Layanan Verifikasi Umur Roblox Bakal Hadirkan Pengalaman Sesuai Usia

Roblox bikin layanan baru untuk Verifikasi Umur pengguna. Fitur ini dibikin untuk menghadirkan pengalaman pengguna sesuai usia.

Sejak pertama rilis pada tahun 2006 sampai sekarang, Roblox telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Bahkan usia penggunanya pun makin bervariasi (hampir 50% pengguna Roblox di Q2 2021 berusia di atas 13 tahun).

Sadar akan hal itu, dalam pengumumannya baru-baru ini, perusahaan yang baru saja menandatangani kerja sama musik dengan Sony itu mengatakan kalau mereka sebentar lagi bakal menghadirkan layanan Verifikasi Umur untuk semua penggunanya.

Lewat layanan Verifikasi Umur, Roblox ingin memberikan layanan yang ‘benar-benar’ sesuai dengan usia pengguna. Selain itu, layanan ini diklaim mampu menjaga privasi semua pengguna agar lebih aman.

Cara Kerja Layanan Verifikasi Umur

Verifikasi Umur saat ini sudah mulai diluncurkan secara bertahap. Selama beberapa minggu ke depan, layanan ini bakal tersedia secara global di lebih dari 180 negara pada smartphone dan desktop.

Layanan ini  datang dalam dua tahap. Pertama, pemeriksaan dokumen ID. Sedangkan yang kedua adalah selfie match. Di aplikasi Roblox sendiri, kamu bisa mulai memindai kartu identitas, SIM, atau paspor. Selanjutnya Roblox bakal menggunakan teknologi pemrosesan gambar canggih untuk memvalidasi keaslian dokumen.

Sumber : Roblox Blog

Dari sana kamu nanti bakal diminta untuk selfie. Tujuannya untuk memastikan kalau kamu benar-benar manusia (bukan robot atau gambar orang lain yang dicuri), dan wajahmu sama dengan yang ada di kartu identitas.

Oya, pastikan gambar selfie-mu jelas ya. Sebab gambar selfie yang buram bakal memakan waktu lebih lama untuk diproses. Kamu nggak mau kan menunggu lama hanya karena gambar buram?

Perlu kamu tahu, Roblox nggak bakal menyimpanan dokumen ID atau foto selfie-mu. Saat ID yang dikeluarkan pemerintah dipindai dan diverifikasi, mereka bakal langsung menganonimkan kamu.

Setelah kamu mengirimkan dokumen dan selfie untuk verifikasi, kamu bisa cek apakah usiamu sudah diverifikasi atau belu di “Pengaturan > Informasi Akun.” Di sana kamu bakal melihat indikator di bawah tanggal lahir yang mengatakan “Usia Terverifikasi” dengan tanda centang di sebelahnya.

Nah pertanyaannya, gimana kalau tanggal lahir di ID berbeda dengan yang ada di akun Roblox? Tenang. Kalau kamu berhasil memverifikasi usiamu, Roblox bakal otomatis memperbaiki tanggal lahir di akunmu sesuai yang ada dalam ID.

Fitur Menarik di Layanan Verifikasi Umur

Dalam layanan Verifikasi Umur, kamu nanti bisa menikmati beberapa fitur menarik. Fitur pertama adalah Spatial Voice, yang kini tengah diuji dalam versi beta. Katanya dalam waktu dekat, akses awal fitur ini akan bisa dinikmati semua pengguna yang telah memverifikasi umurnya (minimal 13 tahun).

Untuk memastikan kamu memenuhi syarat untuk menikmati akses awal ke Spatial Voice, kamu bisa melakukan verifikasi di sini.

Peluncuran fitur ini nggak dilakukan secara serentak melainkan bertahap. Jadi kalau nanti kamu belum melihat opsi ini muncul di akunmu, sabar dulu ya.

Fitur kedua yang bisa kamu nikmati dalam layanan Verifikasi Umur adalah Verifikasi Identitas. Dengan fitur ini, orang lain dapat mengetahui keaslian sebuah akun (cocok buat developer atau konten kreator nih).

%d blogger menyukai ini: