Inilah LarkBox, PC Windows 10 yang Diklaim Terkecil di Dunia

Indri Penulis

Chuwi telah mengumumkan LarkBox, PC Windows 10 terkecil di dunia. PC berwarna hitam ini punya bentuk super kecil, bahkan mirip kotak cincin.

Perusahaan asal Cina, Chuwi, terus mengejutkan dunia dengan produk-produk eksentriknya. Beberapa waktu lalu, perusahaan ini baru saja meluncurkan Aerobox.

Aerobox adalah PC bergaya konsol yang menjalankan Windows. Sekilas, perangkat ini hampir mirip dengan komponen Xbox One S.

Setelah meluncurkan Aerobox, kini Chuwi kembali hadir dengan LarkBox. Apa itu? LarkBox adalah PC Windows 10 yang diklaim terkecil di dunia. Hm, benarkah begitu?

Benarkah LarkBox PC Windows 10 Terkecil di Dunia?

Klaim sepihak dari Chuwi soal ukuran LarkBox memancing perdebatan banyak pihak. Lalu seperti apa sebenarnya bentuk dan volume LarkBox ini?

Sumber Gambar : Liliputing

Menurut Chuwi, LarkBox punya volume 160cc. Secara signifikan, volume ini lebih tinggi dibanding stick PC (atau yang biasa disebut stick Windows 10).

LarkBox rupanya juga punya dimensi kecil lho. PC ini punya dimensi 61 x 61 x 43mm. Lebih kecil dari Intel Compute Stick yang punya dimensi 103 x 37 x 12mm.

Lalu bagaimana soal performa? Tenang, PC ini punya performa yang cukup handal kok. LarkBox ditenagai prosesor Celeron N4100, 3x lebih cepat dari pada Atom Z8350 (berdasarkan nomor CPUBenchmark) yang sering dipakai mayoritas stick PC.

Tidak hanya itu, LarkBox juga didukung RAM LPDDR4 6GB dan ROM 128GB (mungkin eMMC). Bagaimana, tidak kalah dengan PC ukuran besar kan?

Dalam hal konektivitas, Perangkat ini punya dua konektor USB Type-A, satu konektor USB Type-C (untuk daya), port HDMI, slot microSD, jack headphone 3.5mm, Wi-Fi 802.11ac, dan Bluetooth 5.0.

Chuwi belum mengumumkan tanggal peluncuran PC mini ini. Kami juga belum tahu berapa harga yang dibanderol untuk PC ini. Tapi beberapa pihak memperkirakan kalau PC ini bakal dibanderol sekitar $250.

    %d blogger menyukai ini: