4 Layanan Alamat Email Gratis Untuk Dipertimbangkan

alamat email

Bagi saya, email merupakan suatu hal yang penting. Untuk komunikasi penting saya selalu menggunakan alamat email. Terutama yang berhubungan dengan dokumen atau data.

Saat ini kita memang terbiasa dengan aplikasi chatting. Tapi kita bisa melewatkan informasi penting. Sudah bukan rahasia kalau obrolan bisa berjalan cepat. Apalagi ada kebiasaan clear chat (walau saya tidak pernah melakukannya).

Mungkin beberapa aplikasi chatting untuk kolaborasi dengan teman seperti Slack punya fitur yang lebih baik dari aplikasi biasa. Tapi tetap saja, email punya keteraturan tersendiri.

Kondisi sekarang pun berbeda dengan dulu. Penyedia layanan alamat email semakin spesifik. Oleh karena itu, saya mau membahasnya sedikit.

[irp posts=”36279″ name=”Tutorial Dasar: Cara Membuat Email Baru”]

Gmail

Saat ini, layanan email dari Google ini merupakan layanan paling populer di muka bumi. Akun Gmail tumbuh pesat seiring berkembangnya mesin pencari Google dan sistem operasi Android.

Gmail menawarkan banyak hal. Pengaturan email dengan kategori, folder, label, tanda bintang, dll. Sebagai akun Google, Gmail terintegrasi dengan layanan lain, seperti Google Drive, Google Photos, Google Calendar, dll. Kalau kamu pengguna Android, kamu akan menemukan banyak kemudahan dengan menggunakan alamat email ini.

akun gmail

Ada yang tidak suka dengan bagaimana Google memanfatkan isi email untuk kepentingan iklan. Tapi harus diakui, Gmail punya perlengkapan yang komplit. Termasuk bagaimana aplikasi email ini menyaring spam.

Aplikasi Gmail tersedia baik untuk Android dan iOS. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menggunakan Gmail di aplikasi email pihak ketiga. Layanan email Gmail ini gratis. Tapi Google menyediakan versi Bisnis dengan fitur lebih lengkap (misalnya pakai alamat nama@namaperusahaan.com).

Outlook

Alamat email ini mungkin lebih akrab dikenal oleh pengguna Windows (terutama Windows 8 ke atas). Ya, layanan email ini merupakan produk Microsoft. Selain outlook.com, dulu Microsoft juga punya layanan email Hotmail dan Live. Tapi kemudian ia berusaha menyatukannya dalam satu bendera, dalam satu akun Microsoft.

Outlook pun menawarkan banyak hal. Mulai dari pembagian inbox menjadi yang penting (Focused) dan yang tidak (other), folder, kategori, dll. Sebagai produk Microsoft, Outlook juga punya integrasi dengan Microsoft Office, OneDrive, Skype, dll. Selain itu, layanan ini juga bisa kamu gunakan dengan layanan cloud Google Drive, Dropbox atau Box.

akun outlook microsoft

Outlook juga merupakan nama aplikasi email. Mungkin salah satu yang paling komplit. Dengan aplikasi email Outlook, kamu bisa menggunakan layanan email lain.

Aplikasi email Outlook tersedia untuk berbagai platform. Mulai dari Android, iOS, Mac, dan tentu saja Windows. Kalau Outlook bisa kamu gunakan gratis, Microsoft menyediakan Office 365 sebagai versi profesional. Tentunya dengan banyak fitur lain (misalnya pakai alamat nama@namaperusahaan.com).

[irp posts=”43408″ name=”Aplikasi Apa yang Menggunakan Akun Email dan Media Sosial Milikmu?”]

Yahoo Mail

Hm, terus terang saya agak ragu mau menyebut Yahoo di sini. Bukan apa-apa, pada tahun 2017 sempat ada berita soal bobolnya database Yahoo. Tapi tidak bisa dipungkiri kalau Yahoo Mail merupakan salah satu layanan email populer. Sebelum era Gmail, Yahoo Mail adalah layanan yang banyak dipilih.

Sebagai layanan email, Yahoo juga menawarkan fitur yang banyak. Tapi tentu saja, ekosistemnya (integrasi dengan layanan lain) tidak selengkap Google atau Microsoft. Tapi toh layanan ini tetap bisa memberikan kapasitas sebesar 1000 GB.

alamat email yahoo

Kamu bisa menemukan aplikasi Yahoo Mail untuk Android dan iOS. Kamu juga bisa menggunakan alamat email ini dengan aplikasi pihak ketiga.

Saat ini mungkin tidak banyak yang melirik akun email Yahoo. Yah, perusahaan ini memang sempat naik turun sampai dibeli oleh Verizon.

ProtonMail

Mungkin belum banyak yang mendengar soal nama alamat email ini. Tapi bukan berarti layanan ini tidak terkenal. ProtonMail merupakan layanan email yang dikembangkan di CERN (Haa, kamu sudah baca buku Angel & Demons karangan Dan Brown belum?).

ProtonMail juga mendukung banyak fitur, seperti berbagai pengaturan email. Tapi Proton menawarkan keamanan sebagai fitur utama. Layanan email ini menerapkan enkripsi dan tidak mencatat informasi apa pun dari email pengguna. Selain itu, layanan email ini juga open source.

layanan email aman protonmail

Pada dasarnya, akun email ini gratis. Kamu bisa menggunakan aplikasi ProtonMail di Android dan iOS. Tapi untuk bisa menggunakan alamat ProtonMail di aplikasi pihak ketiga, kamu harus menjadi pelanggan (membayar) dan menggunakan aplikasi ProtonMail Bridge.

Secara sederhana, ProtonMail untuk email mungkin seperti Telegram di aplikasi chatting.