Letterboxd: Media Sosial untuk yang Hobi Nonton Film

letterboxd website untuk moviegoers

Sebagai seseorang yang hobi nonton film, kemungkinan besar kamu ingin tahu rating dan review film dari penonton lain sebelum kamu menontonnya. IMDB dan Rotten Tomatoes adalah dua website yang lazim dikunjungi oleh moviegoers. Pilihan lainnya adalah Letterboxd, yang tidak hanya sebuah website informasi film, tapi bisa dianggap sebagai media sosial penyuka film.

Media Sosial Penyuka Film

Salah satu yang menyebabkan website ini menarik adalah karena Letterboxd lebih berbasis media sosial daripada kedua website yang disebut di atas. Kita bisa follow orang lain, dan orang lain bisa follow kita. Dengan demikian, kita bisa melihat rating dan review dari teman-teman, atau orang yang kita nilai bagus review-nya (begitu juga sebaliknya). Yah, seperti GoodReads, tapi untuk film.

Sisi media sosial ini juga memberi warna tersendiri. Terutama kalau kamu suka genre film tertentu. Misalnya, kalau kamu suka film horor, silakan cari orang-orang yang juga suka film horor. Nantinya, referensi film yang muncul juga lebih sesuai dengan seleramu. Kalau ingin warna yang berbeda, silakan follow kritikus film dari blog film ternama.


Baca juga: 7 Film Terbaik Studio Ghibli yang Wajib Ditonton


Data Film dan Diary

Tentu saja kamu juga bisa mencari film-film yang sedang populer saat ini di Letterboxd. Bahkan kamu bisa mencari daftar film dengan filter tertentu. Misalnya berdasarkan tahun rilis, genre, rating, dll.

Kalau kita membuka halaman sebuah film, di sana akan muncul informasi standar. Misalnya seperti poster, daftar pemain, sinopsis, dll. Kita juga bisa melihat statistik rating, ditonton oleh berapa orang (pengguna Letterboxd), dan review film bersangkutan.

review finding dory letterboxd

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Kita bisa menandai film ini. Apakah sudah pernah kita tonton, memberi Like, memberi rating, memasukkannya ke diary, menandainya di watchlist, atau membuat daftar tertentu (misalnya: Film yang bikin nangis).

Fitur diary yang ditawarkan oleh Letterboxd juga lucu. Kalau kita memasukkan (log) film yang kita tonton ke sana, maka ada timeline waktu tanggal berapa kita nonton, filmnya dirilis tahun berapa, rating yang kita beri berapa, kita suka atau tidak, dll.

Aplikasi Letterboxd

Jaman sekarang, memang wajar kalau kita melihat layanan tertentu dan bertanya soal aplikasinya. Sayangnya, saat ini aplikasi Letterboxd baru tersedia untuk iOS. Aplikasi Android sedang dikembangkan. Sedangkan aplikasi UWP Windows 10, sayangnya belum ada rencana.

aplikasi letterboxd ios

Aplikasi Letterbox untuk iOS sendiri belum sempurna. Masih ada beberapa fitur yang belum bisa dilakukan di aplikasi tersebut. Tentunya, update aplikasi tetap ada. Silakan download aplikasi Letterboxd untuk iOS dengan mengklik link di bawah ini.

DOWNLOAD UNTUK IOS


Baca juga: 9 Film Dokumenter yang Asik Ditonton


Seperti yang saya sebut di atas, Letterboxd adalah website yang menarik. Saya pikir, karena berbasis media sosial, rating dan review yang ada “terlihat lebih jujur” dari pada di IMDB atau di Rotten Tomatoes. Walau di sini ada juga kritikus, tapi kita toh bisa melihat opini penonton biasa (dan opini kita juga bisa dilihat).

Kalau kamu memang seorang moviegoers sejati, tidak ada salahnya mencoba Letterboxd.

Ada komentar?