Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Aplikasi Review Film: Letterboxd untuk Android / iPhone

letterboxd for android
Anom Penulis

Sebagai seorang penggemar film, aplikasi Letterboxd adalah salah satu aplikasi yang saya suka. Karena dengan aplikasi ini, saya bisa mengikuti tren film terbaru, melihat informasi, rating, dan review dari para penonton lain.

Untuk kamu yang belum mengenalnya, saya pernah menulis soal website Letterboxd beberapa waktu lalu. Singkat kata, saya suka layanan ini karena review di sana lebih personal daripada IMDB atau Rotten Tomatoes.

Nah, mari kita bahas apa saja fitur menarik aplikasi ini.

Ikuti Tren Film

Dengan aplikasi Letterboxd, kamu bisa melihat film apa saja yang sedang ramai ditonton. Baik secara umum, atau yang ditonton oleh teman. Ya, Letterboxd bekerja mirip dengan media sosial. Kamu bisa mengikuti dan diikuti pengguna lain.

Kamu juga bisa melihat rating dan review dari berbagai film di aplikasi ini. Sekali lagi, baik secara umum, maupun dari teman. Bahkan, kamu bisa menelusuri daftar film berdasar tahun rilis, tingkat kepopuleran, nilai rating, dll.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai daftar film. Lagi-lagi baik yang dibuat oleh pengguna lain maupun orang yang kamu ikuti. Misalnya film terbaik sepanjang masa, film Studio Ghibli terbaik, dll.

Tentu saja, kamu juga bisa melihat informasi dari sebuah film. Baik itu tahun rilis, sutradara dan pemeran, sinopsis, durasi, dll. Kamu pun bisa melihat statistik rating untuk film tersebut.

Katalog dan Beri Review Film

Selain membaca, kamu juga bisa berperan aktif di Letterboxd. Aplikasi ini tidak hanya untuk kepo soal film saja. Kamu bisa menyusun katalog film yang sudah pernah kamu tonton dan akan kamu tonton.

Kalau ada film baru yang ingin kamu tonton, kamu bisa memasukkannya ke Watchlist. Di aplikasi Letterboxd, kamu juga bisa memberi rating dan menulis review, juga membuat daftar film sendiri. Bahkan saat menulis review kamu bisa mencantumkan kapan kamu nonton dan apakah kamu sudah pernah nonton atau belum.

Seperti media sosial pada umumnya, kamu juga punya profil di Letterboxd. Di sana akan ada informasi seperti website dan media sosial lain, juga biografi singkat. Jadi kalau kamu punya blog atau channel YouTube untuk mengulas film, profil ini bisa berguna.

Baca Juga:  "CODA" Jadi Film Terbaik Oscar Tandai Kemenangan Layanan Streaming

Selain itu, profil juga bisa menampilkan film favoritmu, daftar aktivitas, Diary (alias tanggal kamu menonton film), Watchlist, dan statistik kegiatan seputar film (jumlah film yang kamu tonton, review yang kamu tulis, dll).

Bisa kamu lihat, aplikasi Letterboxd memberikan banyak hal bagi penyuka film. Kamu bisa melihat tren, rating dan review film, membuat daftar tonton, dll dalam satu aplikasi.

Kalau kamu memang hobi nonton film, silakan unduh aplikasi ini.