Laptop ROG Zephyrus Duo 15 (GX550) Asik Buat Desain Atau Main Game

Punya spesifikasi tinggi, layar kedua ROG ScreenPad+, juga desain yang unik.

ROG Zephyrus Duo 15 GX550

ASUS memiliki ROG Zephyrus sebagai salah satu seri laptop game unggulan. Lalu ASUS juga punya cap Duo untuk laptop yang punya layar kedua ScreenPad+. Apa yang terjadi kalau keduanya menjadi satu? Ini dia ROG Zephyrus Duo 15 (GX550), laptop yang asik buat desain atau edit video, tapi juga seru buat main game.

Sebelumnya kami sudah melakukan review laptop ASUS ZenBook Pro Duo (UX581) yang bentuknya mirip dengan laptop ini. Tentunya menarik melihat perbedaan dari kedua laptop itu.

Desain Laptop

Seperti sudah saya sebut di atas, membawa nama ROG dan Duo berarti ada desain khusus di laptop ini.

Bodi

Karena berasal dari lini laptop untuk gaming, bentuk ROG Zephyrus Duo (GX550) ini membawa desain khas lini tersebut. Berbeda dengan ZenBook Pro Duo yang lebih simpel, tampilan laptop ini lebih berkesan dinamis dengan logo ROG dan aksen layar diagonal.

Layar Utama

Layar utama yang sebesar 15,6 inci memiliki resolusi tinggi (sampai 4K) dan juga punya akurasi warna yang oke dengan color gamut dan Adobe RGB 100%. Tidak hanya itu, ASUS ROG Zephyrus Duo juga sudah mendapat sertifikasi PANTONE Validated Display.

ROG ScreenPad+

Keunikan laptop ini lebih terlihat pada layar kedua (juga 4K) yang di sini punya nama ROG ScreenPad+. Berbeda dengan di ZenBook, ketika laptop ROG Zephyrus Duo dibuka, layar kedua akan terangkat sampai ketinggian 13ยบ.

Mekanisme ini “lebih masuk akal” daripada di ZenBook, karena lebih enak dilihat dan dipakai. Selain itu, celah yang ada dari posisi terangkat ini membuka ventilasi tambahan yang membantu proses pendinginan laptop.

Sama seperti di ScreenPad+ ZenBook, ASUS juga berkerja sama dengan pengembang aplikasi kreatif untuk membuat Control Panel khusus untuk berbagai tools. Misalnya untuk Adobe Photoshop dan Premiere Pro, juga DaVinci Resolve.

Yang berbeda, ASUS punbekerja sama dengan berbagai pengembang game untuk memaksimalkan fungsi ROG ScreenPad+ ini. Misalnya seperti game Dying Light 2, yang menampilkan chat, inventory, dan side quest di layar kedua. Selain itu ada pula aplikasi Overwolf yang menunjukkan stat dan rekomendasi item, untuk game eSport seperti League of Legends, CS:GO, atau Fortnite.

Keyboard dan TouchPad

Secara umum tata letak keyboard dan touchpad laptop ini sama dengan ZenBook Pro Duo atau Duo. Keyboard-nya mepet di bawah dan touchpad di sudut kanan bawah. Tapi bentuk tombol, bentuk huruf, dan posisinya sedikit berbeda.

Nuansanya lebih… ROG. Ada lampu backlit RGB, tombol performa ROG, dan yah… bentuknya lebih futuristik daripada di ZenBook yang konvensional. Touchpad-nya juga punya tombol fisik, berbeda dengan ZenBook yang datar.

Kinerja Mantap

Sebagai laptop papan atas, Ada spesifikasi yang menggetarkan jiwa di sini. Lalu fitur profesionalnya pun lengkap.

Performa

Spesifikasi ASUS ROG Zephyrus Duo 15 (GX550) meliputi: Prosesor Intel Core i9-10980HK, kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 Super, RAM DDR4 3200MHz 32GB (bisa kamu upgrade ke 48GB!), dan penyimpanan SSD NVMe PCIe 1TB.

Kemudian, sistem pendingin yang ada juga memakai teknologi baru Active Aerodynamic System Plus (AAS Plus). Sistem ini memanfaatkan dua kipas pendingin dan mekanisme ROG ScreenPad+ yang terangkat. Lalu di samping itu ada pula sistem pengantar panas dari Thermal Grizzly.

Berikut beberapa hasil benchmark:

Untuk keawetan baterainya. dalam pemakaian normal bisa mencapai sekitar 4,5 jam. Sementara untuk menonton video, laptop ini mampu bertahan sekitar 5 jam.

Kelengkapan lain

Sebagai laptop multifungrsi papan atas, ASUS ROG Zephyrus Duo 15 (GX550) punya berbagai dukungan konektivitas yang lengkap. Selain ada USB type-A dan type-C (Thunderbolt 3, bisa juga untuk isi daya), laptop ini juga punya colokan HDMI, 2 colokan audio 3,5mm, dan colokan Ethernet. Laptop ini juga sudah mendukung koneksi Wi-Fi 6 yang kencang.

Peletakan colokan juga jadi sesuatu yang unik di laptop ini. Karena selain di bagian samping, colokan juga ada di bagian belakang.

Dengan rancangan unik seri ‘Duo’, ASUS menunjukkan visinya akan bentuk laptop profesional dan gaming sesuai kebutuhan masa kini. Kehadiran layar kedua ScreenPad+ sendiri mampu membuat alur kerja jadi benar-benar berbeda.

Kalau kamu penasaran sama laptop ini, silakan kunjungi situs resmi dan cek sendiri informasi detilnya.

%d blogger menyukai ini: