Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

LCD Layar Melengkung Atau Datar, Enakan Mana?

LCD Layar Melengkung Atau Datar, Enakan Mana?

Kalau ditanya enakan mana LCD layar melengkung atau datar, jawaban paling gampang ya punya dua-duanya, hehe. Baik mananya itu tergantung dengan kebutuhan aktifitas kita.

Dulunya layar monitor lawas berbentuk cembung — sampai sekarang masih ada, kemudian  dilanjutkan dengan kehadiran layar datar, dan kemudian disusul dengan layar melengkung (curved display).

popculture.id

Lantas apa perbedaan LCD layar datar vs layar lengkung? Ya bentuknya?! Tidak sesederhana itu. Perlu dipahami layar LCD melengkung bukan sekedar untuk gaya-gayaan saja. Biar keren misal. Apalagi para streamer game memerlukan look yang bagus ketika take video. Tidak seperti itu. Ya meskipun memang keren sih.

Tentunya hadirnya layar LCD lengkung karena ia berusaha untuk menutupi kekurangan yang ada di layar LCD datar. Meskipun pada akhirnya juga terdapat beberapa kekurangan yang ditimbulkan.

Layar LCD Melengkung (Curved)

Khusus bagi para gamers, layar LCD lengkung memang masih menjadi yang terbaik. Berbagai game banyak yang akan lebih maksimal jika dimainkan dengan layar melengkung, terbukti!

Visualisasi Layar yang Lebih Baik

LCD layar datar ketika memiliki ukuran yang besar (khususnya memanjang alias utral-wide) memiliki masalah pada bagian samping. Layar yang paling kanan maupun kiri akan sangat jauh dari pengguna jika layarnya datar. Sehingga ini akan mengurangi visualisasi dari layar tersebut.

Dengan lengkungan di layar, pengguna tetap bisa melihat sisi kanan dan kiri terjauh. Jadi Tidak ada yang terlewat.

Memberikan sensasi 3D

Tentu layar yang melengkung akan menjadikan visualisasinya menjadi lebih hidup dan nyata. Mata ketika melihatnya akan merasakan sensasi 3D. Pada kasus ini kamu mungkin perlu mencobanya, agar lebih secara langsung merasakan dari apa yang dimaksud.

Layar Lebih Lebar

Memaksimalkan kiri dan kanan hingga mata dapat menjangkaunya sekaligus menjadikan layar akan lebar secara maksimal tanpa terganggu jarak. Paling tidak dengan adanya layar melengkung ini, pengguna akan merasa matanya dipenuhi oleh layar tersebut. Secara tidak langsung akan menambah angle dari tampilan layar secara lebih lebar.

Maksimal Buat Ngegame

Kebanyakan memang layar melengkung ini digunakan untuk pemain game. Hal ini menjadi populer karena pada pemain game — yang sesuai — mulai sadar bahwa dengan layar yang lebih lebih menguntungkannya dalam bermain, karena view mereka akan lebih luas.

Layar LCD Datar


Jenis layar ini lebih cocok untuk daily, karena tidak butuh perlakuan khusus. Mulai dari pemasangan dinding yang tidak terlalu butuh ruang, hingga lebih awet karena minim terdistorsi.

Lebih Ekonomis Alias Lebih Murah

Inilah intinya, yaitu lebih murah. Layar melengkung memang terkenal masih mahal jika dibandingkan dengan layar LCD datar. Tentu saja harga yang dipatok tersebut karena komponennya serta tingkat kesulitan dalam pembuatannya. Meskipun hari ini sudah mulai bersaing harga di pasaran yang ditawarkan antar brand.

Lebih Ringan

Layar datar cenderung lebih ringan (meskipun tidak semuanya). Akibat dari lengkungan curved display menjadikannya lebih membutuhkan banyak komponen yang dibutuhkan daripada layar LCD datar. Bagi beberapa kebutuhan yang membutuhkan mobilitas tinggi, LCD datar masih menjadi pilihan terbaik.

Fleksibel dalam Penempatan

Karena datar, menjadikannya dapat secara fleksibel ditaruh di berbagai tempat. Jika layarnya melengkung, banyak kasus yang menjadikannya tidak cocok jika digunakan. Misalkan LCD yang ditaruh di ruang tunggu, dengan banyak orang yang melihatnya justru akan lebih baik ketika datar.


Jadi enakan yang mana? Masih tetap, yaitu enakan jika punya keduanya. Meski begitu bijak-bijaklah dalam memilah barang yang sesuai dengan kebutuhanmu saja.

    %d blogger menyukai ini: