Roblox Resmi Tanda Tangani Kontrak Kerjasama Musik dengan Sony

Roblox resmi tanda tangani kontrak kerjasama dengan Sony Music Entertainment. Kesepakatan ini memperluas kolaborasi mereka sebelumnya.

Ngomongin soal kerjasama, kira-kira apa saja sih poin penting dari kerjasama Roblox dan Sony Music Entertainment kali ini?

Berdasarkan berita pers dari Roblox, kerjasama ini bakal mencakup “pengalaman musik inovatif buat komunitas Roblox yang menawarkan banyak peluang komersial baru buat artis Sony Music, agar mereka bisa menjangkau audiens dan aliran pendapatan baru dalam hiburan virtual.”

Selain itu, kesepakatan ini telah memperluas kolaborasi yang sudah ada, yang mencakup konser LilNas X 2020 di dalam Roblox dan pesta dansa virtual 2021 dengan artis asal Swedia, Zara Larsson.

Sumber : Salesground

Roblox yang notabene platform pembangunan dunia virtual, kini telah mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Peminatnya pun kebanyakan dari kalangan anak muda. Di bulan Mei 2021 saja, Roblox melaporkan kalau mereka berhasil meraup 43 juta pengunjung aktif setiap harinya.

Pengalaman-pengalaman yang ditawarkan Roblox juga terbilang unik. Kebanyakan pengalaman yang dihadirkan Roblox ‘berbau’ musik, contohnya item “Boombox” dan konser virtual Fortnite yang bergaya “metaverse” beberapa waktu lalu.

Namun popularitas yang didapatkan Roblox nggak langsung ditempuh lewat jalur mulus lho. Contohnya bulan lalu, Roblox sempat digugat NMPA (National Music Publisher’s Association).

NMPA menuduh Roblox mengambil keuntungan dari pengguna yang mengunggah lagu berhak cipta, dan membagikannya ke dalam pengalaman Roblox.

Tapi di pertengahan Juni 2021, masalah ini berhasil diselesaikan. Roblox pun langsung menandatangi perjanjian menggiurkan dengan label musik BGM.

Lewat siaran pers terbarunya, Roblox menekankan kalau mereka sangat menghormati hak semua pencipta dan menggunakan teknologi canggih untuk menyaring semua musik yang diunggah. Mereka juga nggak akan mentoleransi pelanggar (yang mengulang kesalahan berulang).

%d blogger menyukai ini: