tv oled gulung lg

LG SIGNATURE OLED TV R: TV Gulung Pertama Di Dunia

Pada ajang CES 2018, LG memperlihatkan konsep TV OLED gulung. Setahun sudah berlalu. Kini, di ajang CES 2019, LG memperkenalkan TV tersebut. TV OLED gulung pertama di dunia.

TV itu disebut dengan nama LG SIGNATURE OLED TV R (model 65R9). Dari namanya sudah terlihat kalau TV ini masuk dalam jajaran TV istimewa dari LG. Nama tersebut mengikuti jejak LG SIGNATURE OLED TV W atau disebut juga dengan nama Wallpaper.

Mudah diduga, seperti “W” untuk “Wallpaper“, inisial R memiliki makna khusus. Inisial itu merujuk pada kemampuan TV untuk “Rise” dan “Roll-up”, dan hal itu menciptakan sebuah “Revolution” pada perangkat hiburan di rumah.

“Wallpaper” masih bersandar pada konsep yang cukup konvensional. TV biasanya diletakkan di depan atau menempel tembok. TV OLED gulung ini justru sebaliknya. Ia “membebaskan” TV dari tembok.

LG OLED TV R line view

TV OLED gulung LG ini memiliki 3 mode. Mode pertama adalah tergulung penuh (Zero Mode), mode kedua terbuka penuh (Full Mode), dan mode ketiga terbuka sedikit (Line Mode). Untuk Line View, TV memiliki fitur Jam, Pigura, Mood, Musik, dan Dasbor Rumah. Jadi ketika tidak dipakai menonton, TV ini bisa menjadi bagian dari interior ruang.

Oya, TV ini berukuran cukup besar, yaitu 65 inci. Lalu di dalamnya terdapat prosesor pintar α 9 (alpha 9) yang mendukung teknologi AI. Jadi TV ini bisa memiliki intergrasi dengan Amazon Alexa, dan juga Apple AirPlay 2 dan HomeKit (termasuk Siri). Selain itu juga ada 4.2 sistem audio Dolby Atmos.

LG SIGNATURE OLED TV R

Sudah cukup jelas, TV ini merupakan TV premium. Walau LG (saat ini) belum mengumumkan harganya, kita bisa menduga kalau pasti akan mahal. Sekedar perbandingan TV “Wallpaper” yang berukuran 65″ dengan sound bar memiliki harga sekitar $6,896.99 (± Rp 97 juta). Kita lihat saja nanti setelah harga LG SIGNATURE OLED TV R ini diumumkan secara resmi.

More Stories
5 Fitur Lumia 550 yang Diharapkan Hadir Untuk Semua Smartphone Windows 10 mobile