LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Sekitar bulan Juli 2010, Playdead, developer asal Denmark merilis salah satu game puzzle yang masih seru untuk dimainkan sampai sekarang. Game tersebut bernama LIMBO.

Game ini mengajak kamu berpetualang dengan suasana yang agak seram dengan backsound yang membuat merinding. LIMBO bercerita tentang seorang bocah yang tersesat di sebuah hutan dan ingin mencari kakak perempuannya.

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Game ini pertama kali dirilis di Xbox Live Arcade lalu mendapat banyak penggemar dan kemudian dirilis ulang pada platform lain seperti PlayStation 3 dan PC.

Tulisan kali ini saya akan memberikan sedikit review tentang game LIMBO, ya walaupun agak sedikit terlambat tapi game ini masih layak kok untuk dimainkan.

Gameplay

Playdead selaku developer memang sengaja membuat game ini sesimpel mungkin karena mereka lebih menekankan teka-teki di dalam gamenya, dan buktinya LIMBO sukses besar di berbagai platform.

Tadi sudah saya beritahu kalau LIMBO bercerita tentang seorang anak lelaki yang tersesat dan mencari kakak perempuannya di tengah hutan belantara. Disaat kamu memainkannya, kamu akan dihadapkan dengan banyak jebakan dan teka-teki yang harus kamu pecahkan.

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Terkadang kamu harus kembali lagi ke tempat pertama untuk menyelesaikan teka-teki untuk melaju ke chapter berikutnya. Dan disaat memecahkan teka-teki tersebut, sering juga muncul hewan-hewan buas dan aneh.

Di beberapa chapter, kamu akan bertemu anak-anak lain yang menjadi musuh, kamu harus menghindari jebakan-jebakan yang mereka buat, dan ada pula di salah satu chapter yang mengharuskan kamu untuk membunuh anak-anak lain untuk dapat ke chapter berikutnya.

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Tenang, jika kamu mati, kamu akan kembali hidup dan bisa mencoba lagi teka-tekinya karena LIMBO sengaja dibuat agar kamu gagal atau mati sebelum menemukan solusi untuk teka-teki diakhir chapterPlaydead menyebutnya “trial-and-death”.

Kamu juga gak akan menyadari di chapter mana kamu berada, karena kamu akan terus-menerus menyelesaikan teka-teki tanpa ada jeda atau ekstra seperti game lain pada umumnya. Dijamin kamu gak akan bosan dengan gameplaynya, ya sepertinya hanya kesal sedikit karena mati terus.

Grafis

Tema hitam putih juga abu-abu yang sangat serasi dan gak bikin sakit mata kalau dimainkan berlama-lama. Juga grain effect dan karakter siluet yang menjadi ciri khas LIMBO.

Tidak ada settingan grafis khusus untuk game ini, ya karena memang bukan itu inti yang ingin disampaikan oleh Playdead selaku developer LIMBO. Kamu hanya bisa menyesuaikan brightness di setting.

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Jadi, kamu hanya tinggal play game nya saja tanpa harus merubah setting apapun. Dan juga LIMBO adalah salah satu game ringan yang bisa diinstall ke PC walaupun dengan spesifikasi minimum.

Kontrol

Dari segi kontrol pun, Playdead seperti tidak terlalu memikirkannya. Kamu hanya perlu menekan tombol atas, kanan, bawah, kiri, dan CTRL pada keyboard, atau jika kamu menggunakan controller, hanya 3 tombol yang bisa berfungsi.

LIMBO: Game Sederhana yang Menegangkan

Kontrol sederhana seperti itu, menurut kamu kurang seru? Jangan salah, kamu akan terus-terusan bermain karena penasaran biarpun kontrol yang tersedia di LIMBO sangat sederhana.

System Requirements

Windows

  • OS: Windows XP, Vista, 7
  • Processor: 2 GHz
  • Memory: 512MB
  • Hard Disk Space: 150MB
  • Video Card: 5 years or younger. Integrated graphics. Shader Model 3.0.

Mac OS

  • OS: OS X versi Snow Leopard 10.6.3
  • Processor: Intel Mac
  • Memory: 1 GB RAM
  • Hard Disk Space: 150MB
  • Video Card: OpenGL 2.0  256 MB shared atau dedicated RAM (ATI/NVIDIA)

Download di Steam

More Stories
4 Fungsi NFC Smartphone yang Wajib Kamu Ketahui