Lensa Kontak Akan Bisa Zoom Di Masa Mendatang

Mata manusia masih punya keterbatasan. Salah satunya untuk melihat sebuah obyek lebih dekat. Namun nantinya hal itu bisa terjadi. Ilmuwan sedang mengembangkan lensa kontak dengan fitur zoom.

Untuk melihat sebuah obyek jadi lebih dekat, kita membutuhkan alat bantu seperti teropong atau kamera. Walau masih terbatas, teknologi lensa dan kamera sudah berkembang pesat. Misalnya pengunaan di bidang terbatas seperti smartphone. Sehingga cukup wajar kalau perkembangan selanjutnya mendekatkan teknologi ini untuk sesuatu yang lebih natural, mata kita.

Lensa kontak sendiri sudah menjadi pengganti kacamata sejak lama. Dengan lensa kontak, pengguna tidak hanya terbantu dari sisi penglihatan, tapi juga bisa memakainya sebagai kosmetik (fashion).

Yang luar biasa, para ilmuwan dari University of California San Diego mengembangkan lensa kontak yang bisa melakukan zoom dengan kedipan mata (mungkin seperti tap di layar ponsel). Para ilmuwan ini mempublikasikan riset mereka melalui jurnal yang berjudul “A Biomimetic Soft Lens Control by Electrooculographic Signal“.

percobaan lensa kontak zoom
sumber gambar: University of California San Diego / Wiley Online Library

Mereka membuat lensa ini dari bahan polymer yang fleksibel. Lensa ini bisa melakukan respon atas sinyak elektrik yang dipicu oleh mata melalui gerakan. Dalam hal ini mengedip.

Lensa kontak akan meniru bagaimana lensa mata bekerja. Saat mendapat rangsangan elektrik, lensa bisa menebal atau menipis. Dengan begitu titik fokus yang melewati lensa buatan ini pun berubah.

Riset ini masih jauh dari sempurna. Prototipe lensa kontak ini masih bekerja dengan alat bantu lain berupa sensor yang terpasang di sekeliling mata. Sensor itulah yang mengenali sinyal elektrik di sekitar mata.

Sistem sensor ini sudah dipakai untuk mereka yang terbatas dalam menggerakkan bagian tubuh dan harus mengontrol alat bantu lain seperti kursi roda. Jadi riset lensa kontak yang bisa melakukan zoom ini berusaha mendorong penggunaan teknologi lebih jauh lagi.

%d blogger menyukai ini: