambisi itu pun bukan omong kosong. Karena melalui GeForce RTX 30 Series ini, NVIDIA kembali berada di depan. 

Teknologi GeForce RTX 30 Series 

Untuk seri terbaru ini, NVIDIA menerapkan arsitektur baru, yaitu Ampere, yang merupakan generasi kedua arsitektur RTX. Sebagai penerus arsitektur Turing, Ampere mampu memberi performa per watt lebih tinggi, mendukung PCIE 4.0, 18-phase power supply, dan sistem pendingin baru. 

perbandingan arsitektur nvidia rtx 30 series ampere

Kemudian, GeForce RTX 30 Series juga memiliki generasi ke-2 Ray Tracing Core dan generasi ke-3 Tensor Core. Keduanya, ditambah dengan teknologi NVIDIA DLSS, mampu memberikan gambar lebih tajam bahkan dibanding resolusi aslinya. Di seri RTX 30 ini, DLSS bisa menjalankan kualitas sampai 8K. 

Nah, serunya lagi, kartu grafis terbaru NVIDIA ini kini menggunakan GDDR6X VRAM sampai 24GB. Bahkan GeForce RTX 30 Series (RTX 3080 dan RTX 3090) merupakan kartu grafis pertama di dunia yang memakainya. Kelebihan GDDR6X ini adalah penggunaan transmisi sinyal PAM4 yang mampu mengantar data dua kali lipat per clock

Bukan hanya untuk VRAM saja kartu grafis ini menjadi yang pertama. GeForce RTX 30 Series juga merupakan kartu grafis pertama yang memiliki dukungan HDMI 2.1. Apa efeknya? Yah, sekarang kamu bisa mendapat kualitas gambar terbaik di TV atau monitor yang juga mendukung HDMI 2.1 itu. Tampilan 8K sudah bisa kamu nikmati. Kualitas 4K jelas bukan masalah. 

Ada satu hal lagi untuk masalah jadi yang pertama. GeForce RTX 30 Series juga menjadi kartu grafis pertama yang memiliki AV1 decoder. Format video AV1 merupakan teknologi terbaru untuk resolusi gambar 50% lebih tinggi dibanding format H.264, tapi dengan kebutuhan bandwith yang lebih kecil. Jadi ideal untuk gamer dan kreator konten yang hobi melakukan live streaming

Di samping semua teknologi di atas, NVIDIA memperkenalkan sebuah teknologi baru yang mereka sebut sebagai NVIDIA Reflex. Teknologi ini adalah gabungan antara GPU, layar G-SYNC, dan software, untuk mengukur lalu mengurangi latensi di sistem. Sehingga input dari mouse ke PC bisa lebih responsif. 

Peningkatan Performa 

Jadi memang GeForce RTX 30 Series ini membawa banyak teknologi baru yang lebih canggih. Tapi bagaimana dengan performanya? 

GeForce RTX 3080 Founder Edition mampu mengantar game Death Stranding dengan 135fps saat DLSS aktif dan 103fps tanpa DLSS pada kualitas 4K. Sementara generasi sebelumnya, RTX 2080 Founder Edition, mengantar game yang sama dengan 88fps saat DLSS aktif dan 66fps tanpa DLSS. Peningkatannya mencapai 53% dengan DLSS dan 56% tanpa DLSS.  

Sedangkan untuk 3DMark, RTX 3080 meraih skor 15065 untuk TimeSpy, 7950 untuk TimeSpy Extreme, dan 10700 untuk Port Royale. Rata-rata 50% lebih cepat bila dibandingkan dengan RTX 2080 yang menghasilkan skor 10893 (TimeSpy), 5254 (TimeSpy Extreme), dan 6543 (Port Royale).

3dmark nvidia rtx 3080

Untuk efisiensi daya, pada game Death Stranding, RTX 3080 Founder Edition mengkonsumsi 3,349 watt per frame. Sedangkan RTX 2080 Ti mengkonsumsi 3,562 watt per frame. Artinya, kartu grafis terbaru ini menggunakan daya lebih sedikit dibanding generasi sebelumnya. 

GPU Terbaik Saat Ini 

Dengan peningkatan kualitas dan performa yang meningkat tajam, tidak diragukan lagi kalau GeForce RTX 30 Series adalah kartu grafis terbaik saat ini. Apalagi kalau kamu memilih RTX 3090 yang merupakan seri tertinggi. 

Mereka yang ingin mendapat pengalaman main game secara maksimal tentu bisa mendapatkannya. Tapi bukan hanya gamer saja. Seorang kreator profesional pun akan mandapat manfaat yang luar biasa. Entah dalam mengerjakan proyek 3D, edit video, animasi, dll.  

Yah, tentu saja harga kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 30 Series ini tidak murah. Toh kalau kamu memang seorang profesional di bidangnya, membeli kartu grafis ini merupakan investasi tersendiri. 

    %d blogger menyukai ini: