Manfaatkan Link Instagram di Bio Untuk Jualan

profil akun instagram

Walau Instagram sering dipakai untuk menawarkan produk, media sosial ini masih punya kelemahan. Kita tidak bisa meletakkan link toko online di tiap caption posting Instagram. Tapi jangan kuatir, ada cara untuk memanfaatkan link Instagram di bio untuk jualan.

Memang, satu-satunya tempat yang bisa kita taruh link adalah di bagian website di bio Instagram. Jadi trik yang perlu kita lakukan adalah memanfaatkan link Instagram di bio itu dengan maksimal.

Layanan Website Untuk Link Instagram

Di sinilah layanan bernama Campsite masuk. Layanan ini menawarkan sebuah halaman website sederhana. Di sana kita bisa meletakkan link dari berbagai toko online. Asiknya, kita juga bisa menambah foto dari posting Instagram di link bersangkutan. Jadi, pelangganmu tetap bisa melihat produk yang sesuai.

Cara menggunakan Campsite untuk Link Instagram

  1. Buka website Campsite di browser (lebih baik di komputer).
  2. Mendaftar atau masuk dengan akun Instagram milikmu (lebih baik profil bisnis Instagram).
  3. Kamu akan masuk ke dashboard. Tepatnya di halaman ‘Links‘.
    Klik ‘Add New Link‘ untuk menambah link jualanmu.
  4. Isi tulisan untuk tombol link ( yang ada tulisan “Get 10% off“).
  5. Isi link produkmu dari toko online (copy paste saja).
  6. Tekan thumbnail gambar untuk menambah foto dari akun Instagram milikmu.
  7. Tekan tombol ‘Enable‘.
  8. Kamu akan melihat preview di gambar handphone sebelah kanan.
  9. Ulangi dari langkah ketiga untuk menambah link sesuai kebutuhan.
  10. Copy link di atas preview (handphone), dan paste di link bio Instagram milikmu.

buat link instagram untuk jualan

Selain itu, kamu juga bisa mengatur penampilan halaman link tersebut. Tentu saja agar bisa cocok dengan identitas merk-mu atau sesuai keinginanmu.

Tekan tombol ‘Settings‘ di bagian kanan atas. Setelah itu kamu akan masuk ke halaman setelan. Di sana kamu bisa mengatur mulai dari jenis huruf (font), warna latar belakang (halaman dan tombol), dan bentuk tombol (untuk bentuk melengkung isi bagian border radius).

atur penampilan link

BACA JUGA
7 Tips Jualan di Instagram Agar Laku Keras

Membantu Akses Langsung

Kalau kamu punya website sendiri, tentu kamu akan memasukkan alamat website milikmu di link bio Instagram. Tapi mungkin kamu ingin pelanggan langsung menuju ke produk yang kamu jual. Dengan cara ini, pelanggan bisa melihat foto dan masuk ke produk yang bersangkutan.

Apalagi kalau kamu punya produk di toko online populer. Kamu tidak perlu repot mengganti link bio Instagram tiap upload produk. Cukup satu link untuk berbagai produk. Toh di sana kamu bisa memasukkan banyak produkmu.

Yah, mungkin cara ini bukan cara yang sempurna. Layanan ini pun masih dalam versi beta (saat saya menulis artikel ini). Jadi mungkin ada perubahan atau perkembangan lain.

Tapi selama Instagram belum memberi ijin link di caption, cara ini cukup membantu. Link Instagram di bio pun lebih bermanfaat. Nah, selamat mencoba.

Ada komentar?