Layanan Windows 365: Bisa Streaming Windows 11 dari Mana Pun

windows 365
Gambar: Microsoft

Microsoft resmi mengumumkan layanan baru untuk langganan Windows 365. Apa yang menarik dari layanan berlangganan terbaru ini?

Dalam situs resminya, Microsoft menjuluki layanan ini sebagai “Cloud PC.” Windows 365 sendiri merupakan lisensi Windows pertama yang berbasis langganan.

Jadi nanti saat kamu langganan Windows 365, kamu bisa masuk ke semacam mesin virtual yang menjalankan sistem operasi dari perangkat apa pun, di mana pun tempatnya yang penting kamu punya koneksi internet.

Sumber : Microsoft

Microsoft mengatakan kalau layanan ini akan tersedia 2 Agustus 2021 mendatang dalam dua versi yakni Windows 365 Business dan Enterprise. Untuk harganya akan dibagi berdasarkan tarif per pengguna, per bulan, tergantung pada ukuran penyimpanan instalasi.

Dengan adanya layanan semacam ini, perusahaan besar bakal lebih mudah untuk menugaskan karyawannya dengan keamanan tingkat profesional, dan kebijakan organisasi berkaitan dengan sistem operasi.

Sumber : Microsoft

Selain itu, pengaturan semacam ini juga bisa membuat manajemen lebih mudah tanpa perlu mengelola dan mengonfigurasi perangkat keras fisik secara manual. Kalau tidak ada pengaturan seperti yang ada di Windows 365, kegiatan semacam ini biasanya dilakukan oleh departemen TI.

Sumber : Microsoft

Bukan cuma itu, dalam kondisi pandemi semacam ini, perusahaan-perusahaan ‘dipaksa’ untuk melakukan segalanya secara digital. Selain melakukan meeting online, orang-orang di perusahaan juga harus mengakses informasi dan aplikasi kerja mereka via cloud (apalagi kalau perusahaan punya aplikasi khusus).

Layanan ini menjadi terobosan menarik dari Microsoft. Mereka juga sudah mengumumkan sistem operasi Windows 11 yang memiliki wajah baru, berbeda dengan Windows 10.

Hm, layanan Windows berbasis cloud ini nampaknya bisa jadi solusi pas untuk perusahaan yang membutuhkan alur kerja yang lebih fleksibel pada karyawannya. Gimana menurutmu?

%d blogger menyukai ini: