LG Pamerkan Layar Transparan dan Monitor yang Bisa Melengkung

Teknologi layar masa kini memang sudah seperti yang sebelumnya terlihat di film-film fiksi ilmiah. Di CES 2021, LG memamerkan teknologi terbaru mereka, termasuk pemakaian layar transparan dan monitor gaming yang bisa melengkung otomatis.

LG memang merupakan salah satu perusahaan yang berdiri di depan kalau kita bicara soal teknologi layar. Mereka bersaing dengan ketat bersama Samsung. Keduanya sama-sama sering merilis produk “gila” di bidang layar, termasuk monitor dan TV.

Layar LG di CES 2021

Yang menjadi sorotan LG di CES 2021 kali ini adalah penggunaan praktis layar transparan dan monitor gaming yang bisa melengkung otomatis.

Pemakaian Praktis Layar Transparan

Layar OLED transparan memang bukan hal yang benar-benar baru. Samsung sebelumnya sudah pernah memamerkannya. LG pun sudah pernah menunjukkannya. Namun pada CES 2021, LG menunjukkan pemakaian praktis layar ini.

Salah satunya adalah pemakaiannya di restoran atau kafe. Di sini pelanggan bisa memilih menu langsung dihadapan chef dan menonton tayangan TV sambil menunggu hidangan disiapkan.

Fungsi sejenis juga bisa diterapkan di berbagai tempat publik seperti di dalam kereta. Di sini, orang bisa mengetahui informasi rute perjalanan tanpa mengganggu pemandangan di baliknya.

Lalu, LG juga menunjukkan bagaimana layar transparan ini juga bisa hadir di tempat tidur. Layar itu bisa muncul dari bagian kaki hanya dengan menekan tombol. Artinya, monitor ini tidak memakan ruang dan tidak mengganggu interior kamar.

Asiknya, LG juga mengembangkan teknologi audio, sehingga layar ini tidak membutuhkan speaker tambahan. Hm, ajaib kan?

Monitor Gaming Melengkung

Monitor gaming dengan bidang melengkung memang bukan hal baru. Yang menarik, LG menunjukkan teknologi layar yang membuat monitor dengan bentuk datar berubah menjadi melengkung hanya dengan satu kali tekan tombol.

LG menyebut monitor 48 inci ini sebagai Bendable Cinematic Sound OLED (CSO). Layar ini bisa melengkung sejauh 1000mm tanpa menimbulkan distorsi gambar. Jadi pengguna bisa memilih dan merubah tampilan sesuai pemakaian mereka tanpa terganggu.

Walau kita sudah melihat teknologi layar yang bisa dilipat (seperti di Samsung Galaxy Fold) atau bahkan TV yang bisa digulung (LG Signature OLED R), melihat mekanisme monitor melengkung ini tetap cukup menakjubkan.

Sekedar foto mungkin kurang bisa memberi gambaran utuh mengenai teknologi ini. Kalau ingin lihat yang lebih wow, kamu bisa tonton video dari Engadget ini (sebelum LG merilis secara resmi).

%d blogger menyukai ini: