google streaming game controller

Google Kembangkan Layanan Game Streaming

Saat ini, game adalah salah satu bidang yang paling pesat perkembangannya. Seperti raksasa teknologi lain, Google pun mengarahkan pandangannya ke sana. Rumor menyebutkan kalau Google sedang mengembangkan layanan streaming game.

Google sebenarnya memang sudah sejak lama ingin masuk lebih dalam ke dunia game. Namun sejauh ini belum berhasil memberikan perlawanan pada nama besar lain, seperti Microsoft, Sony, dan Nintendo.

Di sisi lain, Google sudah punya “senjata” yang cukup maut. Android adalah sistem operasi paling populer di dunia, dan YouTube adalah layanan video paling populer di dunia. Keduanya memiliki basis game yang kuat.

Seperti kita tahu, bermain game dari ponsel Android dan menayangkannya di monitor yang lebih besar (Smart TV) sudah bisa. Kelihatannya, Google ingin mendorong hal itu lebih jauh.

Proyek “Yeti”

The Information menyebutkan bahwa Google memiliki proyek dengan kode “Yeti”. Proyek ini disebut mirip seperti Sony Playstation Now. Jadi, gamer tidak mengunduh game tersebut ke perangkat. Tapi memainkannya langsung secara streaming. Bayangkan “Netflix for games”.

Belum cukup jelas bagaimana bentuk “streaming” itu sendiri. Namun, rumor menyebutkan bahwa layanan ini menggunakan perangkat yang kompatibel dengan Chromecast (untuk menayangkan di monitor lain yang lebih besar).

Konroler Game Google

Yang menarik, selain info tersebut juga beredar informasi lain tentang paten kontroler game dari Google. Yang tentu saja memperkuat dugaan permainan dengan sistem casting.

Ilustrasi yang ada di paten itu menunjukkan sebuah kontroler dengan dual-joystick, tombol di bahu, dan tombol lain yang biasa ditemukan di kontroler game. Plus ada tombol untuk perintah suara (Google Assistant?). Yangko Design kemudian membuat gambar render 3D berdasarkan ilustrasi tersebut.

google game controller render patent front
Foto: Yanko Design
google game controller render patent back
Foto: Yanko Design
google game controller
Foto: Yanko Design

Secara umum layanan game streaming dari Google ini merupakan berita baik, karena berarti ada pilihan lain untuk bermain. Namun, salah satu masalah adalah pengembang game harus menyesuaikan game yang ada untuk bisa lebih fleksibel. Permasalahannya, belum tentu semua menerapkan hal ini.

Kalau layanan game streaming Google ini menjadi kenyataan, kelihatannya jelas akan hadir di negara maju terlebih dahulu. Bukan mengecilkan arti negara kita tercinta. Tapi jujur saja, main game secara streaming kelihatannya masih sulit dilakukan dengan lancar. Terutama karena letak server yang berpengaruh pada ping.

More Stories
Rekomendasi 5 Aplikasi Android Anti Maling untuk Mudik Lebaran